Mesin Pencari

Program ramalan gratis tentang Cinta, Karir dan Keberuntungan di blog ini sudah di tutup.

Penambangan Batu Bara Sawahlunto Meledak 34 Tewas

Penambangan Batu Bara Sawah Lunto Meledak

Penambangan Sawah LuntoPenambangan batu bara di daerah Sawah Lunto, Sumatra Barat, meledak. Meledaknya penambangan batu bara ini diperkirakan oleh gas metana yang terbakar. Data terbaru korban tewas tragedi Sawahlunto menurut berita di TV One sampai saat ini sudah mencapai 34 orang dan belasan lainnya masih terperangkap dalam lubang tambang. Tambang batu bara milik PT Dasrat Palawi meledak pada hari Selasa pukul 10.35 wib. Lokasi penambangan yang terletak di bawah tanah memang beresiko tinggi jika dibandingkan dengan penambangan darat. Oleh karena itu aturan penambangan bawah tanah harus dilakukan dengan standar operasional yang ketat.

Gas Methana

Kemungkinan penyebab meledaknya tambang batubara di Sawah Lunto adalah karena methana (CH4, bahan utama methanol). Methana adalah hidrokarbon yang sangat mudah terbakar, dalam keadaan STP methana berwujud gas. Dalam terowongan tambang batu bara biasanya banyak terdapat gas methana, untuk mengurangi resiko meledak, ventilasi terowongan harus didesain untuk memungkinkan gas ini keluar dengan volume yang pas. Jika ventilasi kurang baik, dan ada pemicu misalnya percikan api baik dari rokok, atau dari gesekan dua logam maka dengan mudah gas methana akan terbakar. Reaksi terbakarnya methana berlangsung sangat cepat, sehingga akan menimbulkan ledakan yang dahsyat dengan panas yang tinggi.

Kita sering melihat methana, bahkan mungkin kita semua pernah memakainya untuk keperluan memasak. Gas methana yang dicairkan disebut dengan Gas Alam Cair / Liquid Petroleum Gas (LPG : elpiji) dan digunakan untuk keperluan industri dan rumah tangga. Jika ada percikan api sedikit saja, gas ini dengan sangat cepat akan terbakar. Bahkan di Australia, ribuan hektar hutan terbakar karena methana terbakar karena panas matahari. Tentang bahaya methana dapat dibaca di artikel tentang global warming.

Lebih 1000 Orang Meninggal

Menurut berita di TV One, sejak tahun 1997, sudah 1000 orang lebih yang meninggal akibat kecelakaan yang terjadi di daerah penambangan. Hal ini dipicu oleh reformasi yang memudahkan daerah untuk mengelola kekayaannya sendiri. Namun, terkadang dalam melakukan penambangan mereka tidak mengikuti SOP (Standard Operational Procedure), sehingga kecelakaan terus terjadi.

Cetak Halaman Ini


Baca Juga



4 comments:

Anak Hilang said...

mungkin harus diadakan pelatihan tentang SOP ya mas. biar bisa meminimalisir kecelakaan seperti ini.

btw, tuh di SB kok ada nyang kesepian mas?? wkakakaka

suryaden said...

memang K3 harus selalu diawasi tapi pengawasnya juga ikutan beresiko dong haha... itu memang ada kaitannya kok mas .. :D

dede said...

Wah, sangat tragis yang kang? siapa yang salah kalo gitu?

Ko mbengi lah kang ok

coffee said...

hm... lagi2.. musibah menimpa negeri ini...

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar. Secepatnya akan saya balas komentar Anda. Salam hangat.

SMS Gateway is a program to manipulate SMS from your customer. It can be auto reply, scheduled broadcast and unscheduled broadcast. SMS gateway accelerating process incoming and outgoing information in your business and increase customer satisfaction. Your business need SMS Gateway program? Phone : 0815 100 932 90 Email : anaprivatku@gmail.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
---- Java Coffee. Green World Blogger Template---- © Template Design by Herro