Mesin Pencari

Program ramalan gratis tentang Cinta, Karir dan Keberuntungan di blog ini sudah di tutup.

Hindari Free CMS Hosting, Free Web Hosting, Free PHP Hosting

Bagi anda yang belum pernah menggunakan layanan free CMS hosting, free web hosting dan free PHP hosting sebaiknya jangan menggunakannya secara permanen sebelum menyesal seperti yang saya alami. Saya menggunakan fasilitas free CMS hosting dari www[dot]cms****[dot]com hampir setahun yang lalu dan saya gunakan untuk membuat blog berbasis joomla dengan domain gratisan dari co.cc, saya memilih www.easymafia.co.cc sebagai domain. Awalnya semua berjalan baik tak ada masalah. Permasalahan baru muncul setelah blog tersebut memiliki Page Rank dan traffic. Dengan susah payah saya membangun blog tersebut, dan akhirnya bisa mencapai ratusan pengunjung per hari, bahkan pernah mencapai 4000 visitor per hari. Entah dari mana asalnya, iklan bertebaran disana-sini. Archives post yang seharusnya berisi seluruh postingan yang sudah saya buat, berubah menjadi iklan-iklan entah dari mana asalnya. Terpaksa saya harus membuat Archives post manual. Masalah pertama terselesaikan.

Kemudian masalah kedua datang lagi, blog saya tersebut tidak dapat di access, pesannya, gagal connect ke database mysql. Saya login ke cpanel kemudian saya menemukan ada user admin gadungan dalam database. Tapi saya dapat menghapus admin gadungan tersebut dan web kembali dapat diakses. Masalah kedua terselesaikan. Untuk masalah pertama dan kedua, saya masih cukup bersabar, orang bilang orang sabar disayang Tuhan :).

Masalah ketiga ini yang paling parah. Saya baru menyadarinya tadi malam. Ketika saya mau buka www.easymafia.co.cc ada pesan tidak dapat connect ke MySql. Saya pikir kejadiannya sama seperti masalah kedua. Saya langsung berniat untuk login ke CPANEL, tapi betapa kagetnya saya, ternyata provider free CMS hosting yang saya gunakan tutup. Entah karena bangkrut atau memang sengaja ditutup. Lebih menyebalkan lagi karena penyedia layanan CMS hosting gratisan tersebut tidak memberi konfirmasi ke email bahwa dia akan tutup. Kebetulan juga saya tidak menyediakan backup dan tidak sempat pindah ke CMS hosting lainnya :(. Akhirnya seluruh tenaga yang terbuang sia-sia, web easymafia.co.cc hancur tak tersisa. Seluruh artikel yang saya tulis amblas tertelan bumi. Beruntung ada om google sehingga saya masih bisa mengais-ais artikel yang terhapus lewat temboloknya om google sehingga saya dapat menemukan kembali postingan yang terhapus. Saya masih bingung mau saya taruh dimana lagi tulisan-tulisan tadi, kalau saya posting diblog kira-kira dikira tukang kopi g ya sama si Om.

Biarin aja lah, blog terhapus tapi minimal jadi udah pernah belajar. Padahal saya baru saja dipuji sama Kang Xitalho, katanya saya konsisten merawat easymafia, tapi hiks..hikss..blognya udah hilang kang :(.

Saya juga minta maaf buat teman-teman yang sudah menulis komentar di easymafia, serta buat teman-teman yang sudah memberikan link ke blog tersebut silahkan dicabut untuk mengurangi broken link. Atau jika saya pernah berkomentar di blog teman-teman menggunakan easymafia, silahkan hapus komentar saya. Soalnya kalau tidak dihapus hanya akan menambah jumlah broken link diblog teman-teman. Mohon maaf sebesar-besarnya.

Dari pengalaman saya diatas, saya ingin memberikan saran buat teman-teman.

  • Jangan gunakan free CMS hosting atau free web hosting atau free PHP hosting secara permanen, kalau hanya untuk sekedar belajar sih tidak masalah. Tapi kalau memang mau benar-benar serius, sebaiknya gunakan domain dan hosting yang berbayar dari hosting provider yang dapat dipercaya, jangan sampai anda menyewa hosting dari provider yang akan bangkrut. Atau alternatif lainnya gunakan blogger. Walaupun setiap saat blogger juga bisa tutup sih. Tapi paling tidak jika blogger tutup, google akan menyediakan penggantinya.
  • Backup selalu artikel Anda yang penting-penting setiap selesai posting. Agar jika hal yang tidak diinginkan terjadi, anda tidak perlu membuang waktu untuk mencari artikel yang terhapus.
  • Bagi yang sudah terlanjur menggunakan hosting gratisan, bersiaplah terhadap keadaan apapun yang akan terjadi, termasuk jika blog Anda terhapus.

Maaf, belum sempet balesin komentar teman-teman. Baru pindah rumah, ternyata walaupun barangnya g banyak, pindah rumah melelahkan juga. Cari yang legaan biar Si Bangkit lebih leluasa main-mainnya, Bangkit dah mo merangkak sebentar lagi.

Baca Juga



20 comments:

Anak Hilang said...

sabar mas. semua ada hikmahnya. dulu juga ane pake free kyk gitu. tapi ya gitu deh, bikin cape hati doang akhirnya. mending konsisten dulu make blogspot, kembangin agar bisa mendapatkan penghasilan tetap dari MMO.kalo penghasilan udah memadai baru mulai menggunakan paid hosting. setiap proses belajar pasti ada kalanya kita jatuh. jangan kalah sama hal2 seperti ntu.

ohya, tuh indomagz loem diredirect yah. kalo buka ga pake www [http://indomagz.com] ga masuk ke blog. kl mau tanya2 kirim offmsg aja ke ym ane.

suryaden said...

waaa...
ikut sedih saya... aku nggak maulah kalo begitu

Bisnis Online ala Eros said...

ya namanya juga gratisan mas, menu dan pelayanan, fasilitas dan sebagainya nya juga bakal gratisan. kasian kalo temen2 mesti hapus link apalagi komentar. mending domainnya ditembel di blogspot ae.

sharing ideas online said...

Waduh kang! saya turut berduku sama easymafia. Temen lama kang!...mudah2an dapat yang lebih bagus. Kita kembali ke blogger aja kang kalo mo pake bisnis, gratisan juga selama ini bisa di percaya heheh..

Untung inyong ora sida ngawe ya kang!

sharing ideas online said...

weh lumayan..

xitalho said...

Doh.... koq jadi bubrah gitu kejadiannya kang??? aku melu lemes kang mendengarnya... Yakin.. kurang ajar benar itu layanan ... Tapi apa mau dikata kang namanya juga free services..

Sarasehan said...

Semoga menjadi pelajaran untuk semua kang... juga peringatan untuk kita.

Boleh aja pake free web hosting tapi jangan terlalu ngepen....

Whienda said...

Ga pa apa Bang! Pindah rumah dari easymafia untuk ngebikin Green Word tambah gede. Kaya si Bangkit yang pindah ke rumah barunya ..Selamat ...selamat cium jauh untuk si Bangkit!

manusia bodoh said...

kalau kepedannya site yang kita bangun untuk monetize lebih baik pilih yang berbayar saja, lebih aman, tapi kalau untuk belajar kan gpp mas seno...!!!hehehehe

Blog Untuk Pemula said...

ya begitulah mas kalau gratisa, kalau mau aman dan lancar yang berbayar lah...mnurut saya sih harga jarang boong (bukan ga pernah lho! :D )

Erik said...

Apakah ini termasuk kejahatan di dunia maya ya kang?
Pengalaman ini sangat berharga buat kita. Tks kang sudah membagi infonya.

muchlisin said...

Terima kasih infonya. Sangat bermanfaat

sibaho way said...

info yang menarik. yang namanya gratisan emang selalu mengkhawatirkan ya mas. semoga blogspot tetap jaya :D

ardianzzz said...

ha? tapi mengapa harus menghindari hosting gratisan?
(heheh saya juga pengguna hosting gratisan..)
kita khan bisa memanfaatkannya.. buat nyimpen script dan sebangsanya, ato buat dummy blog misalnya...
hehehe

Fajar said...

walah..untuk kang diri ini ndak jadi njajal yang gratisan...he..ooo baru pindah rumah tho kang...selamat ya kang..mudah-mudahan dirumah yang baru akan membawa keberkahan kang...Amieen..

Wong Jalur said...

Hampir mirip kejadiannya dgn saya, bedanya puya saya dulu blm spt punya bung Seno yg traficnya udah nyampe 4000/day.

sepur said...

ikut sedih banget kang....semoga menjadi pembelajaran bagi kita semua.

Ilmu inspirasi air said...

Musibah dunk bro.. Jadikan bahan pembelajaran aja yup bro.. Selalu ada hikmah di balik stiap masalah..
Oy, klu tentang bad-nya .co.cc yg free sih rasanya sudah pernah denger saya.. Search aja di google tentang .co.cc free ga bagus/ jelek bro.. Dulu juga sya punya akun di situs tsb, tapi stelah baca di beberapa blog tentang jeleknya .co.cc, saya hapus deh akun saya di sana..

rudis said...

memang gratisan itu enak tetapi pasti banyak resikonya

munawar am said...

Sebuah pelajaran yang berharga;
kalau dalam bisnis online, itu mungkin masuk category CMS Spam....

:) Kue Bangkita si Sapa Mas?

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar. Secepatnya akan saya balas komentar Anda. Salam hangat.

SMS Gateway is a program to manipulate SMS from your customer. It can be auto reply, scheduled broadcast and unscheduled broadcast. SMS gateway accelerating process incoming and outgoing information in your business and increase customer satisfaction. Your business need SMS Gateway program? Phone : 0815 100 932 90 Email : anaprivatku@gmail.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
---- Java Coffee. Green World Blogger Template---- © Template Design by Herro