Mesin Pencari

Program ramalan gratis tentang Cinta, Karir dan Keberuntungan di blog ini sudah di tutup.

Pengorbanan dan Kesuksesan

Mohon jangan anggap saya sok menggurui kalau saya menulis tentang cerita motivasi atau tulisan-tulisan lain yang berkaitan dengan motivasi atau inspiring story walaupun mengatakan demikian adalah hak Anda. Yang saya tulis ini hanyalah untuk memotivasi diri sendiri, tidak lebih.

Saya akan menulis tentang Kesuksesan dan Pengorbanan. Tidak ada kesuksesan tanpa pengorbanan namun tidak semua pengorbanan berbuah kesuksesan. Tulisan ini sebagian dikutip dari buku "30 hari mencari jati diri", karya Kang Aris Ahmad Jaya, Direktur ABCo Training Center. Beliau ini adalah dokter hewan, tapi sehari-harinya beliau adalah motivator dan penulis buku-buku motivasi. Saya pernah menjadi moderator dalam sebuah pelatihan di tempat saya bekerja dulu, dan beliau sebagai pembicaranya. Dan Kang Aris menghadiahi saya 2 buah buku yang sangat bagus dan inspiratif. Salah satunya adalah buku "30 hari mencari jati diri". Makasih Kang Aris.


Selama ini kita sering melihat orang-orang sukses, kita pun berdecak kagum dengan prestasi-prestasi dan kompetensi dari orang-orang tersebut. Sekali waktu mari kita lihat dibalik layar kesuksesan orang tersebut. Kita akan dapati pengorbanan yang sangat besar atas prestasi-prestasi yang ditampakkan di permukaan.
Seorang bintang sepak bola akan melewatkan waktu latihan panjang berbulan-bulan untuk permainan 2 x 45 menit. Perenang akan berada di dalam air dan bergerak lebih jika dibandingkan dengan sekian detik lomba yang diikutinya. Petinju, pelari, pebulutangkis, blogger dan semua juara yang kita lihat dipastikan berkeringat dan lelah lebih banyak dibandingkan waktu yang dipergunakan untuk pertandingan sesungguhnya. Seorang mahasiswa dan pelajar akan kuliah / belajar lebih lama dibandingkan dengan waktu ujian kelulusan yang ditempuhnya. Pengelola restaurant atau pembuat template atau seorang jurnalis atau pengelola pondok atau tukang mendoan atau pegolf atau dokter hewan, juga waktunya sebagian besar digunakan untuk berlatih sebelum mendapatkan prestasi terbaik.

Yang jarang disadari oleh penonton adalah jumlah pengorbanan yang dilakukan oleh sang juara pada hari-hari sebelum kejuaraan diraihnya. Kesiapan untuk menempa diri atas hal-hal yang menyakitkan, kritikan, sindiran, umpatan dan cacian adalah paket yang akan diterima bersama-sama dengan kesuksesan. Penonton terkadang memaki ketika jagoannya kalah. Mereka (baca: pemain) yang mampu mengubah kritikan dan cacian sebagai pupuk yang menyuburkan, bukan sebagai racun yang melemahkan akan menjadi juara sejati.

Sebuah ukiran patung Bali indah karena sang pemahat tahu benar mana bagian yang harus dibuang dan mana bagian yang harus dipertahankan sehingga jadilah bentuk yang indah. Begitu pula dengan kita. Manakah potensi-potensi positif yang akan kita pertahankan dan tingkatkan menjadi sebuah pola yang melengkapi keindahan diri kita. Dan manakah yang harus segera kita eliminasi / hilangkan ke tempat sampah potensi-potensi negatif yang masih melekat dan bersarang pada diri kita.

Jangan pernah kita campurkan potensi positif kita dengan potensi negatif, hal itu akan berakibat tertutupinya potensi positif Anda oleh debu-debu potensi negatif. Siap menempa diri dengan ketabahan dan keuletan adalah salah satu prasyarat pencarian jati diri.

Cetak Halaman Ini

Baca Juga



68 comments:

mama Hilda said...

waduh, gimana kalau seseorang salah mengartikan potensi negatif menjadi potensi positif kang? nah tipsnya untuk mengetahui potensi negatif itu sebenarnya bagaimana kita mengindikasikannya? pe er nih buat sampeyan heheheh..
Ikut seneng dengar istrinya udah boleh pulang dari rs, moga lekas pulih ya...
wah..pertamax ngga nih...

mama Hilda said...

eh ternyata pertamaax..hehehhe nyepam dulu ah....

Cebong Ipiet said...

hehehehe sopo iku blogger profile wekekekeke

---------------------------------------------
Yang jarang disadari oleh penonton adalah jumlah pengorbanan yang dilakukan oleh sang juara pada hari-hari sebelum kejuaraan diraihnya. Kesiapan untuk menempa diri atas hal-hal yang menyakitkan, kritikan, sindiran, umpatan dan cacian adalah paket yang akan diterima bersama-sama dengan kesuksesan. Penonton terkadang memaki ketika jagoannya kalah. Mereka (baca: pemain) yang mampu mengubah kritikan dan cacian sebagai pupuk yang menyuburkan, bukan sebagai racun yang melemahkan akan menjadi juara sejati.
----------------------------------------------

100% setuju mas

Cebong Ipiet said...

kalo saya ya....berusaha sebisa mungkin menganggap semua itu positif meskipun kadang beraaaaaaaaaaaaaad dan pengen marrrraaaaaaah

jika ada yang komen "Bong template mu jelek"
Jawab ebong" waaah makasih banget yak, baru kamu yg bilang jelek, lainnya malah bilang anchur"

wekkekekeke

dede said...

emang nasib kita sama, say juga baru posting,.btw makasih udah di ulas, ya ampun tega amat ampe ada tukang mendoan di sini segala hehheee

indungg said...

Hmm,..thanks share nya,.
baidewai aku sudah tdk mencari jatidiri,..

dede said...

Bener banget kang, kadang orang tahunya udah jadi aja, artinya kadang tidak melihat jerih payah dan pengornaan apa yang telah di tempuh,..tapi biarlah, kemenagan buat pemain akan lebih berarti ketimbang penonton,,,hi penontoN?

gdenarayana said...

@Cebong: wakakak nyindir saya tuh, padahal tau klo saya becanda..ternyata...xixixi

iye deh bong..mahappp..mahappp..becanda ento..hehehe..mungkin juga keterlaluan kale yakkk..soale ebong dah susah payah editnya..heee

sorry de morry ya bonggg..ga ada maksud ampe segitunya kaleee..

@Seno: patung bali ga semuanya indah kang, lebih indah postingnya kang seno, mending saya mo ngademin diri sendiri aja dulu..hehehe..tepatnya lebih introspeksi diri, biar engga kesambet lagi kaya kemaren..hihihi..lumanyun rada esmosi dikit..ehhh...lumayan...hehehe

wah, istri tercinta udah balik RS neh, hmmm...moga bisa sehat seperti sedia kala lagi ;)

arie said...

Ampe hari ni saya ga brani nyari jati diri sob :(
biar dengan sejalannya waktu aja ntar... aku harap
aku bisa mengerti apa yang membuat aku gak pernah berani mencari tahu, istrinya dah sembuh ya, wah maap nih baru berkunjung soalnya ga bisa ngatur waktu , keep succes

Kristina Dian Safitry said...

halo..salam kenal. saya anak sekolah dasar yang mau belajar bahasa nih. saya kurang faham apa tuh unsur pisitif dan negatif. yang saya tahu ibu saya sering tes kehamilan dengan alat bernama positif.*gubrak!* *pura pura gak nyambung babar blas..wkkekkee...

Kristina Dian Safitry said...

btw,saya sependapat kang:Tidak ada kesuksesan tanpa pengorbanan namun tidak semua pengorbanan berbuah kesuksesan. contohnya gadis rantau deh*gubrak lagi dah*

tikno said...

Kapan bukunya diterbitkan?

bunda said...

sebelumnya salam kenal mas seno ^_^
masalahnya orang2 lebih banyak berpikir instan. ingin hasil yang cepat kelihatan, ingin hasil yang segera dapat dirasakan.
tidak pernah berpikir bahwa untuk sebuah hasil harus ada proses dan proses itu membutuhkan waktu
untuk bisa menikmati sebuah hasil akhir perlu proses.

suwung said...

positif atau negatif kalo menurut diriku kok tingal dari sudut mana kita melihatnya?

Cebong Ipiet said...

@om nara: wuickz lagi dapet yak Om? wekekkkkekek becanda lagi...itu bukan tentang siapa siapa...cmn becandaan

hayah brasa konferensi pers

suryaden said...

Malam bang,

Entah kenapa saya kadang tidak sependapat dengan para motivator yang membagi potensi menjadi positif dan negatif, malah seperti guru fisika atau matematika saja.

Mungkin maksudnya baek, namun persepsi orang kan jadinya potensi baik dan buruk, padahal yang namanya potensi kan dari alam, nah menjadi baik dan buruk itu tergantung selera pasar kan.

So, jadilah jiwa yang tidak mudah terpengaruh, mengerti keadaan dan situasi saja, tahu kapan menggunakan potensi yang dimiliki untuk mewarnai lingkungan menjadi lebih baik dan indah. Maaf kalo ngelantur yo mas, karena para motivator itu biasanya indikatornya adalah kesuksesan, sementara kita juga harus tahu lebih sukses mana para bankir yang membungakan uangnya dengan para pedagang kaki lima yang mampu melunasi hutang dengan bunga yang kadan tidak manusiawi itu.

Semoga keluarga selalu sehat mas Seno...amin.

AiWY said...

Pengorbanan. Bukan ny sudah lewat ya? *bcanda ding*
smua hal pasti butuh pengorbanan kang. Yg jd masalah, seberapa besar target kesuksesan yg ingin d capai dan seberapa besar keinginan untuk mencapai ny. Singkat ny seberapa besar motivasi ny. Terkadang orang tdk memiliki alasan untuk mencapai kesuksesan, akhir ny usaha ny brakhir stengah jalan. :D posting yg bagus kang.

Achiles™ said...

Waduh bisa dapet banyak inspirasi dan refleksi nie setelah baca tulisan ini..berkeringat adalah satu alasan orang dapat sukses karena itu jangan hentikan bila terpaksa keringatmu harus menetes sebagai bukti kerja kerasmu selama ini, namun bersihkanlah karena lebih baik orang tidak mencium bau keringat itu..gitu ya mas kesimpulannya ?? sok puitis nie achiles hehehe...

Lyla said...

waduhh... aku jadi tukang mendoan ya... hihihi... bu Komandan jadi tukang mendoan walah2 turun derajat hahahaha....

Lyla Fitri said...

Tukang mendoan buka cabang mas... di http://lylafitri.com hehehe... mendoannya selalu fresh hahaha... dijamin halal dehh...

info resep said...

gpp hidup emang indah.

fauzan said...

emang... sebuah kesuksesan bukan seperti membalik telapak tangan, tetapi dibutuhkan proses yang menuntut usaha kerja keras, keuletan, makanya mengapa cuman segelintir orang yang bisa meraih sukses, karena sedikit orang yang mampu melalui proses untuk sukses

abang said...

Kesuksesan bukanlah akhir dari kerja keras ...Kesuksesan bukanlah akhir dari penantian serta perjalanan panjang. Kesuksesan tak ubahnya seperti piala bergilir, mungkin hari ini ia ada dalam genggaman kita, tapi mungkin esok atau lusa ia sudah berpindah tangan dan kita pun dituntut untuk melakukan hal yang sama, serta menunggu datangnya kesempatan untuk kesuksesan kita berikutnya ...

Yachh ..yang saat ini kita butuhkan hanyalah kesempatan, kepercayaan dari dan kepada orang lain, serta keyakinan pada kemampuan kita ...

Memang hal ini akan butuh pengorbanan, tapi yakinlah bahwa kesuksesan nantinya akan membayar semua keringat, waktu dan pikiran yang tercurah ...

Good posting kang seno ..!!! Salam

Ches said...

Bisa gak ya Mas kl saya padukan potensi negatif dan postensi positif sehingga jadi potensi agresif dan creatif. Ah pusing ah..
Anyway saya tuju banget kl pengorbanan tidak selalu membuahkan kesuksesan, tetapi setidaknya yang pengorbanan kita bukan lah hal yg sia2 krn masih ada satu sisi yg bisa di save sebagai file yg suatu saat bisa kita buka lagi agar kita gak mulai lagi dari 0.

Ches said...

ngomong2 mendoan tu apaan sih?

Debrian said...

Wah..semangat broo.. ga gampang mencari jatidiri thu.. dlm 30 hari lg.wew...semangatttttt

maswa2n said...

merdekaaaaaa.. jatidiri temukan hanya dengan satu kata "GIGIH" keep found it.. nah, klo jatibening adanya di bekasi..!@#$%^$##@^&*

dede said...

wes, akeh komen ne rame jadi nya.
kang aku mo jemput anak ke bandara dulu.. nanti malam nyambung maning ya?

aR_eRos said...

sepakat!!
tak ada kesuksesan tanpa pengorbanan
tak ada kesuksesan tanpa usaha dan doa tentunya

dede said...

sip pak sersan, perintah siap dilaksanakan!

BlaGabloGer said...

kalo mau sukses yah harus action, dan setipa action pasti butuh pengorbanan,
salam kenal mas ^_^

ABDEE NEGARA said...

Pencerahannya mantap bang....
pengorbanan di iringi dgn kerja keras plus modal gede pasti lebih banyak suksesnya.... :-)

gdenarayana said...

numpang sepam neh kang..hehehe

@Cebong: iyeee dahhhhh...

ngacirrrrr...

linda said...

comment jg ahhh...tp terakhir huhuhu...
happy sunday kang seno...

Whienda said...

Suksea itu perlu pengorbanan? Ini kali, ya, Bang! Yang orang Jatim bilang: "Jer Basuki mawa bea". Trimakasih motivasinya Bang! You raised me up!

cumie said...

30 hari mencari jati diri saya gak tau om, tapi klo 30 hari mencari cinta tau :D itu si nirina zubir jadi pemainnye. wkwkwkww

kata orang klo naek angkot resiko di tanggung penumpang, mau gak mau pengorbanan harus ada, bayar!! wwkwkkw

dede said...

Alhamdulillah, apik. Inyong ya terus turu,..mbeke tangi kiye malahan,..hehee. ya met beraktivitas disit ya?

Bang Ir said...

@suryaden : Mohon maaf apabila ini sedikit pembelaan dari ssalah seorang motivator, yang mungkin bisa dibilang benar menurut anda, bahwa kita harus tidak terpengaruh oleh orang lain....Mungkin ini hanya Penegasan saja bahwa tidak ada satu orangpun yang merasa paling sempurna di dunia ini.
Tapi Sebagai seorang motivator yang juga manusia biasa seperti yang lain :"hanya" berbagi ilmu,....." Dan janganlah pandang siapa sang diri dari motivator anda, namun akan lebih bijak bila semua menyikapi apa yang telah diberikannya, tiada kata lain cara menilai nasihat dan petuahnya....Salam Kenal...

Oh Maaf Mas Seno....kok yang yang update lagi postingannya Mas....!

Ocim said...

mudah2an bisa menjadi spirit buat saya

bocah gatel said...

ah,kang seno...
makin semangat aja nih abis baca postinganmu..

pengorbanan mrpkn jalan mnuju sukses,
n sbenernya gak ada orang yang gagal, yang ada hanya orang yang berhenti sebelum meraih kesuksesan!!

-salam gatel-

fata said...

kesuksesan memang butuh pengorbanan. Saya percaya banget sama hal ini. karena saya sdh ngalamin.

Riema Ziezie said...

wah kak Aris itu kan motivator kami...hehehe jd kangen sama beliau dah 4 thn lebih ga ketemu...titip salam ya Mas dari Susie angkatan 34 gt (moga2 beliau lgsg inget) kalau mas Seno ketemu beliau lagi (mumpung bs nitip salam) ..btw bgmn kabar Mba dan calon dedek bayi? utk biar cpt pulih juss jambu biji merah & juss kurma bagus mas

Riema Ziezie said...

oh iya selamat hari Ibu untuk mba ya mas semoga menjadi Ibu yang sabar, sholehah dan senantiasa sayang dan disayangi keluarga

- s L i K e R s - said...

Setuju banget sama komentar bijak dari om suwung, positif negatif tergantung dilihat dari sisi mana dulu... hehhee...

Nyante Aza Lae said...

berkorban adalah wujud perjuangan..slagi dalam koridor yang positif tentunya

xitalho ( berbagi itu indah ) said...

Semua yang hidup sejatinya tengah berkorban... apapun itu, karena kita mahluk sosial! Tapi yang kelihatan adalah Pengorbanan yang di sengaja untuk maksud dan tujuan tertentu.

Halah jarene memotivasi diri sendiri..lha koq aku ikut termotivasi?? piye jal?? he..he..

AiWY said...

Berkunjung ke rumah kang seno untuk bersilaturahmi. :D
pa kabar kang?

RainTurb said...

saya malah lebih suka bilang kalau motivasi itu seakan dianggap sebagai sesuatu yang enteng di mata setiap orang, padahal itu kan sangat diperlukan

masDan said...

Wuihh .. Templatenya mas Seno Baru Nih ....

masDan said...

Saya sering Menganggap kalau Semua Potensi yang ada Pada Diri saya adalah Potensi Positif yang akan Mendorong Saya Ke Arah Kesuksesan. Itulah Potensi Negatif saya, Di satu sisi, hal itu bisa memberi saya Semangat, tapi di sisi lain, hal itu bisa membuat Saya Cepat Berpuas Diri .. Haduh, Bingung Aku ... Makasih Mas ..

casual cutie said...

mmmm...pengorbanan dan kesuksesan kayanya berjalan beriringan...

info resep said...

tukeran link yuuuuuk

Lyla said...

sepertinya aku lagi titik jenuh...

ernut said...

wah bener2 merasuk di hati! saya ini orangnya lugu (keporo gemblung) semua orang tak anggep baik..kaluk kadang kecenthok yg jahat jadi njondhil, kaget!

TYO said...

waduh kabar baek alhamdullilah kerja keras membuah kan hasil gimana dengan kabar kamu sendiri neh makin mantap aj blog nya

andi8lumut said...

Memang benar apa kata akang. saya sependapat. tak ada kesuksesan tanpa pengorbanan.. .

rahmat hidayat said...

eeeee mengugah jiwa ..... haaa saya bookmart ya om

biongo said...

artikelnya dah membuat semangat hidupku cerah lagi...

Whienda said...

Bang! Ada yang bilang gini, Bang: "Jika kau tak dapat membantunya, dengan memotivasi bisa jauh lebih meringankan bebannya!" Bener, kyk gitu, Bang?

dede said...

mo posting nunggu anak tidur dulu, di gangguain mulu heheee

sawali tuhusetya said...

postingan yang inspiratif, mas seno. seringkali kita melihat sukses seseorang dari kulit luarnya. bagaimana pengorbanan dan jerih payahnya seringkali tidak pernah kita perhatikan. yang pasti, sukses memang tak mungkin jatuh begitu saja dari langit. ada banyak pengorbanan dan keringat yang terpancar di sana.

indra putu achyar said...

selamat menyongsong pagi hari yang indah...
salam kenal dan salamsehat selalu...

arsha said...

ow jadi gitu..

Erik said...

Hemm bener banget kang Seno, kerapkali orang hanya melihat hasil kesuksesannya sekarang. Jarang yang mau mencoba melihat latar belakang dibalik kesuksesannya tersebut.
Saya justru lebih tertarik terhadap bagaimana dia menjalani proses kehidupannya hingga dia di posisi sekarang. Buat saya kisah jatuh bangunnya di balik kesuksesan seseorang, membuat saya untuk tidak mudah menyerah terahadap suatu keadaan.
Terima kasih kang share-nya.

Btw, postingnya kok luput dari monitor saya ya? he.he.he

Brigadista said...

Tapi kang seno emang selalu menginspirasi,..!!

info for us said...

thanks atas infonya smga bsa jadi inspirasi buat saya ..

DegDegan.duniamaya98 said...

buat tambahan isi pikiran di otak. sip.

xitalho said...

no pain no gain

** rika aring ndi bae sich... koq ora tew ketok?

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar. Secepatnya akan saya balas komentar Anda. Salam hangat.

SMS Gateway is a program to manipulate SMS from your customer. It can be auto reply, scheduled broadcast and unscheduled broadcast. SMS gateway accelerating process incoming and outgoing information in your business and increase customer satisfaction. Your business need SMS Gateway program? Phone : 0815 100 932 90 Email : anaprivatku@gmail.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
---- Java Coffee. Green World Blogger Template---- © Template Design by Herro