Mesin Pencari

Program ramalan gratis tentang Cinta, Karir dan Keberuntungan di blog ini sudah di tutup.

Kenapa Komputer Sering Hang

Kenapa komputer sering ngehang, itulah pertanyaan tetangga saya pada hari Sabtu malam kemarin sepulang dari tarawih. Saya mencoba menjadi dokter komputer dengan menganalisa penyakit yang dikeluhkan tetangga saya itu berdasarkan pengalaman pribadi dan juga dari buku-buku komputer yang saya baca serta tips dan trick di internet. Menurutnya sebelumnya komputernya tidak pernah hang, tapi akhir-akhir ini komputer sering hang? Saya menanyakan tentang kestabilan aliran listrik, menanyakan tentang free space di drive C tapi tetangga saya malah bingung. Akhirnya saya saya mampir ke rumah tetangga saya, buat mencari akar penyelesaian kenapa komputer sering hang. Setelah diselidiki ternyata kaki fan coolernya patah, walaupun fan terlihat mutar seperti biasa, tapi ternyata menyebabkan processor cepat panas, dan akhirnya komputer jadi hang. Tetangga saya akhirnya membelikan fan cooler di toko komputer tak jauh dari rumah seharga 60.000 rupiah. Dan hasilnya paling tidak sampai hari ini komputer tetangga saya sudah tidak pernah hang lagi.

Banyak faktor yang menyebabkan komputer sering ngehang. Terkadang hardisknya, VGA yang tidak compatible, virus, sampai kipasnya. Saya akan memberikan tips ala kadarnya tentang cara mengatasi komputer yang sering hang.

  1. Cek Free Space di Drive C


  2. Cek selalu kapasitas hardisk di drive C, usahakan minimal selalu ada free space di atas 300 MB. Jika kapasitas free space di drive C kurang dari 300 MB, maka Anda harus menguranginya dengan cara :


    • Menghapus file pada directory C:\WINDOWS\Temp, menghapus file pada C:\WINDOWS\system32\Temp

    • Uninstall program-program yang sudah tidak digunakan. Misalnya game.

    • Gunakan fasilitas Disk Clean Up

    • Pindahkan file-file non program, yang disimpan di drive C, misalnya file-file di My Document pindahkan ke drive D. Jika komputer Anda hanya memiliki 1 Drive, maka lalukan back up menggunakan flash disk atau burning data Anda ke CD.



  3. Cek Driver VGA


  4. Komputer ngehang bisa juga disebabkan oleh VGA yang tidak kompatibel. Cek drivernya, jika semua sudah dicek tapi masih sering ngehang, maka cabut saja VGA nya, gunakan VGA on board saja.

  5. Cooling Fan


  6. Jangan anggap sepele sama cooling fan. Walaupun kelihatan sederhana, tapi cooling fan mempunyai peranan yang sangat besar untuk menjaga keselamatan komputer. Miring sedikit saja masangnya, bisa mengakibatkan komputer sering hang, bahkan bisa menyebabkan processor komputer Anda terbakar. Kalau sudah terbakar, tinggal kasih bumbu kacang :D. Jadi cek selalu cooling fan, dan juga rajin-rajinlah bersih-bersih komputer, gunakan kuas untuk membersihkan slot-slot pada motherboard.

  7. Stabilizer


  8. Pastikan supply listrik sudah melewati stabilizer sebelum masuk ke power supply komputer Anda. Ketidakstabilan tegangan listrik juga dapat menyebabkan komputer sering ngeheng.

  9. Update Antivirus Terbaru


  10. Update selalu Antivirus dengan update-an terbaru. Scan komputer secara periodik. Jangan tunggu kena virus dulu baru di scan. :D



Kalau ada yang punya pengalaman yang lain, yang mau nambahin tips mengatasi komputer yang sering ngeheng, mohon berbagi di kolom komentar.
Advertise with my Blog
Cetak Halaman Ini

Baca Juga



10 comments:

Fajar said...

Mungkin juga harus install ulang juga kang...

Neng Rara said...

assalamualaikum,
sy juga pernah dapat kaya gituan, sampe-sampe kena white screen, hingga lcdnya diganti. dan akhirnya di install ulang mas
info menarik.
wassalam

jagoan dollar said...

wah emang klo urusan yang satu ini, qt harus prepare bagt dan jeli tau masalah kompi sendiri :)

Anak Hilang said...

tambahan, penggunaan ram(biasanya produk cina) yg ga kompatibel sama matherboard juga bikin hang/restart.

suryaden said...

beli baru aja...

hahaha

subagya said...

biasanya saya kasih pasta pendingin pada prosesor buat nambah adem plus kipas casing di berbagai tempat biar suasananya menjadi dingin xixixixixi...

tikno said...

Terkadang karena power supply di dalam casing sudah "aus" sehingga tegangan tidak stabil. Hal ini bisa merambat ke HDD, memory, cpu, dll. Di kantor saya semua Power Supply di dalam cashing diganti dengan yang merek "Venom"

Notebook Driver Collection said...

nice post... gan.... lam kenal....

Meta Wulandari said...

makasih...tapi saya kok suka takut ya kalo mau bersih2 motherboard...seyem...

muhamad abinaya pratama said...

awam banget soal beginian,,, tapi sy punya komputer.
gmna ya? soalnya mau instal sndiri gak ngerti caranya, hhe

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar. Secepatnya akan saya balas komentar Anda. Salam hangat.

SMS Gateway is a program to manipulate SMS from your customer. It can be auto reply, scheduled broadcast and unscheduled broadcast. SMS gateway accelerating process incoming and outgoing information in your business and increase customer satisfaction. Your business need SMS Gateway program? Phone : 0815 100 932 90 Email : anaprivatku@gmail.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
---- Java Coffee. Green World Blogger Template---- © Template Design by Herro