Mesin Pencari

Program ramalan gratis tentang Cinta, Karir dan Keberuntungan di blog ini sudah di tutup.

Mengobati Panu Yang Membandel

Sebagian besar dari kita pasti pernah panuan. Penyakit ini tidak mematikan tapi yang jelas penyakit ini bisa membuat orang yang terjangkit minder, kehilangan percaya diri apalagi kalau panu menempel di tempat yang mudah terlihat seperti di muka, di tangan, di tengkuk. Tidak seperti flu babi, flu singapura, flu burung ataupun flu spanyol penyakit ini tidak mematikan jika menyerang bagian luar kulit manusia. Tapi menjadi berbahaya kalau menyerang organ dalam tubuh.

Jamur / Fungi mudah tumbuh dan menyebar di tempat yang lembab. Panu merupakan salah satu jenis jamur dari puluhan ribu jenis lainnya. Panu juga mudah tumbuh di tempat yang lembab. Orang jawa bilang panu sebagai singkatan dari mapane deket anu. Sekilas singkatan ini seperti ngawur, tapi kalau dilihat secara logika, pernyataan ini ada benarnya juga. Daerah anu memang merupakan daerah yang mudah lembab, sehingga panu biasanya bersumber dari sini, sebelum kemudian menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Penyakit kulit biasanya menyerang orang yang jarang mandi, misalnya di daerah yang krisis air bersih. Bahkan di daerah ini bukan hanya panu saja yang menyerang, tapi juga kadas, kudis, kurap dan kutu air. Selain karena krisis air, orang yang jarang mandi juga banyak dikarenakan mereka mengalami hidrofob atau takut air, atau benci air. Dan yang terbanyak orang tidak mandi dikarenakan malas mandi, karena merasa sudah ganteng dan sudah cantik maka tak perlu mandi juga sudah ganteng ataupun cantik :). Sisanya karena faktor pekerjaan yang tidak memungkinkan mereka untuk mandi.

Tips mencegah panu


  • Mandi yang pakai sabun sehari dua kali

  • Setiap hari keringat keluar dari tubuh kita. Keringat ini selain menyebabkan bau asam, juga meningkatkan kelembaban tubuh. Dan dalam keadaan seperti ini panu akan mudah sekali tumbuh. Dengan mandi kebersihan dan kelembaban tubuh dapat berkurang, sehingga jamur panu sulit tumbuh.
  • Jangan bertukar pakaian dengan orang yang panuan

  • Panu adalah penyakit menular, panu mudah menempel pada pakaian. Dengan bertukar pakaian dengan penderita penyakit panu, memungkinkan terjadinya penularan penyakit yang memalukan ini.


Mengobati penyakit panu

  • Bersihkan bagian tubuh yang terserang panu / panuan

  • Oleskan dengan pembasmi jamur yang aman untuk manusia, lakukan selama beberapa hari.

  • Beberapa orang mengobati panu dengan cara tradisional, yakni menggosokkan lengkuas ke bagian tubuh yang terserang panu tersebut, 2 kali sehari selama satu minggu.

  • Kalau panunya sudah menyebar ke seluruh tubuh, sebaiknya hubungi dokter



Cegah panu dari keluarga Anda, sama sekali tidak lucu jika wajah Anda yang ganteng dan cantik tapi kok panuan :)

Bagi yang ingin mempelajari lebih dalam tentang misteri penyakit panu, silahkan buka link ini http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=3&dn=20080801140129



Cetak Halaman Ini

Baca Juga



39 comments:

Atca said...

hihihi...siapa yang panuan nih??
perasaan pernah posting kutil juga yah?
ada yang digosok pake lengkuas itu apa ngga malah gosong? kayaknya lengkuas panas...aku pernah masak tuh ayam goreng lengkuas..lengkuasnya diparut...ampunn deh..ditangan aja panas...

Erik2591 said...

He he he waktu sd pernah kena penyakit ini. Sama bapak saya, kulit saya digosok alkohol, sampai kulit saya gosong. Untung aja bisa hilang.

Pondokku

BeBeCe said...

wah dari pengalamannya ya mas.....?? haha...
ak jg punya panu nih... hee..
klo ente punya gak? :D

ifoel said...

pake bawang putih juga boleh bro...
pernah ingat waktu SMO dulu, sempat hinggap nih kutukan..hehehe.. trus di obati dgn bawang putih aja, bawang putih yang dikupas trus di gosok2 mpe panas..... wuiiihhh...

sibaho way said...

panu? ini keyword baru yang lagi rame ditembak ya bos?
amit-amit deh, pernah liat orangtua badannya penuh sama panu hiiiii...

Ayas Tasli Wiguna said...

Heeee, bos seno ngingetin aku sama penyakit masa kecilku nee ^^

Amit2 kena lagiii.. (kabur, nanti ktuleran panu seno, hehhehe)

mama hilda said...

kalo yang punya panu sebadan butuh berapa kilo lengkuasnya kang Hehehe...

bedanya panu sama albino apa dong? kan hampir mirip itu..

beat2ws said...

Mas nya panuan ya? Hayo hayo hayo
xixixi peace kang...

Cebong Ipiet said...

gyahayahyahay dulu kutil sekarang panu,besok apa lagi mas seno

endar said...

nyong wis suwe ra panuan kiye.. ganu ta sering hehehehe

pingin ngeblog said...

nyong.. ora nduwe panu kang.....

rika sing aneh2 baen wekekeke.. tapi bermanfaatlah bagi yang membutuhkan...

dede said...

Kalo seluruh badan panu kabeh priwe kang!

sgharjono said...

ceritanya ini true story ??? pasti pengalaman pribadi ya. sejak kapan panu an, terus di obatin pake apa koq sekarang malah nyebar panu nua. ha....ha.....ha.....
Salam kenal mas.

fahmy said...

gni mas ..ada tmen yg panuan mxbar k sluruh tbuhx,,tp slit untk d obati,,gmn???

Seno said...

@Fahmy : Temen saya juga pernah seperti itu, menurut dia, yang bikin panu cepet menyebar salah satunya adalah pemakaian sabun, sebaiknya jangan gunakan sabun mandi biasa, tapi pakai sabun asepso. Terus sebisa mungkin sering berjemur tanpa baju, beberapa jenis panu akan hilang kena panas matahari yang intens.

Kalau masih belum sembuh juga, sebaiknya periksa ke dokter.

sani said...

ada cara lain ngga untuk ngehilangin panu...???


thx a lot

sari said...

apa bener mas,muka panuan sembuh kalau pke lengkuas digosok or bawang putih.........tolong dunk muka saya lagi panuan bgt nehhhhhh......minder jadinya

linda marisha said...

mas resep tradisional yang ampuh dan mujarap apa neh mas buat mengobati panu dimuka.............tolongin napa masssssss........saya malu neh udh pke bedak masih keliatan......tolongin saya

Anonymous said...

masss kalo makan TERONG panu malah makin banyak pow,,,,???

Anonymous said...

aku pernah juga kena panu tapi ada obat yg mujarab banget 3-4 hari langsung sembuh... namanya minyak KK... ga tau campurannya apa tapi kykynya ada unsur belerangnya deh.

Anonymous said...

mas nanti klo make lengkoas gosong gaa tuh muka orang . . .

ntar gosong lg tuh muka org ..
kaya make bawang puih temen gw malah gosong .
ckckckck

Anonymous said...

minyak KK aph shh mass ??
trus bner gga pke bwang putih atau lengkuas bisa ngilangin panu ??

Seno said...

@anonymous: minyak KK? baru denger tuh, kalau kemarin sih ada orang beli minyak pakai KK, soalnya biar kebagian semua pas minyak langka wkwkk.

Lengkuas dan bawang emang bisa buat obat panu, tapi memang sedikit perih dan gosong. Kalau untuk bagian yang terlihat sebaiknya jangan pakai lengkuas sama bawang, malu soalnya he..he..

Berita Terbaru 2011 said...

Bang kalau panu saya udah sembuh berkat info dari abang makasih ya ,.,.:)

Informasi Berita Terbaru 2011 said...

Slam kenang bank, panu saya sekujur tubuh kira-kira msih ada peluang gak untuk sembuh dengan anjuran anda bang,.makasih.

Thohirien said...

pake belerang bau,pake lengkuas panas,pake bawang putih mahal,kedokter malas ya biarin aja rasain tuh gatelnya,orang yg panuan bentuk ganbar buaya

mojo said...

Info yang sangat bermanfaat, terima kasih dan salam kenal, sukses selalu..

Dennis said...

Nais inpoh gan.
Tak cobain bawang putih dulu ah.
Soale ane ga pernah tau bentuk lengkuas tu yg kek gmn...
Hehe.

Folow me plis.
Http://Davanger.blogspot.com

uno said...

hmmmits very nice.. i like your article

Obat Pembesar Payudara said...

makasih tips penghilang panunya...

Diana Sesarin said...

Terima kasih buat infonya, kalo saya biasa pake salep 88.

distributor pulsa elektrik murah said...

dulu saya pernah ngalamin, dan pas dikasih obat, memang hilang sih, tapi muncul lagi. Denger2, kalo bersihin panu harus tuntas, ke akar2nya sekalian. Kita harus pandai memilih obat panu.

kata - kata cinta said...

Thanks infonya
Sangat bermanfaat

ryan fitra juliuz said...

susah amat ngilangin panu nya . ,
temen saya itu pake' balsem CAP LANG ngilangin panu nya ,
xixixixixi . .

Anonymous said...

Makasih....

masudi hidayat said...

Make lengkus memang bisa, tp kta nenek gue klo msalnya ada mkanan yg rempah''nya make lengkuas n trus kta mkan, bsa tambah bnyak tu PANUnya, 2x lipat dr semula.. Hehe..

Panu said...

makasih atas artikelnya kak, memudahkan saya dalam menyelesaikan tugas.

Anonymous said...

Jujur saat ini punggung gw ada beberapa panu ... Sebel juga !!! Sekarang saya olesin salep/cream anti jamur. Masalahnya susah banget tangan menjangkau bagian itu. Mungkin ini akibat gw kalo habis olah raga...keringatan ...terus nunggu kaos sampe kering baru mandi. Tolong sarannya untuk mengatasi panu dipunggung dengan cepat? Huhuhuhu

Anonymous said...

Buseh ane pernah nyoba kang pake lengkuas.. Cari lengkuas d dapir.. Salah ambil malah jahe ane gosok k leher ane .. Hadew.. Skarang laghi cba pake bawang putih ama kalpanax cair ni.. Biarin dah panas sing penting ora mali berkepanjangan.. Hehee

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar. Secepatnya akan saya balas komentar Anda. Salam hangat.

SMS Gateway is a program to manipulate SMS from your customer. It can be auto reply, scheduled broadcast and unscheduled broadcast. SMS gateway accelerating process incoming and outgoing information in your business and increase customer satisfaction. Your business need SMS Gateway program? Phone : 0815 100 932 90 Email : anaprivatku@gmail.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
---- Java Coffee. Green World Blogger Template---- © Template Design by Herro