Mesin Pencari

Program ramalan gratis tentang Cinta, Karir dan Keberuntungan di blog ini sudah di tutup.

Mengembalikan Jati Diri Bangsa Laskar Mandiri

Mengembalikan jati diri bangsa pasca peledakan bom di Hotel Marriott - Ritz Carlton tidaklah mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa mengembalikan jati diri bangsa Indonesia tercinta. Memang ini adalah bom yang kesekian kali terjadi dan lagi-lagi jati diri bangsa Indonesia hancur karena terjadi di hotel yang dikenal memiliki pengamanan yang super ketat. Benar-benar meremukkan jati diri bangsa Indonesia. Jika di hotel dengan pengamanan super saja masih tidak aman, lalu dimana lagi tempat yang aman.

Namun, benarkah Indonesia tidak aman? Bukankah bom hanya terjadi di Marriott dan Ritz Carlton? Terkadang orang lain hanya melihat titik kecil hitam yang terletak diatas kertas putih nan bersih. Inilah saatnya kita harus mengangkat kembali nama Indonesia dimata dunia dengan mengembalikan jati diri bangsa. Agar Indonesia kembali menjadi bangsa yang aman, tentram, berbhineka tunggal ika dan menjaga kuat NKRI.


Berbicara tentang titik di atas kertas, saya pernah memberikan pelatihan di lembaga kecil yang saya dirikan dan searang sudah ada 12 pemuda pemudi mandiri. Pemuda pemudi ini adalah para pejuang, walaupun mereka berasal dari keluarga kurang mampu, namun semangat untuk belajar dan bersekolah sangat tinggi. Hebatnya lagi mereka mampu membiayai pendidikannya sendiri (baca: bukan meminta bantuan kepada orang lain) tanpa membebani keluarga khususnya orang tua. Pemuda pemudi yang memiliki jati diri. Beberapa bulan terakhir saya menyebut mereka sebagai kelompok Laskar Mandiri (terinspirasi dari Laskar Pelangi).


Salah satu materi pelatihan yang saya berikan untuk Laskar Mandiri adalah tentang 'Melihat Sisi Cerah'. Semoga para Laskar Mandiri ini dapat mengembalikan jati diri bangsa atau minimal ada usaha untuk mengembalikan jati diri bangsa.


Sebagai simulasi pelatihan saya memberikan selembar kertas putih polos ke peserta pelatihan. Saya sengaja membuat titik kecil di tengah-tengah kertas, sangat kecil. Kemudian kertas tersebut diedarkan ke peserta pelatihan, saya meminta mereka untuk memperhatikan kertas tersebut dan memikirkan apa yang sudah mereka lihat, demikian sampai semua peserta melihat dan memperhatikan dengan seksama dan memikirkan apa yang baru saja mereka lihat.


Sebelumnya saya sudah menuliskan prediksi pada sebuah kertas lalu saya lipat rapi, kemudian prediksi tersebut saya serahkan ke salah seorang peserta pelatihan hipnotis untuk menjaga betul-betul prediksi saya itu, agar tidak ada satu orang pun termasuk saya sendiri dapat mengubah prediksi sederhana yang sudah saya tulis. Tentu saja saya tidak sedang menyaingi Deddy Corbuzier atau bukan berarti saya adalah Deddy Corbuzier yang dapat memprediksikan hasil pemilu versi quick count sebuah lembaga survei. Juga bukan berarti saya Denny Darco yang dapat membaca pikiran orang lain. Bukan, kita tak perlu ilmu mistis untuk memprediksikan kebenaran umum. Seandainya saja saya Rommy Rafael, tak perlu saya menggunakan ilmu hipnotis untuk mempengaruhi pikiran orang lain atau untuk memfokuskan pikiran seseorang agar mengucapkan kalimat atau kata sesuai dengan yang kita inginkan.


Karena untuk hal yang bersifat kebenaran umum (general truth) seperti ini kita dapat melakukan prediksi dengan mudah. Kembali ke laptop. Saya kemudian menanyakan ke peserta pelatihan, tentang apa yang baru saja mereka lihat. Mereka harus menjawab dengan dua kata. Dan seperti prediksi saya semua peserta menjawab, "TITIK HITAM". Saya lalu meminta peserta yang menjaga kertas prediksi tadi untuk membukanya dan membacakannya dengan keras. Prediksi saya tak meleset, saya tidak membaca pikiran mereka, tapi saya memprediksikan kebenaran yang bersifat umum.



Mohon maaf kalau saya ngelantur, biar tidak terlalu serius mukanya :).

Tapi bukan masalah Joe Sandy atau para peserta acara TV yang sekarang sedang in, yakni The Master, tapi kesimpulan atau benang merah dari pelatihan sederhana yang saya berikan untuk para Laskar Mandiri. Saya mengembalikan ke peserta untuk mengambil kesimpulan. Beragam kesimpulan yang mereka sampaikan setelah saya memberikan sedikit argumen tentang pelatihan titik hitam diatas kertas putih polos.


Ada peserta yang menyimpulkan bahwa manusia cenderung melihat keburukan orang lain, padahal keburukan orang tersebut jika dibandingkan dengan kebaikannya, rasionya sangat kecil. Ada juga peserta lain yang mengatakan manusia lebih sering fokus ke permasalahan dari pada melihat peluang yang sebenarnya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan masalah yang dilihatnya. Ada yang mengatakan sekecil apapun kesalahan kita akan terlihat oleh orang lain, jadi kita harus benar-benar hati-hati dalam melangkah agar tidak melakukan kesalahan yang fatal. Ada yang menyimpulkan kita harus memperhatikan hal-hal kecil dalam berkarya, bukan hanya memperhatikan hal yang luas, karena sebenarnya hal kecil itulah yang justru sering menjadi perhatian. Ada yang menyimpulkan kaum minoritas justru lebih terlihat dari pada kaum mayoritas.


Yah, beragam kesimpulan yang mereka sampaikan. Memang itu yang saya harapkan, saya meminta agar kesimpulan yang disampaikan harus berbeda agar masing-masing memiliki jati diri bukan menumpang pada jati diri orang lain, kreatif, tidak sekedar menjiplak pendapat orang lain. Namun ada satu pesan yang ingin saya sampaikan melalui pelatihan itu, yakni kita harus Melihat Sisi Terang dari sebuah peristiwa.


Terkait dengan letusan bom di Hotel JW Marriot dan Hotel Ritz Carlton, tentu saja itu merupakan titik hitam dalam sejarah Indonesia. Dan titik kecil itu sekarang sedang menjadi pusat perhatian dunia melalui berbagai media. Ada yang mengutuk, ada yang tertawa, ada yang menunggangi, ada yang menebar fitnah, ada yang ingkar, ada yang masa bodo, ada yang mensukuri, ada yang menangis, ada yang menangis, ada yang menangis, ada yang sedih, ada yang pasrah, ada yang trauma, ada yang mati, ada yang luka, ada yang menyumbang, ada yang mencuri, ada yang panen.


Lalu bagaimana agar titik hitam ini terhapus? Tidak bisa, karena titik tersebut dicetak dengan tinta permanen yang kualitasnya beribu-ribu kali dari kualitas tinta pemilu. Kita tidak bisa lagi mengembalikan kertas bertitik menjadi bersih kembali. Yang bisa dilakukan adalah mengalihkan perhatian dunia dari titik hitam tersebut ke bidang yang lebih cerah. Mengalihkan perhatian dunia dari titik hitam ke bidang yang lebih indah. Iya, tapi bagaimana caranya?? Apa yang cerah yang harus disampaikan?? Apa yang indah yang harus di blow up?? Silahkan berasumsi, silahkan berkreasi, silahkan berprestasi, silahkan beropini untuk negeri ini dengan mengikuti kontes Mengembalikan Jati Diri Bangsa, berhadian 27,5 juta. Daftar kontes di BeritaJitu.com. Kalau tidak mau ikutan, ya silahkan baca gerhana matahari yang konon akan terjadi hari ini di Bangkok.


Matur nuwun buat Genial Butuh Somay atas awardnya. Genial ini selain jago photoshop tulisannya makin hari makin juga indah buat dibaca.

Award Geni


















Cetak Halaman Ini


Baca Juga



26 comments:

nara said...

sampai google pun membuat gambar kartun untuk search enginenya dengan gerhana matahari :D

itu kontes SEO lagi kang? banyak banget perasaan postingan mengembalikan jati diri bangsa laskar mandiri? maklum.. skg udah rada kuper :D

Daiichi said...

Salam Kenal ^_^

Bang Ais said...

wak keren bisa nulis panjang gitu boss...

Kuliah Gratis said...

Sebenarnya aku kepengen ikut kontes ini tapi kayaknya masih banyak yang meragukan kontes ini coz belum pada kenal beritajitu.com sih

tikno said...

Setuju dengan Mas Seno. Mmeberikan pendidikan yang benar pada Laskar Mandiri

suryaden said...

hidup gerhana matahari, ra paham aku laskar mandiri..

mama hilda said...

ayo sama sama mengembalikan jati diri bangsa..biar titik-titik hitam tersebut bisa terhapus..
Sekarang imbasnya kita jadi kena semuanya, karena pengamanan di titik titik rawan jadi diperketat, terutama jalur lintas kota..hmm nah yang ngga nyaman jadi rakyat juga kena nih..
kayaknya ikutan kontes ya kang..support aja saya, moga berhasil..

nyegik said...

walah puyeng bacanya kang...penuh dengan arti yang dalem sedalam penghitungan pemilu

Aneka Tips said...

beuh baru ngeuh kalau ini kontes seo wkekekke...selamat deh.

AzzaaM said...

berkunjung dimari..
salam kenal :)

nara said...

wow, ternyata beneran kontes :D

kirain hanya postingan biasa euy :)

kang seno ikut ta? klo ngikut.. yo tak pasang linknya di sebelah.. tapi ndak tau anchor textnya musti gmn.. xixixixi

Fajar said...

ehmmmm....dalam banget tulisannya kang seno.....citra bangsa yang dengan susah payah dibangun,,,,rusak hanya dalam hitungan menit bahkan detik.........

Muhammad Qori said...

saya harus membangkitkan jati diri saya dulu sebagai anak Indonesia baru saya membangkitkan jati diri negara ini.

nara said...

sudah dipasang kang ;)

moga sukses :)

Kuliah Gratis said...

Mampir lagi mas seno


moga sukses

udien said...

Kujungan perdana nih. hehe lagi belajar ngeblog, ternyata memusingkan, ohya mengenei artikel ini blm bisa berkomentar maap!

Juma said...

Mampir aja de kaga smpat baca,lain kali aja bacanya

endar said...

kiye kontes ya kang.. sukses ya

tikno said...

==Maaf diluar topik==
Terimakasih atas informasi data korban. Sudah saya update dan juga menambahkan link ke blog Mas Seno (yang memberi info).

abang said...

Kapan2 pengen belajar laskar mandiri juga nih ...

Laptop u/ Blogger said...

ikutan kontes kh?
semoga menang ya

mengembalikan jati diri bangsa indonesia said...

salam kenal mas seno...
sama2 pejuang nih....
-vikhi-

endar said...

nyong ora melu kontes kang. dadi suporter tok... hehehe
ngko yen sempet rika tek dukung kang. tembe angel konek kiye

mengembalikan jati diri bangsa said...

salam kenal mas...ikutan kontes juga neh...posisinya lumayan dah mantep

Mengembalikan jati diri bangsa said...

sukses mas seno..tetap semangad yach...

penginapan di jakarta said...

I like this blog.. god luck!!

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar. Secepatnya akan saya balas komentar Anda. Salam hangat.

SMS Gateway is a program to manipulate SMS from your customer. It can be auto reply, scheduled broadcast and unscheduled broadcast. SMS gateway accelerating process incoming and outgoing information in your business and increase customer satisfaction. Your business need SMS Gateway program? Phone : 0815 100 932 90 Email : anaprivatku@gmail.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
---- Java Coffee. Green World Blogger Template---- © Template Design by Herro