Mesin Pencari

Program ramalan gratis tentang Cinta, Karir dan Keberuntungan di blog ini sudah di tutup.

Hati-hati Dengan Pembobolan Password Gmail Melalui Email Phising

Buat teman-teman yang menggunakan google account, baik untuk gmail, blogger, adsense, google webmaster maupun produk google lainnya, Anda harus berhati-hati dengan pembobolan account google Anda dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika ada email untuk Anda mengatasnamakan Gmail dan meminta verifikasi account, password, tanggal lahir dan lokasi Anda, dan data pribadi Anda yang lain, jangan direspon. Karena jika anda merespon email tersebut, sama saja Anda memberitahukan username dan password Anda ke orang tersebut, dan Anda akan mengalami kerugian yang sangat besar. Bisa saja orang tersebut menggunakan email Anda untuk melakukan tindakan kriminal seperti membobol account facebook, membobol account paypal dan berbagai tindakan kriminal lainnya.

Tindakan kriminal didunia maya dengan cara mengirim email seperti ini merupakan modus lama dan dikenal dengan istilah Phising. Email phising merupakan email yang meminta data pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit Anda secara tidak sah.

Tadi pagi saya membuka email baru yang pengirimnya seolah-olah dari Tim Gmail dan meminta saya melakukan verifikasi username, password, tanggal lahir, dan lokasi Anda. Jika saya tidak melakukan verifikasi, maka account saya akan didisable. Kalau tidak hati-hati, kita akan segera membalas email tersebut, karena takut kalau account kita di suspend, padahal yang kita lakukan adalah memberitahukan username dan password kita ke orang tersebut, benar-benar sangat fatal.

Isi emailnya seperti ini :



Gmail

We have detected that your account information on our database system are out of date, as a result of that we require you to verify your account Information by filling the details as requested below. Failure to verify your information will result in account suspension.

Account
Password
Birthdate
Location

Note: This warning is for Google members only

Thank you for using Google Account


Screenshootnya ada di bawah :

membobol password

Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata pengirimnya bukan dari pihak google.

membobol account gmail

Hal lain yang mencurigakan lagi adalah, pengirim meminta Account atau Username, kalau si pengirim adalah dari Tim Google, seharusnya ia mengetahui Username kita, dan di awal email ada salam seperti, "Dear Andi," , dan sejenisnya yang menyebutkan nama kita. Intinya, jika ada email yang meminta kita mereset password, jangan direspon. Langkah paling aman adalah menghapus email tersebut atau melaporkan email tersebut sebagai spam.

Tentunya banyak modus lain yang digunakan oleh para penjahat dunia maya, modus di atas hanya salah satu dari sekian banyak modus kejahatan dunia maya. Waspadalah ... waspadalah ....!!!

Cetak Halaman Ini

Baca Juga



18 comments:

xitalho said...

Sip... matur nuwun sudah share dan mengingatkan akan bahaya phising..

Khabare apik khan?

BeDa said...

Terima kasih infonya. Perlu berhati-hati nih.

Salam ukhuwah

Tikno said...

Saya juga pernah dapat email semacam itu.
Ngomong-ngomong blognya sudah lama nggak diupdate

Blogger Bahagia said...

emang kudu hati2 sekarang kang....
aku pernah dapat tapi dari Facebo*k bohongan.

Unknown said...

betul mas...banyak kejadian seperti itu
Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

Deden Fitriadi said...

Terima kasih atas sharingnya..........tidak hanya Gmail..apapun berusaha dibobol, teman saya account(saya lupa account apa) katanya kena serangan hacker, setelah saya baca kronologinya ternyata phising, bukan di hack....perlu sosialisasi bahaya phising ini berulang-ulang, karena sebenarnya bobol karena teknik "social enginering" saja...termasuk memanfaatkan kelalaian/ketidak tahuan...

tipshot said...

Bagus juga artikelnya, komentar juga dong di blog saya : http://tipshot.blogspot.com

Estiko said...

Memang kita harus lebih hati-hati jika mendapatkan email scam seperti itu. Terlebih lagi jika memang kita kurang tahu apakah hal email itu berasal dari pihak Google atau bukan, lebih baik kita bertanya kepada yang lebih berpengalaman

Batara Emas said...

Terima kasih infonya, bermanfaat sekali buat pemula seperti saya

sepur said...

info menarik, makasih kang sharingnya
apa khabar nih?

sewa mobil said...

makasih buat infonya

tikno said...

Saya juga pernah dapat email semacam itu. Di delete aja.

Masjid Kita said...

untungnya saya sempat membaca post ini sobat, soalnya saya pernah nemu yang seperti itu :(

Source Code VB6 said...

bagus nih infonya,,,,, ciiip deh

Jasa Tesis IlmuKomputer said...

siip nih infonya

Skripsi Informatika said...

bagus---bagus

Skripsi Teknik Informatika said...

buat nambahin ilmu kita nih,,,, good deh

Source Code Program Aplikasi said...

bagussss,,,,,

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar. Secepatnya akan saya balas komentar Anda. Salam hangat.

SMS Gateway is a program to manipulate SMS from your customer. It can be auto reply, scheduled broadcast and unscheduled broadcast. SMS gateway accelerating process incoming and outgoing information in your business and increase customer satisfaction. Your business need SMS Gateway program? Phone : 0815 100 932 90 Email : anaprivatku@gmail.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
---- Java Coffee. Green World Blogger Template---- © Template Design by Herro