Mesin Pencari

Program ramalan gratis tentang Cinta, Karir dan Keberuntungan di blog ini sudah di tutup.

Hubungan Antara Hukum Newton Dalam Kehidupan

It is not about Sir Isaac Newton's law such as in Physic, but it's about motivation according Newton's Law.


Ada 3 Hukum Newton (Newton's Law) yang kita pelajari ketika sekolah SMP dan SMA. Saya tidak akan membahas tentang Hukum Newton dalam Fisika, tetapi saya akan membahas aplikasi Hukum Newton dalam motivasi di kehidupan sehari-hari.

Hukum Newton I

Hukum ini berkata bahwa : jika resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang semula diam akan tetap diam dan benda yang semula bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap (artinya percepatannya nol)

Saya mengkonotasikan gaya positif sebagai daya juang dan spirit pada seseorang. Gaya negatif sebagai kemalasan, penghambat atau, kelembaman. Berdasarkan Hukum Newton I ini, saya menyimpulkan manusia tidak akan pernah maju (statis / diam di tempat), jika resultan gaya / jumlah antara gaya positif dan dengan gaya negatif sama dengan nol. Tentu kita tidak mau hidup kita dari hari ke hari, bulan ke bulan, tahun ke tahun tidak mengalami perubahan yang positif.

Hukum Newton II

Hukum Newton II berbunyi Jika resultan gaya pada suatu benda tidak sama dengan nol, maka benda akan bergerak dengan percepatan sebesar resultan gaya dibagi masa.

Dari sini terlihat bahwa kecepatan seseorang untuk maju tergantung pada 2 variabel yakni,
resultan gaya (Gaya positif - Gaya negatif) dan masa (beban /baca: beban kehidupan). Gaya positif / semangat itu bisa datang dari diri sendiri (motivasi), dari orang lain (inspirasi ataupun dorongan), misalnya orang tua, teman, adik, dan seterusnya. Sebaliknya beban/kemalasan/kelambaman datangnya hanya dari diri sendiri, karena kemalasan adalah salah satu sifat yang dimiliki hampir oleh seluruh manusia. Bukti bahwa kemalasan datang dari diri sendiri adalah, banyaknya orang yang dicemooh, dihina, dicaci tapi malah sukses. Banyak juga yang dipuji, disanjung dan dieluk-elukkan malah colapse. Jadi kesimpulannya sih, apapun gaya yang diberikan oleh pihak luar (orang lain), baik gaya positif maupun gaya negatif, kita harus mampu untuk mengubahnya ke gaya positif dengan menggunakan gaya pemulih. Dan kita harus meringankan beban kita dengan menguranginya setiap saat, jangan ditumpuk. Jika beban ditumpuk maka nilai masa sebagai penyebut akan semakin besar, akibatnya percepatan keberhasilan kita akan semakin kecil. Jika kita berhasil mem-positifkan semua gaya maka resultan gaya kita akan besar dan positif, sehingga kita akan bergerak maju dengan pesat dan akan bertambah cepat setiap saat. Jika resultan gaya kita nol mungkin masih lebih baik jika dibanding negatif. Gaya negatif akan membawa kita bergerak mundur, sehingga kita tidak akan pernah sampai ke tujuan hidup kita.

Hukum Newton III

Hukum Newton III berbunyiJika suatu benda dikenai gaya oleh benda lain, maka benda tersebut akan memberikan gaya yang besarnya sama tapi arahnya berlawanan.

Hukum ini mirip dengan hukum petani, yang menanam yang menuai. Juga mirip dengan hukum karma, yang kita lakukan akan kembali ke kita. Apapun dan kepada siapapun yang kita lakukan, maka kita akan mendapatkan imbal balik yang minimal sama. Contoh sederhana, jika kita memukul tembok dengan pelan, tembok juga akan memukul kita dengan pelan sehingga kita tidak akan merasa sakit. Jika kita memukul tembok dengan sangat keras, tembokpun akan memukul kita dengan sangat keras, sehingga tulang kita bisa patah/retak. Bayangkan, benda mati saya tingkah lakunya seperti itu, apalagi makhluk hidup. Jika Anda berbuat baik kepada orang lain, maka orang lainpun akan berbuat yang sama kepada kita. Sebaliknya jika kita berbuat jahat/curang/licik maka orang lain itu juga yang akan kita terima.

Itulah pendapat saya tentang kaitan antara Hukum Newton dan "Aplikasinya" dalam kehidupan sehari-hari. Tulisan ini original ditulis oleh Seno. Jika anda ingin memberi masukan atau mengkritisi atau sekedar berkomentar, silahkan beri komentar pada postingan ini. Anda memberikan sesuatu saya juga akan memberikan sesuatu yang minimal sama nilainya dengan yang anda berikan. Semoga para pembaca bisa memanfaatkan energi positifnya sehingga dapat meraih sukses dunia akhirat. Amin. Salam.

Cetak Halaman Ini

ANA PRIVAT
Jl. Maharta IV, Block A-19 No. 13, Pondok Maharta, Ciledug, Tangerang, Banten 15154. Telp. 021-926 48 700, 021-986 70 881

Baca Juga



18 comments:

Blogger Addicter said...

logika yang luar biasa menurut saya kang :)

semua saya setujui ;)

ndak bisa komentar lebih jauh lagi saya, top posting kang :)

seno said...

@blogger addicter: matur nuhun kang, justru saya salut sama akang, bisa memahami tulisan saya yang amburadul =)

rhe-oni said...

wah...
huebat...
memahami fisika dari sisi yg lain...
keren deh postingannya...

salam kenal dari kami yow..

Nyante Aza Lae said...

salut atas kekritisan anda..ternyata 1+1 g selalu harus 2..

trik yuwie said...

waduh...g ngerti fisika ey..
he3..
tapi thanks infonya...

Kristina Dian Safitry said...

kok otakku error ya ,siang ini. kenapa nih. 10+10=41?oh no...*hue..he..*

andi8lumut said...

wah.. pemikiran yang intelektual

Cebong Ipiet said...

tets komeng dulu yak

Cebong Ipiet said...

Hubungan antara kehidupan dan hukum newton
kenapa?
karena hukum itu tercipta, trebentuk, tercetus, karena inspirasi dari alam dan kehidupan

Erik said...

Siip mas, saya sepakat.
Memang seperti itulah analoginya.
He.he.he saya gak ngomentari lebh lanjut, sudah dijabarkan semua..

dioefka said...

Wah, makasie banyak, KAng!!
Tipsnya mantabh!!!

Endonezya said...

akur deh... tapi di hukum newton yang ke III kok perumpamaanya tembok ya? klo misalnya perumpamaanya, kita mukul "tahu" gimana? (tapi, tetep aja keras ya... kan dibawah tahu ada meja)

Arif.Ust said...

trims ya sharing informasi nya kebetulan saya lagi pelajaran fisika. btw saya habis posting nih boleh minta komentarnya kan ini alamat blog saya http://regedit.blog.telkomspeedy.com/2009/02/13/merubah-logo-google-bergaya-coca-cola/

Anonymous said...

bagaimana cara agar konsentrasi dlam belajar fisika????????????
bagaimana cara pemahaman dalal pembelajaran fisika???????

bagollum said...

3 jempol untuk newton, artikel dan penulis artikelnya,
salam kenal bozz,
:D

Bagollum Jx said...

oya main2 dong ke blog butut ane,
http://www.bagollum.com

Anonymous said...

wah hebat benget ya tau tentang ilmu fisika

Bahaya Sinusitis said...

Makasih nih informasinya sangat berguna sekali gan....

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar. Secepatnya akan saya balas komentar Anda. Salam hangat.

SMS Gateway is a program to manipulate SMS from your customer. It can be auto reply, scheduled broadcast and unscheduled broadcast. SMS gateway accelerating process incoming and outgoing information in your business and increase customer satisfaction. Your business need SMS Gateway program? Phone : 0815 100 932 90 Email : anaprivatku@gmail.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
---- Java Coffee. Green World Blogger Template---- © Template Design by Herro