Mesin Pencari

Program ramalan gratis tentang Cinta, Karir dan Keberuntungan di blog ini sudah di tutup.

Potensi Daerah Pedesaan

Terima kasih buat teman-teman yang menjaga blog ini selama saya pulang kampung/mudik. Hampir 10 hari rumah ini tidak berpenghuni. Selama itu juga saya tidak membuka internet, Handphone-ku sebagai media browsing disaat jauh dari PC juga kebetulan baterainya g bisa kompromi, jadi selama saya mudik g bersentuhan sama dunia internet sama sekali =(. Tadinya kepingin kopi darat sama temen-temen blogger banyumas. Namun, keinginan itu harus ditahan karena beberapa alasan.

Ngomong-ngomong tentang mudik/menuju udik, saya benar-benar merasa tenteram di sana. Adem ayem, gemah ripah loh jinawi (lho?). Yang saya maksud dengan adem ayem adalah ketenteraman jiwa pada saat berada di kampung [ *dasar orang kampung =( ]. Tak ada macet, tak ada bising mesin, waktu seolah berjalan lebih lama. Jauh dari polusi udara, polusi suara, air pun belum tercemar. Bertemu sanak saudara, menghilangkan rasa rindu yang selama ini terpendam. Bercanda ria dengan keluarga, ah.. indahnya desaku.

Selama hampir 14 tahun saya merantau di Ibukota, pulang hanya sekali dalam setahun, paling banyak 2 kali dalam setahun. Tidak banyak yang saya ketahui tentang perkembangan desaku. Setelah saya mengamati dan meneliti dan mentelaah lebih jauh, ternyata banyak sekali potensi desa yang bisa di gali. Salah satu yang saya amati adalah perkebunan kayu Albazia / alba dan peternakan ikan gurame. Tentu ini lebih aman dari adsense, karena 90% kendali ada di tangan kita sendiri yang 10% dikendalikan alam (perbandingan ini hanya ngasal aja heh.e..eh..).

Ini adalah hasil hitung-hitungan kasar saya jika kita akan menanam 100 pohon albazia:

Harga bibit alba Rp. 500 - Rp. 1000 x 100 = Rp. 100.000,-

Dalam jangka waktu 4 tahun bibit ini sudah tumbuh cukup besar dan bisa dijual dengan harga sekitar Rp. 250.000 sampai Rp. 300.000 benar-benar angka yang mencengangkan. Jika kita menanam 100 pohon saja modal kita hanya sekitar Rp. 100.000,- dan empat tahun kemudian kita akan mendapatkan hasil sebesar 100 x Rp. 250.000,- (sekitar Rp 25 juta). Kita menggunakan pupuk kandang yang mudah didapat dan tentu saja murah bahkan gratis. Jika kita menanam 1000 pohon? =)

Selain keuntungan finansial tentu saja ada keuntungan lain yakni turut andil dalam global warming movement. Tentu saja kita harus memiliki tanah dulu, itu yang pertama. Lalu bagaimana kalau tidak punya tanah? Ternyata ada juga yang menggunakan sistim kontrak tanah. Kita bisa menyewa tanah selama 5 tahun. Harga sewa tanah di pedesaan masih sangat murah dan terjangkau. Andai saja ...

Bagaimana dengan bisnis ikan gurame? Bisnis gurame juga sangat menjanjikan, tapi kapan-kapan aja postingnya. Sekarang saya mau istirahat dulu he..h.e.. badan masih pegel-pegel nih, supir bisnya membuat saya ngilu he..he... belum sempet blogwalking nih.

Cetak Halaman Ini

ANA PRIVAT
Jl. Maharta IV, Block A-19 No. 13, Pondok Maharta, Ciledug, Tangerang, Banten 15154. Telp. 021-926 48 700, 021-986 70 881

Thanks for your comment. I will visit back as soon as possible. Regards.

Baca Juga



34 comments:

phiena-venus said...

Oalah.. habis mudik tho. Pantes lama gak nongol. Mana oleh2nya mas.
Mau dong aku ikut nanam modal usaha pohon albazia. hehe

Senoaji said...

welkombek.... blog aman terkendali tidak ada gangguan selama ditinggal mudik kwkwkwkwkwkkwkwkwk

senoaji

suryaden said...

jadi kepengin nih...

tak coba juga lah, makasih mas Seno, Banyumasmu mana?

Lyla said...

walah... gak pernah mampir ke blogku ternyata baru mudik.. pasti puas2in makan mendoan ya sama lotek hehehe

Lyla said...

wah... jadi pengin pulang makan mendoan anget sama lotek nih...

xitalho said...

Oleh-olehnya manaaaaa??
Gethuk Goreng ya buleh.....:D

Cebong Ipiet said...

mo nyoba yg tanem taneman itu mas, tapi emakku aja wes yg ngurusin xixixixiix

sibaho said...

sepertinya mudik kali ini ada bau-bau investasi nih ;) kasih tau minus point nya juga dong, biar fair...

Erik said...

Wah, sayang kalau gak dimanfaatkan. Gimana, jadi ikut nanam ya kang? Kalau bisa sekalian beli tanahnya kang

Erik said...

Saya juga jarang buka blog, juga jarang BW, kacamatanya belum jadi.

info resep said...

hmmmm patut dicoba tuh mas, kayanya bisnis ikan lele jg menjanjikan. di daerah sy menjamur warung pecel lele. dan jg ga perlu repot2 bikin tambak, tinggal dimanfaatin aja tuh septictank. huahahahahahaaaaaa...

mama hilda said...

pantesan ngga ada kabarnya nih, ternyata mudik ya, saya pikir lagi sibuk ngejar bisnis didarat kang..:), wah dari postingannya kayaknya ada tanda-tanda mau pindahan ini hehehe

Ali Munandar said...

punya kampoeng juga toh .. hahaha

gemana bawa oleh2nya ngga ??

Bawor said...

Rika umaeh ngendi siy???

Atca said...

Ohh..habis mudik ya mas..pantesan ngga pernah nongol...
Btw oleh2 infonya mantap habis nih..perkebunan kayu Albazia /alba lebih menjanjikan saat ini *yang untuk minyak itu ya mas...*
kalau gurame sekarang lg musim penghujan tuh...banyak banjir..takutnya ikannya pada ilang kena banjir he..he..

Atca said...

he..he..kirain yang untuk bikin minyak gosok itu mas...kalo dikaltim itu yang banyak ditanam sama kelapa sawit..

Chopper Wallpaper said...

Happy Valentine!

gdenarayana said...

wah, kok samaan neh kang...hueheheehe, tapi uenak ya kang, jadi bisa refresh dan setel otak lagi ke posisi semula...wekekekek

wah enak nie bisa ke portugal :D, kapan bisa kesana yakkk...hehehe

inyong pengen maenan kesana..hihihi

_subhan_ said...

punyakampung jg toh,..
asik nih, kyk nya mkin luas pengetahuan bisnisnya.
tolong d share boss

gdenarayana said...

klo saya mau ke portugal harus cuti panjang kang...hehehe, biar puas bisa kliling - kliling portugal...hihihi

Brigadista said...

kanggg mana oleh olehnya!!!.... bagi bagi lah!!!

aR_eRos said...

*baca sepintas*
wedew ndak bisa mbayangin 10 tanpa internet
lawong sehari ae kangen'e ndak ketulungan
*baca lagi*

Indra Putu Achyar said...

Waaaah mas seno baru mudik toooh,
sekarang mendarat lagi di dunia yang tak terlihat ini yak... hiks*****

aR_eRos said...

bang seno, pohon alba itu sejenis pohon apa sih?

www.katobengke.com said...

rame bangat yah......tamunya....
kmana ajah ni masnya....

All About Samarinda said...

Wahh, klo model hitungannya begitu...lancar nih setoran ke buku tabungan...

Tapi apa bisa semudah hitungan itu...? Gimana biaya2 laen yg muncul....tenaga, biaya makan, perawatan dan transportasinya...?? Glegh...!

herro said...

lha, sama dunk. ane jg abis mudik nih.wakakaka. emang damai rasanya hidup dikampung, yg paling terasa sih setelah balik ke jkt otak lebih seger.wekekke. paling seminggu lg jg udah kembali mumet dengan keruwetan kota jkt.hiihi.

www.katobengke.com said...

makasih atas kunjungannya...
kalau ada postingan barunya...jgan lupa kabari aq yah...

endar said...

deneng mudik ra ngomong nyong.

ernut said...

langsung arep bisnis gurameh?

dede said...

sip kang uwis, gari ngeberisin maning. kang! ym?

dede said...

wah sing mbeke bali, banyak dapet inspirasi ya?

Nyante Aza Lae said...

duwiitt..pluang bisnis euyy..

Anonymous said...

mau tanya mas,,saya punya tanah di pedesaan bgt..nah mau disewa orang..kira2 kl sistem sewa itu harga per meternya brapa ya mas??

kl 5 ribu sampai 10 ribu nyampek gak ya mas per meternya??soale si penyewa mau pake tanah selama 10 sampai 20 tahun..1200 m2 mas tanahnya,

tlng di bantu ya mas...terima kasih...

alvin_lgi@yahoo.com

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar. Secepatnya akan saya balas komentar Anda. Salam hangat.

SMS Gateway is a program to manipulate SMS from your customer. It can be auto reply, scheduled broadcast and unscheduled broadcast. SMS gateway accelerating process incoming and outgoing information in your business and increase customer satisfaction. Your business need SMS Gateway program? Phone : 0815 100 932 90 Email : anaprivatku@gmail.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
---- Java Coffee. Green World Blogger Template---- © Template Design by Herro