Mesin Pencari

Program ramalan gratis tentang Cinta, Karir dan Keberuntungan di blog ini sudah di tutup.

Getaran dan Gelombang Dalam Fisika Dan Filosofinya

Getaran dan Gelombang merupakan salah satu materi yang dipelajari dalam Fisika. Setelah mempelajari tentang gelombang, kita bisa menjawab fenomena gelombang air laut. Misalnya, kenapa pantai tidak pernah banjir padahal kalau diperhatikan gelombang air laut, terlihat mengalir ke arah pantai?. Kenapa bunyi tidak terdengar diruang hampa? Dan pertanyaan lain seputar getaran dan gelombang. Sebelumnya saya pernah menulis tentang filosofi hukum newton dalam kehidupan.

Pengertian Getaran

Getaran adalah gerakan bolak balik melalui titik kesetimbangan. Sebagai contoh adalah gerakan pendulum, gerakan ayunan, getaran dawai gitar. Ketika ayunan dalam keadaan diam, berarti ayunan berada dalam keadaan setimbang, setelah digerakkan ayunan akan bergerak bolak balik melewati titik kesetimbangan. Begitu juga pada dawai gitar, ketika dawai gitar dalam keadaan diam, berarti dawai dalam keadaan setimbang, ketika dawai gitar dipetik, maka akan terjadi getaran bolak balik melewati titik kesetimbangan. Itulah yang disebut sebagai getaran.

Pengertian Gelombang

Gelombang adalah getaran yang merambat. Sebagai contoh ketika kita menggerakkan ujung tali pramuka naik turun, maka getaran yang kita lakukan akan merambat, sehingga akan terbentuk gelombang tali. Pernah mencoba? Kalau tidak ada boleh juga pakai tali jemuran tetangga :P. Berdasarkan perlu atau tidaknya medium, gelombang dibedakan menjadi dua yakni gelombang elektromagnetik dan gelombang mekanik. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium / perantara. Misalnya adalah gelombang cahaya. Cahaya matahari bisa sampai ke bumi, padahal di atas atmosfer adalah ruang vakum / ruang hampa, tidak ada medium apapaun untuk merambat. Hal itu membuktikan bahwa cahaya tidak memerlukan medium untuk merambat, sehingga cahaya termasuk ke dalam gelombang elektromagnetik. Sedangkan gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium/perantara untuk merambat. Sebagai contoh adalah gelombang tali, gelombang bunyi, gelombang air laut, dsb.

Gelombang Memindahkan Energi

Salah satu sifat gelombang adalah gelombang dapat memindahkan energi. Pada saat kita menggerakkan pecut / cemeti / cambuk, energi berpindah dari tangan kita ke pecut. Getaran pecut merambat bersamaan dengan energi dari yang berasal dari tangan kita. Jika ujung pecut mengenai OBJEK (misalnya kulit tubuh), maka energi tadi bisa merobek kulit kita. Contoh lain adalah gelombang air laut, energi yang dipindahkan gelombang air laut bisa menghancurkan objek (misalnya kapal dan karang) bahkan memecahkan karang. Energi yang dibawa gelombang tsunami dari getaran akibat pergeseran lempeng bumi menghancurkan hampir seluruh kota Aceh. Gelombang suara dengan frekuensi tinggi dapat memecahkan objek gelas. Energi yang dibawa oleh gelombang suara pada insiden bom Marriott dan Ritz Carlton dapat memecahkan gendang telinga. Itu adalah bukti bahwa gelombang dapat memindahkan energi.

Partikel Medium / materi gelombang tidak ikut merambat.

Kita akan membuktikan bahwa materi gelombang tidak merambat. Ikat tali pramuka dengan sehelai benang atau benda lainnya, misalnya tempelkan kertas ditali pramuka yang akan kita getarkan. Gerakkan tali tersebut. Apakah benang atau kertas yang kita tempelkan ikut berpindah? Jawabannya adalah tidak. Hal itu membuktikan bahwa materi gelombang tidak ikut berpindah, melainkan hanya bergerak melewati titik kesetimbangan saja. Contoh lain, letakkan gabus/busa diatas bak yang berisi air, lalu jatuhkan batu ke bak tersebut sehingga terbentuk gelombang air. Apakah gabus/busa berpindah dari posisinya? Jawabannya tidak. Gelombang hanya bergerak turun naik ditempatnya. Mungkin ada yang bertanya, kalau di laut, kenapa sampahnya atau apapun benda yang ada diatasnya bergerak? Benda bergerak karena ada gaya lain, misalnya angin, dsb.

Keterangan ini juga sekaligus menjawab pertanyaan kenapa tidak pernah terjadi banjir bandang di pantai, padahal seolah-olah ombak bergerak ke arah pantai terus menerus. Sebenarnya gelombang air laut tidak memindahkan air, air hanya bergerak turun naik tidak bergeser. Jadi air akan tetap berada ditempatnya, tidak mengalir ke pantai.

Filosofi Getaran Dan Gelombang

Dalam kehidupan juga sering kita dengar istilah gelombang kehidupan. Gelombang kehidupan bisa terjadi karena getaran / goncangan ekonomi, goncangan politik, goncangan sosial sampai goncangan ideologi. Goncangan-goncangan tadi merambat sehingga menyebabkan gelombang kehidupan yang menimpa manusia sambil membawa 'energi'. Energi gelombang kehidupan ini dapat menghancurkan objek yang dilewatinya (misalnya manusia).

Ingat lagi, energi gelombang menghancurkan objek. Jadi agar aman, jangan kita memposisikan diri sebagai objek ketika gelombang kehidupan melanda, karena posisi objek akan menjadi sasaran amukan energi gelombang kehidupan. Sebaiknya posisikan diri kita sebagai partikel medium, dengan demikian kita tidak akan terhempas, kita diam dan hanya akan bergerak turun naik. Kecuali kita benar-benar memiliki energi yang cukup untuk melawan gelombang kehidupan tadi, boleh kita memposisikan diri sebagai objek. Seperti karang yang kuat, hantaman ombak tak membuatnya pecah.

Terlalu abstrak ya? Iya soalnya aku ngikutin gaya penulisan Anak Hilang, yakni membuat pembacanya kreatif dan membuat kesimpulan sendiri :P. Curhat sedikit ah, beberapa hari terakhir ini, beberapa orang kepercayaanku justru berkhianat. Mungkin saya yang salah juga sih, saya terlalu memberikan kepercayaan penuh, sehingga dia dengan mudah mencuri dokumen-dokumen usaha kecil saya di dunia nyata, menggandakannya dan kemudian justru menjadi pesaing usaha saya :(. Sebenarnya saya malah senang, jika ada yang bisa mengikuti usaha saya, berarti usaha saya menginspirasi seseorang. Tapi yang jadi masalah adalah dia justru menjelek-jelekkan saya dan usaha saya, padahal saya membimbingnya dari nol, bahkan dari minus. Tapi biarlah, saya memposisikan diri saya sebagai medium gelombang saja. Saya tidak mau terbawa oleh energi buruk dari laporan-laporan yang mungkin benar tapi hanya akan menguras energi dan semangat saya. Hinaan-hinaan itu akan saya jadikan pupuk yang dapat mensuplay zat untuk pertumbuhan usaha kecil saya menjadi lebih cepat. Semoga usaha dia maju dan semoga usaha saya jauh lebih maju dari dia. Aamiin.

Kalo usahanya maju kan bisa jalan-jalan ke Bali, refreshing. Seumur hidup baru sekali pergi ke sono pas perpisahan sekolah dulu, jadi udah g kebayang situasi di Bali sekarang. Sekalian kopdaran ma Kang Nara, tapi kapan ya. Yang jelas tidak dalam waktu dekat ini, soalnya Bangkit masih belum bisa diajak jalan jauh. Kemarin saya ajak jalan-jalan ke Brebes aja pulang-pulang badannya panas.

Walah, kok kemana-mana nih :D. Udah dulu, mo Jumatan dulu.

Cetak Halaman Ini

Baca Juga



21 comments:

Kabasaran Soultan said...

Hmmmmmm..... sebuah filosofi yang sebenarnya tidak terlalu abstrak kok . Cukup jelas ... Artinya jangan menantang angin kalau kita belum kuat tetapi berusahalah menjadi bagian darinya .
hmmm...rada-rada error juga ya.
wakakakakaka ...dah akh ...mo makan dulu.

nara said...

cumak bisa nyimak aja klo udah pakarnya nie yang posting :D

sukses kang ;)

nara said...

haiyahhh.. saya baru liat di dashboard yang .net ada backlink dari kang seno :D..

sikk.. skg baru bisa mbaca nie..bentar komenk lagi.. xixixi

nara said...

weleh.. weleh.. yang ini postingannya bener2 gelombang SEO :D semua gelombang dibahas.. wahhh ada kasus kecil yo kang sama anak buahnya.. hmmm.. terkadang orang sering gitu kang klo dikasih kepercayaan penuh.. serba ribet kalo posisi udah salah :D engga dikasih kepercayaan ntar dibilang.. gimanaaaaaa gituuuu.. :D

haiyahhh.. semangat pantang mundur aja kang.. rejeki udah ada yang ngatur.. klo dijelekin ya jelekin aja balik [ehhh.. ini khan sifat saya yah.. :P]

hohoho.. mau ke bali?jiahhhh.. saya tunggu maning deh kang.. ato nti malah saya yang ke PORTUGAL duluan yah.. kekekekek

ituh bocahnya diajak jalan - jalan apa dianginin? heheheh.. sakit? lagi musim ada badai el nino lagi kayake di berita tadi.. di bali juga jelek bgt cuacanya nie kang.. dingin.. mana sendiri lagi :(

istri juga sakit nie.. heheheh..

ehh ngelantur juga nie.. met malem aja kang.. backlink secepatnya saya balas.. masih cari ide mbuatnya biar rada mirip dikit.. semedi doloe akhh.. apa buatnya gelombang versi mbah surip aja yah? :D

Iklan Gratis said...

waduh...
hebat kang...
jadi berasa SD lagi nih...
kira2 kelas 5an hehehe...

keknya abang pakar nih...
salam hangat bang...
Stop Dreaming Start Action

Pasang Iklan Baris said...

Wah ilmu fisika memang sangat penting.
bener mas, jangan sampai kita terbawa ama yang namanya emosi.
kita ambil baiknya saja, buat lebih maju. dan kita harus berusaha kalo kita lebih bisa dan akan lebih sukses..
salam . .
Stop Dreaming Start Action

gaelby said...

thans bro... postingannya kren abiz, n sgt membantu :)

Aneka tips said...

hayah pusing sob heheheh...soalnya paling ga bisa ama fisika. O ya ada yang tahu kemana kang rohman?

Kristanto said...

Bisakah kita menjadi sumber gelombang positif yang membawa hal2 positif bagi media gelombang?
I hope so,,nice post gan,,,
Kristanto| Cara meringankan akses ke Blog Anda

kakve-santi said...

jangan ingatkan saya pada SMA lagi,,
huhu...

kenapa fisika saya 9 terus, hahahah!

devianty said...

pelajaran fisika dapat nilai berapa yah...kayaknya pas-pasan deh...artikelnya bagus...lengkap...aku belajar lagi ah di sini, biar yang kemarin lupa jadi inget lagi...sukses terus dan mampir ke tempatku yang sederhana di tunggu...

rudis said...

Walah.. ra mudeng babar blas mas.... aku soko IPS jee.... Lam kenal aja ya mas dari blogger newbie

melandri said...

belajar gituan perasaan udh lama....SMA IPA,tp kuliahnya bukan fisika..jdnya lupa semua

Sambengan said...

waduh... parah tuh.. orang gak tau diri tuh namaya... mungkin dia perlu cermin big besar..
Yang sabar dulu aja, mungkin lagi diuji oleh yang kasih rejeki, nanti kalo kuat pasti bisa lebih baik lagi!
Tetep semangat semangat...

ifoell said...

wah.. jadi ingat masa SMA, cos aku dulunya program IPA, but skrg kulnya di akuntan, jadi lupa deh... hehehe.. apa kabar sobat... ada awards buatmu tuh.. di ambil ya..??

endar said...

nyong seneng banget pelajaran fisika kaya kuwe.
deneng kancane tega temen sih kang, aja kaya kuwe sih ngapa.
semoga sukses selalu kang

RainTurb said...

kebetulan saya juga suka fisika

kemaren sempet juara 3 OSN tgkat prov

kayaknya ini situs wajib buat saya nih

Yoga said...

wih, bisa juga nih buat sumber belajar..

Johannes Putra Ezra said...

bagus blognya!

Anonymous said...

LOL

mediaberita.net said...

Wah.. asik banget redaksinya, gaya penulisan, dan bahasanya gak terlalu formal. Enak dibaca.. Wah jadi pengen nulis seperti Anda.. Hebat banget.. (y)

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar. Secepatnya akan saya balas komentar Anda. Salam hangat.

SMS Gateway is a program to manipulate SMS from your customer. It can be auto reply, scheduled broadcast and unscheduled broadcast. SMS gateway accelerating process incoming and outgoing information in your business and increase customer satisfaction. Your business need SMS Gateway program? Phone : 0815 100 932 90 Email : anaprivatku@gmail.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
---- Java Coffee. Green World Blogger Template---- © Template Design by Herro