Mesin Pencari

Program ramalan gratis tentang Cinta, Karir dan Keberuntungan di blog ini sudah di tutup.

Kiat Sukses Menembus SPMB / SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) sebentar lagi akan dilaksanakan. Peluang untuk diterima di Pergutuan Tinggi Negeri (PTN) saat ini semakin kecil, mengingat semua universitas negeri sekarang membuka jalur khusus, jalur khusus ini semakin memperkecil peluang masuknya para peserta melalui jalur SNMPTN. Rata-rata mahasiswa yang diambil dari jalur SNMPTN hanya sekitar 20 persen. Jadi perlu strategi khusus untuk menembus SPMB.

Strategi khusus itu antara lain adalah pemilihan jurusan, pemilihan PTN, trik penyelesaian soal-soal SPMB / SNMPTN dengan cepat dan tepat serta menghitung peluang dengan membandingkannya dari data SNMPTN tahun sebelumnya. ANA PRIVAT membuka program khusus persiapan SNMPTN/SPMB.

Beberapa peserta ANA PRIVAT yang sukses menembus SNMPTN / SPMB tahun sebelumnya adalah :

  • Putra Pratama Igor

  • Dari SMA Pembangunan Jaya, diterima di Universitas Indonesia International
  • Farina Rose

  • Dari SMA Al Azhar Pusat, Kebayoran, diterima di Institute Teknologi Bandung
  • Sukma Aji

  • Dari SMA N 70, Blok M, diterima di Institut Teknologi Bandung
  • Danu

  • Dari SMA Budi Luhur, diterima di Institute Pertanian Bogor
  • Vivien Septa Riana

  • Dari SMA N 13 Tangerang, diterima di Universitas Islam Negeri Ciputat
  • Nuga Pratama

  • Dari SMA N 63 Jakarta Selatan, di terima di Universitas Padjajaran
  • Eko Budi Santoso

  • Dari SMA Yadika 6, diterima di Universitas Indonesia dan di Sekolah Tinggi Akuntansi Nasional (STAN), akhirnya ia lebih memilih STAN.
  • Fauziyah Setyo Rini

  • Dari SMA Yadika 5, diterima di Institut Pertanian Bogor


Dan masih ada beberapa nama yang lain.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan Tangerang dan berminat mengikuti program persiapan SNMPTN / SMPB di Ana Privat, daerah Ciledug dan sekitarnya bisa mendaftar ke:

ANA PRIVAT
Makes Your Lessons Easier

Jl. Maharta IV A-13 No. 19, Komplek Pondok Maharta, Ciledug, Tangerang, Banten.
Telp. 021-926 48 700


Rincian Biaya

Bimbingan Belajar

Persiapan SPMB Rp. 250.000,- per bulan, seminggu 2 x 90 menit
Biaya pendaftaran Rp. 100.000,-

Privat

Persiapan SPMB Rp. 800.000 per 8 pertemuan, 1 pertemuan = 90 menit
Biaya pendaftaran Rp. 100.000,-

Kiat Menembus SNMPTN/SPMB

Keberhasilan seseorang menembus SNMPTN tidak lagi semata-mata ditentukan oleh kesiapan akademik, akan tetapi faktor mental, pengetahuan prosedur pendaftaran secara komputerisasi (Pendaftaran SPMB Online), bahkan strategi juga ikut menentukan. Kenyataan yang sering kita lihat, misalnya Ardi lulus SNMPTN sedangkan Ridho tidak, padahal secara akademik Ridho lebih pintar. Jawabannya ada dua kemungkinan, yakni kesalahan teknis/administratif atau kesalahan strategi.

Kesalahan teknis/administratif akan bersifat fatal. Salah mengisi data berarti kalah sebelum perang dimulai. Sebab itu data harus diisi dengan teliti, hati-hati dan benar. Ikutilah semua petunjuk yang ada dalam buku panduan SNMPTN dan jangan percaya pada saran/cara yang disampaikan oleh siapapun jika berbeda dengan apa yang diutarakan dalam buku panduan.

Strategi adalah rencana yang cermat dan efektif mengenai kegiatan, langkah dan metode untuk mencapai sasaran. Dengan demikian, strategy merupakan faktor yang dominan dalam meraih sukses. Kesalahan strategi bisa meliputi strategi belajar atau strategi memilih jurusan dalam SNMPTN.

Strategi Belajar Menjelang SNMPTN

  • Belajar secara efektif dan efesien

  • Cukup banyak metode belajar secara efektif dan efisien yang sudah dikenal. Misalnya, cara membaca dalam SQ3R yaitu Survey(penelitian pendahuluan), Question (membuat pertanyaan), Read (membaca), Recite (mengulang), dan Review (mempelajari kembali secara menyeluruh).


    • Langkah pertama

    • Buat program belajar untuk kurun waktu sekarang sampai SNMPTN, meliputi mata pelajaran yang akan di ujikan pada SNMPTN. Belajarlah setiap hari dan bagi waktu yang ada untuk memantapkan teori dasar, menghafal rumus-rumus dan mengerjakan soal-soal SPMB untuk setiap mata pelajaran. Lamanya waktu pelajaran setiap pelajaran tidak harus sama, tergantung pada penguasaan yang telah dimiliki untuk masing-masing pelajaran. Kemudian, buat ringkasan rumus-rumusnya. Materi yang diujikan pada SNMPTN sebagian besar berasal dari materi kelas 2 SMA. Kondisi ini mengharuskan para siswa menyiasati SNMPTN sejak dini.
    • Langkah kedua

    • Beli buku soal-soal dan pembahasan SNMPTN terbaru, kerjakan soal-soal SNMPTN tahun-tahun sebelumnya. Kerjakan dengan batas waktu tanpa melihat catatan, seolah-olah dalam keadaan test yang sesungguhnya. Setelah selesai, periksa jawaban dengan kunci yang disediakan pada buku. Jawaban yang salah atau kosong harus dikerjakan kembali, jika masih terbentur, jangan malu untuk bertanya ke orang yang tepat.
    • Langkah ketiga

    • Analisis soal-soal SNMPTN selama lima tahun terakhir, kemudian kelompokkan soal-soal untuk mendapatkan data statistik materi dan tipe soal yang paling sering muncul untuk setiap bidang studi. Atas dasar ini siswa bisa lebih mempertajam persiapan belajar terhadap topik-topik yang lebih besar kecenderungan keluarnya pada SNMPTN sehingga cara belajar akan efektif atau tepat sasaran.

  • Strategi Memilih Jurusan PTN

  • Inti dari strategi memilih PTN adalah menentukan pemilihan jurusan yang tingkat persaingannya sesuai dengan kemampuan akademik siswa. Disini diperlukan data klasifikasi PTN maupun jurusannya dan tingkat kemampuan akademik siswa yang bersangkutan. Masalah ini memang tidak sederhana karena data tersebut tidak dimiliki oleh umum. Dengan demikian, yang dapat dilakukan adalah memprediksi klasifikasi jurusan dan memprediksi tingkat kesiapan akademik (kemampuan) siswa.

    • Memprediksi klasifikasi jurusan

    • Klasifikasi tingkat persaingan pada jurusan dapat diperkirakan dari reputasi PTN-nya, data peminat dan daya tampung jurusan dimaksud dikaitkan dengan pengalaman siswa-siswi tahun sebelumnya tentang berapa kira-kira nilai SNMPTN siswa yang diterima pada jurusan tertentu. Hasil analisis seperti di atas dapat dituangkan dalam prediksi passing grade jurusan yang diinginkan.
    • Memprediksi tingkat kemampuan akademik

    • Memprediksi tingkat kemampuan akademik dapat dilaksanakan dengan membuat soal tes simulasi / try out dengan jumlah soal, tingkat kesulitan, waktu serta sistim penilaian yang sama dengan SNMPTN. Dengan mengikuti beberapa kali simulasi SNMPTN, siswa akan mengetahui nilai rata-rata yang diperoleh. Inilah yang menjadi acuan pemilihan jurusan.
    • Kiat menentukan pilihan jurusan

    • Menentukan pilihan jurusan menyangkut resiko berhasil atau gagal dan berkaitan dengan masa depan. Oleh sebab itu siswa harus menentukan sendiri keputusan yang diambil. Disini hanya digambarkan tentang komposisi pilihan yang sebaiknya dibuat. Meskipun passing grade setiap jurusan berubah setiap tahun, perlu kiranya diperhatikan data passing grade tahun-tahun sebelumnya. Pilihan pertama pada SNMPTN sebaiknya mempunyai passing grade yang tidak terlalu jauh dari nilai rata-rata hasil test simulasi/try out SNMPTN siswa yang bersangkutan. Sedangkan pilihan kedua, adalah jurusan yang passing grade-nya sekitar 5% hingga 10% lebih kecil dari passing grade pilihan pertama.

  • Program Bimbingan Pelajar Persiapan SNMPTN

  • Untuk semakin memantapkan kemampuan siswa, bergabunglah bersama ANA PRIVAT dalam program bimbingan belajar dan privat persiapan SNMPTN. Disana akan diajarkan strategi penyelesaian soal-soal SNMPTN/SPMB dengan tepat dan cepat.


Daftar Pustaka

1. Data Ana Privat
2. 1001 plus - Soal-soal dan pembahasan Matematika, Siap Sukses SPMB. Bob Foster Herlin. Erlangga.


Cetak Halaman Ini

Baca Juga



29 comments:

Cebong Ipiet said...

ohohohohho baguus... intinya belajar mas, kadang anak ituh kalo ndak di paksa les ndak mau nyentuh buku swama sekali ndiableg pol

Rian Xavier said...

waw. Bagus2. Nice post.

ceznez said...

wah.. bagus2 kiat2nya.. moga adek2 yang mo SPMB pada nembus semua deh.. :)

beat2ws said...

Kiat ditambah iklan, ya mas?he

suryaden said...

hayo adik-adik semua harus belajar biar bisa keterima di seleksi yang ketat ini...

ifoel said...

wah.. tempatnya bro seno mantap juga ya..?
bisa menghasilkan produk2 yang berkwalitas... salut deh mas....
btw, Ana Privat tuh tempat kursus bahasa..?

endar said...

nyong ganu ra ketampa umptn. kudune nyong les nang ANA privat.

dede said...

Wah wis akeh postingane, kitinggalan inyong hehee

harry seenthing said...

wah makasih nih kang tipnya, aku juga lagheee belajar nih buat ujian dinas huehehehe bisa kepake juga kan kang

mama hilda said...

Waktunya untuk adik-adik belajar yang rajin untuk mempersiapkan SPMB..
Gak melu SPMB kang, langsung kabur ke Pakistan saya tanapa SPMB hehehe, sampe beranak pinak :))

bunda said...

biar pada mau belajar selain ke ANA Privat, di rumah juga anak2 harus dijaga agar ngga ikut2-an emaknya yang fesbuk-an :))

mama hilda said...

situasi masih perang-perang aja kang, tapi wilayah tersebut udah dapat di kuasai pasukan pemerintah

masnoer said...

akau entuk mlebu ra gan

Rana Rasuna said...

ah..., bertambahnya kuota jalur khusus mengindikasikan semakin sempitnya peluang masyarakat ekonomi lemah untuk mencicipi status "maha" dan memperbaiki nasibnya.
mudah2an dengan adanya program bimbingan belajar dan privat persiapan SNMPTN seperti di ANA PRIVAT ini setidaknya dapat menepis anggapan itu.

madi said...

wahh tnyta promosi bimbel nih..
bener tuhh salah satu cara klo mau lulus SNMPTN adalah ikut bimbel dgn serius..

Penyamun Blogger said...

posting ginian banyak yang cari nih...

keboaja said...

mbak ebong kayaknya udah punya anak aja...

btw sukses ya mas lse privatnya.

annosmile said...

wah...
3 tahun lalu udah tembus Ujian Masuk PTN

@ Coy said...

Wah sekalian promosi nih hehe...

Jahid KLW said...

Tetapi sebelum UMPTN mereka yang baru lulus kebiasaan senengnya corat-coret baju, pilok rambut dan ramai-ramai dijalan.... kok nggak sadar-sadar iya anak-anak yang begitu....Jen Payah pelajar kita iya

Atca said...

wah..kiat2nya sip tenan...semoga adik2 makin giat belajar ya..

suwung said...

asal jangan belajar ngelmu soewoeng ajha ya mas

xitalho said...

Sip.. tek dukung sepenuhnya kang....
Nyong sayange wis tuwa.... hehehe tek belajar ngelmu soesoeng baen.... nek esih barlulus SMA nyong les nggone rika laah... wekekeke

Bravo ana Privat semoga tambah maju dan bisa mencetak kandidat2 yg jos dan bisa diterima di PTN semua..

Fetra said...

maju terus pantang mundur....semangat!

casual cutie said...

wah selamat menempuh SPMB/SNMPTN adek-adek tercinta.....

Neng Rara said...

ass.
mas, sy punya anak-anak kurang mampu yang lg belajar giat untuk ikut snmptn, rencananya mereka mau msk Unpad atau ITB tapi kebanyakan jurusannya dari IPS, gmana peluangnya ya?
ma kasih
wassalam

Anonymous said...

hmmmm.............

kalo di solo cabangnya ada gak yaa ?

FB said...

wah kalo di solo kayaknya gak ada deh... mending kita Daftar FB

toko scanner barcode said...

makasih yah infonya

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar. Secepatnya akan saya balas komentar Anda. Salam hangat.

SMS Gateway is a program to manipulate SMS from your customer. It can be auto reply, scheduled broadcast and unscheduled broadcast. SMS gateway accelerating process incoming and outgoing information in your business and increase customer satisfaction. Your business need SMS Gateway program? Phone : 0815 100 932 90 Email : anaprivatku@gmail.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
---- Java Coffee. Green World Blogger Template---- © Template Design by Herro