Mesin Pencari

Program ramalan gratis tentang Cinta, Karir dan Keberuntungan di blog ini sudah di tutup.

Megawati SBY Bersalaman Pada Pengambilan Nomor Urut Pilpres

Kemarin para kandidat capres dan cawapres mengambil nomor urut pilpres di KPU. Pasangan Jusuf Kalla - Wiranto mendapat kesempatan pertama untuk mengambil undian nomor urut capres - cawapres, giliran kedua adalah pasangan capres - cawapres Megawati Sukarno Putri - Prabowo dan yang terakhir adalah pasangan capres cawapres Susilo Bambang Yudhoyono - Budiono. Setelah ketiga pasangan mengambil nomor urut, secara serentan mereka membuka amplop yang masih tertutup itu.

Berikut adalah nomor urut pasangan capres-cawapres pilpres indonesia 2009.

1. Mega Pro

Megawati - Prabowo mendapat urutan pertama alias mendapat nomor 1 pada undian pengambilan nomor urut capres cawapres kemarin. Pasangan ini terlihat gembira sekali mendapatkan angka ini.

2. SBY Berbudi

Susilo Bambang Yudhoyono - Budiono mendapat urutan kedua alias mendapat nomor 2 pada undian pengambilan nomor urut capres cawapres kemarin. Pasangan ini terlihat percaya diri apapun nomor yang bakalan mereka terima.

3. JK Win

Jusuf Kalla - Wiranto mendapat urutan ketiga alias mendapat nomor 3 pada undian pengambilan nomor urut capres cawapres kemarin. Pasangan yang mengusung motto lebih cepat lebih baik ini seperti sudah memprediksikan nomor yang akan mereka dapat. Atau mungkin mereka sudah mencetak gambar foto JK - Wira lengkap dengan nomor urut 1, 2 dan 3 sehingga beberapa saat setelah mengetahui mereka mendapat nomor ini, langsung terpampang foto mereka dengan nomor urut 3.

Setelah mengambil nomor, pasangan capres cawapres saling bersalaman. Akhirnya dua tokoh pemimpin yang selama lebih dari 5 tahun ini berseteru, saling berjabat tangan. Walaupun sangat singkat mereka bersalaman, semoga bisa mereka bisa akur kedepannya. Mereka kan pemimpin yang seharusnya memberikan contoh yang baik.

Cetak Halaman Ini


Read more »»

Manohara Odelia Pinot Kembali Ke Indonesia

Manohara Odelia Pinot

Manohara Odelia Pinot mantan model yang dinikahi oleh keluarga kerajaan Malaysia hari ini kembali ke Indonesia. Mantan model seksi yang menikah di usia muda (16 tahun) beberapa bulan terakhir ini memenuhi media cetak dan media elektronik serta infotainment yang memberitakan tentang penyiksaan yang dilakukan oleh suaminya di Malaysia. Manohara di gosipkan mengalami penyiksaan di Malaysia. Manohara Obelia Pinot mengakui adanya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh suaminya.

Proses kembalinya Manohara berlangsung sangat dramatis ketika Manohara menjenguk Sultan Kelantan berobat di Singapura ia tidak diperbolehkan turun ke menggunakan lift. Namun ia nekad masuk ke lift UGD lantai 3 rumah sakit dan nekat memencet tombol alarm tanda bahaya. Seketika polisi Singapura datang mengepung Manohara Odelia dan Tengku Muhammad Fakhry, suaminya. Lalu Ibuda Manohara, Daisy Fajarina (Desi) yang sepertinya sudah merencanakan untuk bertemu Manohara di Rumah Sakit tersebut datang ke tempat kejadian menjemput putrinya. Awalnya keluarga Muhammad Fakhry bersikeras melarang Manohara untuk pulang ke Indonesia, namun mereka terbentur oleh undang-undang Singapura. Jika Manohara tidak diperbolehkan pulang maka Muhammad Fahry akan dipenjara di Singapura karena dianggap telah menyekap Manohara Odelia Pinot. Akhirnya usaha Daisy Fajarina yang terus-menerus tidak sia-sia, Manohara kembali ke Indonesia bersama Daisy Fajarina.

Setelah tiba di Indonesia Daisy Fajarina dan Manohara Odelia Pinot melakukan jumpa pers, dalam jumpa pers tadi siang Manohara mengakui ia mengalami penyiksaan dan kekerasan dalam rumah tangga Manohara. Penyiksaan-penyiksaan yang dilakukan oleh suaminya menyebabkan Manohara mengalami insomnia. Setiap hari Manohara susah tidur, rata-rata hanya tidur kurang dari 4 jam, karena mengalami ketakutan. Manohara juga menceritakan tentang kamar tidur mirip seperti kamar rahasia. Kamar tidur Manohara seperti ruangan rahasia yang pintunya ditutupi oleh rak sehingga pintunya tidak terlihat dari luar.

Namun Manohara belum sepenuhnya bebas, secara hukum ia masih terikat perkawinan dengan suaminya, Pangeran Kelantan yang bernama Mumammad Fahri. Menurut model cantik berusia 17++ ini, ia akan secepatnya mengajukan gugatan cerai atas suaminya agar bisa lepas dari jeratan dan siksaan yang selama ini menyiksanya. Enggak hanya TKI yang mengalami penyiksaan di Malaysia, sampai artis pun disiksa juga. Huwh...!

Foto Manohara Odelia Pinot diambil dari http://galz25.files.wordpress.com/2009/04/manohara-pinotdokkeluargadlm.jpg

Cetak Halaman Ini

Read more »»

Mengapa Facebook Haram

Apapun yang halal bisa menjadi haram, jika kita menggunakannya tidak proporsional. Sudah mucul wacana yang berasal dari ulama Jawa Timur bahwa Facebook diharamkan. Tentunya wacana ini agak mengagetkan para Facebooker di tanah air. Namun sebenarnya kita harus bisa intropeksi diri mengapa wacana ini bisa muncul.

Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa Facebook diharamkan:

1. Facebook bisa membuat kita mengabaikan anak.

Facebook Haram



















2. Facebook membuat kita tidak ingin meninggalkan komputer kita.

Komputer Addicter




















3. Facebook membuat kita tidak memperhatikan keadaan sekeliling kita.

Gambar Lucu 1
















4. Keranjingan Facebook bisa membuat tubuh kita kurus, karena lupa makan.

Gambar Lucu 2




















5. Keranjingan Facebook juga bisa membuat kita menjadi gemuk, karena gak enak buka facebook tanpa ngemil.

Gambar Lucu 3













6. Keranjingan Facebook tidak mengenal usia, sampai balita pun ikutan jadi Facebooker.


















Cuma postingan iseng yang saya ambil dari mailing list tetangga. Apa pendapat teman-teman?

Mohon maaf nie, dah 10 hari ini tidak update dan belum menyambangi balik teman-teman yang sudah meninggalkan komentar, lagi sibuk sama si Baby :)

Terima kasih buat :

1. Suryaden

Makasih atas ucapan dan doanya ya Mas Sur. Amin atas doanya.

2. Cacucice

Puisinya indah banget kang. Makasih semoga saya bisa menjalankan apa yang tersirat dari puisi yang ada dipostingan Cacucice untuk anak pertama saya.

3. Kang Nara

Eh, iya kang, dulu pas 5 bulan katanya cewek, eh pas udah menginjak usia 7 bulan, baru dokter ngasih tahu lagi, katanya cowok. Saya sih pasrah aja kang dikasih apa aja yang penting selamat, ternyata beneran cowok kang.

4. Mama Hilda

Sebenarnya kepingin juga Ma posting tentang kelahiran anak saya, tapi terlalu banyak ceritanya Ma, he..he..

5. Kang Dede

Iya sekarang punya mainan baru ni Kang.

6. Bang Andi

Amin atas doanya Bang. Selamat juga atas rumah baru Bang Andi, keren Bang baru launching PR langsung 3, gimana caranya itu Bang :).

7. Semuanya saja yang sudah setia berkunjung ke blog ini selama 1/3 bulan tak berpenghuni.

Cetak Halaman Ini

Read more »»

Final Liga Champion Barca Manchester United 2-0, 27 Mei 2009

Liga Champion Barca MU

Barcelona menang atas MU dengan score 2-0. Pertandingan final Liga Champion yang berlangsung di Roma 27/05/2009 dini hari. 10 menit pertama Christiano Ronaldo, Giggs, Wayne Roney dan semua pasukan tempur Ferguson menggempur habis-habisan, dan beberapa peluang pun tercipta. Sayangnya tak satupun dari peluang itu yang mampu membobol gawang Barca. Bahkan keadaan berbalik pada menit ke 10, counter attack dari Barcelona mampu menyumbangkan gol melalui kaki Eto'o yang mendapat assist dari Iniesta. Iniesta sendiri merupakan penentu kemenangan pada pertandinyan semi final Barca - Chelsie yang berakhir penuh kontroversi dengan skore 1-1.

Setelah kebobolan 1-0, Manchester United seperti kehilangan kepercayaan diri. Bola dikuasai penuh oleh Barcelona yang bermain dari kaki ke kaki sesuai dengan khasnya. Namun pada babak pertama score masih 1-0 untuk kemenangan Barcelona. Pada babak II tepatnya menit ke 70, tandukan Messi yang diarahkan ke tiang jauh kembali merobek gawang MU, kedudukan menjadi 2-0. Goal Messi ini semakin memperkuat Messi sebagai top score liga champion dengan total 9 goal. Dari aksi-aksi Messi yang selalu membuat penonton berdecak kagum banyak yang berharap Lionel Messi menjadi pemain terbaik pada tahun 2009.

Pertandingan Final Liga Champion antara Barca - MU ini juga merupakan pembuktian siapakan diantara Lionel Messi dan Christian Ronaldho yang merupakan pemain terbaik. Menurut saya, jika dibandingkan dengan Ronaldo, Messi layak untuk mendapatkan gelar pemain terbaik dunia musim ini, dilihat dari jumlah goal Messi merupakan penyerang yang paling produktif menciptakan goal, total gol yang dibuat Messi pada liga champion adalah 9 gol, sementara Christian Ronaldho hanya mampu mencetak 4 gol. Juga jika dilihat dari pertandingan final kamis dini hari, Messi juga membuktikan dirinya dengan bermain sangat bagus.

Sebenarnya saya ingin meng-embed video MU - Barca tapi saya cari-cari di Youtube dan video hosting lainnya tapi tidak ketemu. Cuma nemu berita video final liga champion Barcelona Manchester United, tapi lumayan minimal yang kemarin tidak nonton, bisa liat prosesi goalnya.

Cetak Halaman Ini

Read more »»

Pesawat TNI AU Hercules Jatuh Jumlah Korban Tewas 98

Kecelakaan Pesawat Hercules Madiun

Rabu, 20 Mei 2009, lagi berita duka datang dari pesawat Herkules C-130 TNI AU yang jatuh di desa Keplak, Kecamatan Karang Reja, Madiun Jawa Timur tadi pagi pukul 6.30 WIB. Menurut saksi, pesawat terbang rendah kemudian jatuh menimpa dua rumah warga dan kemudian badan pesawat langsung terbakar. Berita di TV One mengatakan jumlah korban tewas sementara adalah 98 tewas, 2 diantaranya adalah warga sipil yang sedang berada di dalam rumah yang tertimpa. Korban luka-luka serius diberitakan ada 15 orang. Belum diketahui pasti penyebab jatuhnya pesawat Herkules ini karena pada saat pengecekan terakhir, kondisi pesawat layak terbang, cuaca pada saat pesawat jatuh pagi tadi juga sangat cerah.

Pesawat Herkules yang terbang dari Jakarta menuju Jawa Timur ini hancur dan yang tersisa hanya bagian ekor saja. Semua badannya hancur dan terbakar.

Nama-nama korban tewas pesawat Hercules dapat dilihat di link ini.

Terlepas dari berita pro dan kontra tentang minimnya biaya perawatan pesawat, ini adalah untuk yang kesekian kalinya di Indonesia pesawat jatuh di tahun 2009. Dari bulan April-Mei 2009 saja ada 3 pesawat TNI AU yang jatuh. Pada tanggal 6 April 2009, pesawat Fokker 27 TNI-AU jatuh di hanggar Lanud Hussein Sastranegara, Bandung, dan menabrak serta menghancurkan Draya Air MC 212200 dan Batavia Air Boeing 737. 23 penumpang meninggal, 17 diantaranya siswa penerbangan dan 6 tenaga pengajar. Pada tanggal 11 Mei 2009, pesawat Hercules jatuh tergelincir ketika akan mendarat di Bandara Wamena, Papua. Dan pagi tadi, sekitar pukul 06.30 WIB, pesawat Hercules milik TNI AU jatuh di permukiman penduduk di Magetan.

Kecelakaan yang terjadi berturut-turut ini menimbulkan pertanyaan, apakah ini murni kecelakaan, atau memang human error. Semoga pemerintah memperhatikan, dan tidak terlena dengan persiapan memenangkan pilpres 2009. Ini juga peringatan buat kita agar mengurangi kegiatan maksiat seperti yang dilakukan oknum Mahasiswa UIB Batam akhir-akhir ini.

image source : http://www.kompas.com

Cetak Halaman Ini

Read more »»

Ngrukokna Dagelan Peang Penjol Khas Banyumas

Bagi masyarakat Banyumas, nama Peang Penjol adalah nama yang khas dan unik. Dua tokoh pelawak asli Banyumas yang selalu menggelitik perut pendengarnya. Khas karena dalam melawak mereka menggunakan bahasa khas Banyumas yang dikenal unik. Jika mereka menggunakan bahasa lain misalnya Bahasa Mandarin, Bahasa Sunda, Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia itu hanya sebagai pelengkap yang akan di ambil sisi lucunya dari bahasa lain yang mereka gunakan itu. Penggunaan bahasa lain dalam lawakan banyumasan peang penjol ini biasanya diambil makna yang berbeda dari kata yang sama dalam bahasa masing-masing sehingga ada kesalahpahaman. Kesalahpahaman makna dari kata yang sama ini yang dikemas oleh Peang Penjol menjadi lawakan yang lucu dan menggelitik. Unik karena hingga kini tak ada jenis lawakan yang mirip dengan lawakan-lawakan Peang Penjol.

video


Bagi teman-teman yang mau download peang penjol silahkan download di :

Download peang penjol Nunggal Karep

Nunggal Karep Bagian 1 -
http://www.ziddu.com/downloadlink/8279469/Nunggalkarep1-Peangpenjol.mp3
Nunggal Karep Bagian 2 -
http://www.ziddu.com/downloadlink/8279472/Nunggalkarep2-Peangpenjol.mp3
Nunggal Karep Bagian 3 -
http://www.ziddu.com/downloadlink/8279470/Nunggalkarep3-Peangpenjol.mp3
Nunggal Karep Bagian 4 -
http://www.ziddu.com/downloadlink/8279471/Nunggalkarep4-Peangpenjol.mp3

Download peang penjol Ora Ngira

Download Bagian 1 - http://www.ziddu.com/downloadlink/8285964/Orangira1-Peangpenjol.mp3
Download Bagian 2 - http://www.ziddu.com/downloadlink/8285960/Orangira2-Peangpenjol.mp3
Download Bagian 3 - http://www.ziddu.com/downloadlink/8281434/Orangira3-Peangpenjol.mp3
Download Bagian 4 - http://www.ziddu.com/downloadlink/8281435/Orangira4-Peangpenjol.mp3

Download Peang Penjol Iguh Pertikel

Download Iguh Pertikel 1 - http://www.ziddu.com/downloadlink/8279802/Iguhpertikel1-Peangpenjol.mp3
Download Iguh Pertikel 2 - http://www.ziddu.com/downloadlink/8284008/Iguhpertikel2-Peangpenjol.mp3
Download Iguh Pertikel 3 - http://www.ziddu.com/downloadlink/8284008/Iguhpertikel3-Peangpenjol.mp3
Download Iguh Pertikel 4 - http://www.ziddu.com/downloadlink/8284006/Iguhpertikel4-Peangpenjol.mp3

Download Peang Penjol Pinter Keblinger

Download Pinter Keblinger 1 - http://www.ziddu.com/downloadlink/8285962/Pinterkeblinger1-PeangPenjol.mp3
Download Pinter Keblinger 2 - http://www.ziddu.com/downloadlink/8285961/Pinterkeblinger2-PeangPenjol.mp3
Download Pinter Keblinger 3 - http://www.ziddu.com/downloadlink/8285963/Pinterkeblinger3-PeangPenjol.mp3
Download Pinter Keblinger 4 - http://www.ziddu.com/downloadlink/8285959/Pinterkeblinger4-PeangPenjol.mp3


Bagi yang mau dengerin silahkan di play video di atas. Yang jelas bahasanya ngapak, jadi pembaca yang bukan dari Banyumas dijamin ketawa, tapi ketawa karena bingung :). Sebenarnya formatnya MP3, tapi karena susah menampilkan dalam MP3 di postingan saya bikin clip video-nya pakai Windows Movie Maker lalu saya upload. Video ini diedit dari kaset hidup baru peang penjol yang berjudul Cici Wanci.

Saya ambil sedikit potongan lawakan banyumasan Peang Penjol yang mencampurkan dua bahasa, yakni bahasa Banyumas dan Bahasa Indonesia.

Terkisah seorang yang berasal dari Banyumas datang ke Ibukota Jakarta, namanya Peang. Peang menggunakan blankon ikat yang dalam bahasa banyumas di sebut ikat. Karena sudah tua dia juga membawa tongkat yang dalam bahasa banyumas disebut teken. Sesampainya di Jakarta, Peang naik bis kota dari terminal Pulo Gadung. Ketika ia akan membayar ongkos, duitnya tiba-tiba jatuh. Orang tersebut menunduk untuk mengambil uangnya itu. Pada saat menunduk blangkon yang ia kenakan jatuh agak jauh dari jangkauannya. Ia minta tolong ke kondektur untuk mengambilkan blangkonnya.

Peang : "Tolong iket saya", kata Peang minta tolong ke kondektur untuk mengambilkan iket. Kondektur mengambil tali, lalu mengikat Peang. Peang lalu menjelaskan bahwa yang dimaksud bukan minta diikat, tapi minta tolong untuk mengambilkan blangkon ikat yang terjatuh itu. Setelah selesai, Peang kemudian menghitung uang yang akan ia gunakan untuk membayar bis, tongkatnya ia sandarkan di jok, namun bis oleng ketika rodanya melewati lubang sehingga tongkatnya jatuh.

Peang : "Tolong teken saya", kata Peang minta tolong kondektur untuk mengambilkan tongkat. Kondektur yang tidak paham apa yang diminta Peang lalu menekan Peang sampai kesakitan.

Ditambah lagi satu tokoh wanita yang juga selalu membuat perut kita jadi kaku, yakni Suliah. Dialah tokoh pemeran utama wanita dalam setiap dagelan Peang Penjol. Dari tiga tokoh utama dalam Peang Penjol, Suliahlah tokoh satu-satunya yang masih hidup hingga sekarang. Sementara Peang dan Penjol telah menghadap Sang Pencipta. Selamat jalan, icon Banyumas.

Dan masih banyak lagi hal-hal lucu lainnya. Sayangnya sekarang kaset peang penjol sudah tidak ada di pasaran. Bagi yang mau seneng dan mau download dagelan peang penjol, silahkan di download. Tentunya yang bisa paham akan lelucon Peang Penjol adalah orang Banyumas, sebab bahasa yang digunakan dalam dagelan banyumasan peang penjol adalah bahasa Banyumas asli yang ngapak-ngapak. :)

Cetak Halaman Ini

Read more »»

Kejadian Aneh Bayi Meninggal, Hidup Lalu Menghilang

Tadi siang di lintas peristiwa, ada berita tentang kejadian aneh. Jamilah yang mengandung anak dari Irwan, harus terpaksa melahirkan prematur. Usia kandungan baru menginjak usia tujuh bulan. Proses melahirkan dilakukan di Rumah Sakit Umum Mataram. Namum malang nasib Jamilah dan Irwan, anak mereka dinyatakan meninggal oleh pihak rumah sakit pada hari Sabtu, 16 Mei 2009. Pasangan suami istri yang berasal dari Kampung Pejarakan, Kelurahan Pejarakan Karya, Kecamatan Ampenan Kota Mataram, NTB, sangat kecewa.

Akhirnya keluarga membawa pulang bayi tersebut untuk dikuburkan. Sesampainya di rumah Jamilah, jenazah bayi dimandikan. Namun ternyata bayi yang menurut dokter sudah meninggal itu membuka matanya dan menggerakkan tangannya. Bahkan tetangga Jamilah juga mengatakan, katanya bayi itu menangis. Masyarakat menjadi gempar melihat kejadian bayi aneh ini. Namun, itu tidak berlangsung lama, karena dokter sudah menyatakan bayi tersebut sudah meninggal keluarga tidak membawa lagi bayinya ke rumah sakit untuk memastikan, keluarga tetap menguburkan jenazah bayi itu di pemakaman umum desa Pejarakan.

Keesokan harinya, tetangga Jamilah akan mencari rumput untuk ternaknya di kuburan, melihat ada yang aneh pada kuburan bayi Jamilah. Di dekat kuburan terlihat ada kain kafan yang sudah berantakan, di dekat kain kafan terdapat tulang belulang yang beserakan. Di kuburan tersebut juga terdapat lubang yang hanya cukup untuk memasukkan tangan. Peternak itu kaget dan langsung memberitahukan kepada keluarga bayi malang tersebut.

Keluarga melaporkan kejadian itu ke Polres Kota Mataram. Polisi datang ke lokasi kejadian dan langsung membongkar kuburan mayat bayi tersebut. Namun betapa kagetnya mereka karena polisi hanya menemukan kulit kepala bayi. Semua anggota badan lainnya hilang.

Mitos

Di daerah Wonogiri ada mitos yang mengatakan jika ada seseorang yang meninggal pada hari Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon, maka kuburan harus di jaga selama 40 hari 40 malam. Konon, kalau kuburan tidak dijaga, maka mayat tersebut akan diambil dan dimakan oleh makhluk bowong (kebo wong), makhluk yang konon berkepala manusia tapi berbadan kerbau. Ada juga yang mengatakan, tujuan dijaganya kuburan tersebut agar tidak ada orang yang mencuri tali pocong mayat tersebut untuk tujuan tertentu. Kejadian meninggalnya bayi Jamilah tentu tidak bisa dikaitkan dengan mitos ini.

Opini

Jika memang benar bayi tersebut masih hidup, ini adalah keteledoran pihak rumah sakit yang terburu-buru menyatakan bayi Jamilah meninggal.

Pihak polisi harus bisa menyelidiki kemana raibnya bayi tersebut. Jika mayat tersebut dicuri oleh orang yang dengan sadis hanya meninggalkan tulang dan kulit kepalanya, polisi harus mengungkap siapa orang yang sangat tega melakukan hal terkutuk itu. Jika orang yang mencuri bayi itu sedang membaca postingan ini, mohon menyerahkan diri ke Polisi sekarang juga.

Pesan dan Doa

Waspadalah psikopat ada di sekitar kita. Semoga Gusti Alloh selalu melindungi kami sekeluarga dan teman-teman yang membaca berita ini dari kala dan petaka dan dari semua kejadian buruk. Amin.

Cetak Halaman Ini

Read more »»

Apakah Do Follow dan Love Link Itu?

Jika Anda seorang blogger yang berbasis blogspot, silahkan buka blog Anda dan lihat bagian footer dari template Anda. Seharusnya di situ ada nama/link seseorang yang telah bekerja keras dan rela mengorbankan pikiran, tenaga, uang dan waktunya untuk mendesign template yang Anda gunakan. Nama itu adalah nama yang akan membantu Anda jika Anda mengalami masalah dalam menggunakan template. Salah satu nama yang akan Anda lihat adalah MyHerro. Sudah setengah tahun saya mengenal the hidden boy in the world alias anak hilang ini. Selama setengah tahun itu saya belajar banyak hal dari beliau melalui My Way To Be A Blogger Holic. Belajar membuat template, belajar bisnis online, belajar menulis di blog yang benar.

Dalam postingan terbarunya ada artikel yang membahas tentang istilah yang selama ini saya sering salah kaprah. Dan saya kira bukan hanya saya yang salah kaprah tapi saya yakin banyak teman-teman yang lain yang berlabel UCIF alias U Comment I Follow, tapi pada prakteknya hal itu tidak sejalan dengan apa yang dilabelkannya walaupun tentunya sah sah saja, label tidak sesuai dengan isi wakakka, itu kan blog Anda sendiri. Untuk mendapatkan jawaban dari judul postingan ini saya sarankan teman-teman untuk membacanya di postingan seorang comments follower.

Kembali ke bahasan pada paragraf pertama, anak muda yang dalam dunia maya bernama Herro ini sudah membuat ratusan template keren, yang saya hitung (baca: yang saya tau) ada lebih dari 125 template. Salah satunya adalah template yang saya gunakan ini. Coba aja buka link template keren untuk blogspot ini, mau pilih template yang model apa saja ada. Bukan hanya blogger lokal yang menggunakan karya mahasiswa ini, banyak juga mereka adalah para bule dan pak le. Kalau ada masalah, tinggal tanya, kurang enak apa coba. Salut saya sama anak anak muda sekarang, cerdas dan kreatif. Semoga perblogeran Indonesia semakin maju ditangan anak-anak muda ini. Oh iya ada info lagi yang mau saya kasih tau, anak muda ini masih jomblo loh jia ha.ha.. Senang saya punya teman seperti Kang Herro.

Tapi ada hal yang paling penting yang harus diingat adalah, jangan menghapus credit link pembuat template yang ada di footer. Hargailah orang yang telah mengorbankan banyak hal untuk membuat template yang kita gunakan. Jika ada yang sudah terlanjur menghapusnya, pasang lagi yah. Itu pesan saya. Soalnya banyak user template yang 'terlalu kreatif', saking kreatifnya credit link diganti/dihapus, jangan yah.

Udah dulu ah, ada tukang nasi goreng lewat, mo makan dulu :), kang nasi goreng satu ... pake pete ya!!!

Cetak Halaman Ini

Read more »»

Pasangan Capres Cawapres Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009

Hari Jum'at, 15 Mei 2009 adalah hari terakhir bagi partai-partai peserta Pemilu 2009 untuk menetapkan pasangan capres dan cawapres. Dapat dipastikan ada 3 pasangan capres cawapres peserta pemilihan presiden dan wakil presiden pada 5 Juli 2009 mendatang. Kualisi partai demokrat mengusung pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) - Budiono sebagai kandidat yang mereka unggulkan. Kualisi partai demokrat mendeklarasikan pasangan capres cawapres di Bandung Jumat sore. Sementara itu golkar mengusung Jusuf Kalla (JK) - Wiranto sebagai kandidat capres cawapres andalan. Golkar yang berkualisi dengan partai Hanura adalah kualisi partai yang pertama kali mendeklarasikan pasangan capres dan cawapres. Sementara dari kubu Megawati yang berkualisi dengan partai Gerindra mengusung pasangan Megawati - Prabowo atau Mega Pro sebagai calon capres dan cawapres pilihan mereka.

Kualisi Partai Demokrat

Perolehan suara Partai Demokrat pada pemilihan calon legislatif (caleg) 9 April 2009 kemarin menduduki posisi pertama yakni sekitar 20%. Dengan perolehan ini, partai Demokrat bisa mengajukan calon Presiden dan calon wakil presiden sendiri tanpa berkualisi. Tapi tentunya untuk mendapat suara yang lebih, partai ini harus berkualisi. Dan partai yang berkualisi dengan demokrat adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). PKS, PKB dan PAN awalnya merasa kecewa dengan dipilihnya Budiono sebagai pendamping SBY, sempat terjadi pro dan kontra antara petinggi-petinggi partai tersebut, bahkan sempat terdengar isu, mereka akan mengundurkan diri dari kualisi jika SBY memilih Budiono sebagai cawapres. Namun, setelah para ketua partai tersebut di lobby oleh SBY, kekecewaan mereka hilang, dan mereka menyatakan dukungan mereka terhadap pasangan SBY Berbudi. Sementara itu PPP sejak awal sudah menyetujui siapapun cawapres yang akan dipilih SBY. Partai Demokrat sendiri menyerahkan mandat penuh kepada SBY untuk memilih cawapres yang akan mendampinginya pada Pilpres Juli mendatang.

Sempat terjadi kontroversi pemilihan Budiono sebagai cawapres karena Budiono dianggap sebagai tokoh yang mengusung sistem ekonomi neo liberal. Ekonomi Neo Liberal adalah sistem ekonomi yang membebankan sektor-sektor umum kepada pihak swasta. Kewenangan ekonomi lebih dibesar diperankan oleh swasta dibandingkan oleh pemerintah. Budiono menampik tuduhan ini, ia mengatakan bahwa sistem ekonomi yang dia anut adalah sistem ekonomi kerakyatan. Penyebab kontroversi lainnya adalah, karena cawapres yang dipilih bukan berasal dari partai yang mereka ajukan. :)

SBY sendiri dalam pidatonya mengatakan, bahwa proses pemilihan Budiono sebagai cawapres sudah melewati berbagai pertimbangan yang matang. Sudah dilakukan riset secara ilmiah serta sudah dimusyawarahkan dengan tokoh masyarakat tingkat atas sampai masyarakat tingkat bawah. Susilo Bambang Yudhoyono memilih Budiono karena Budiono dianggap jauh dari berbagai kepentingan partai, sehingga diharapkan dapat bekerja lebih optimal. Budiono yang saat ini menjabat sebagai Gubernur BI dianggap mampu meningkatkan perekonomian bangsa pada saat krisis global seperti sekarang ini. Akhirnya kualisi partai Demokrat mengusung Susilo Bambang Yudhoyono sebagai calon presiden dan Budiono sebagai calon wakil presiden.

Kulisi Partai Golkar

Usaha kualisi golkar dengan demokrat mengalami jalan buntu. Kualisi yang sudah dibangun selama 4 tahun, harus terputus. Dalam peraturan yang dibuat oleh demokrat, salah satu syarat untuk menjadi cawapres adalah bukan dari ketua umum. Padahal partai golkar sendiri sudah memutuskan untuk mengusung Yusuf Kalla sebagai presiden. Karena tidak ditemukan titik temu antara kedua partai, maka partai golkar memilih untuk putus hubungan yang terjalin setelah hampir 5 tahun dengan partai demokrat. Golkar memutuskan untuk berkualisi dengan Wiranto dari partai Hanura. Mereka mendeklarasikan Yusuf Kalla sebagai calon presiden dan Wiranto sebagai calon wakil presiden.

Kualisi Yusuf Kalla - Wiranto ini juga mengungkapakan akan menjalankan sistem ekonomi kerakyatan. Yusuf Kalla menyatakan keberhasilan pemerintahan Indonesia pada 2004-2009 sebagian besar adalah peran dari partai Golkar. Lucu juga menurut saya karena JK dan Wiranto saling bersaing pada pilpres 2004, sampai terjadi perpecahan intern partai golkar, namun sekarang menjadi pasangan. Tak ada teman atau musuh abadi dalam politik.

Kualisi PDIP

PDIP mengalami jalan buntu setelah melakukan komunikasi politik dengan partai golkar dan Partai Hanura. PDIP kemudian memilih untuk berkualisi dengan partai Gerindra. Kualisi ini berlangsung alot. Pasalnya Megawati ingin menempati posisi sebagai calon presiden, Prabowo juga demikian. Akhirnya dari kediaman Megawati Soekarno Putri di Jl Teuku Umar dideklarasikan pasangan capres dan cawapres, Megawati sebagai calon presiden dan Prabowo sebagai wakil presiden. Mereka juga mengklaim akan menjalankan sistem ekonomi kerakyatan.

Jadi dapat dipastikan akan ada 3 pasangan capres cawapres peserta pilpres Indonesia pada 5 Juli 2009.

Cetak Halaman Ini

Read more »»

Persepsi Setiap Orang Berbeda

Mengenang kisah seoarang sahabat menjelang pernikahannya, 2 setengah tahun yang lalu. Achmad Solihin, membeli sepeda baru bukan karena ia tak mempunyai kendaraan lain, tapi ia ingin ikut berpartisipasi dalam program Bike To Work. Dia mengayuh sepedanya menuju rumahku yang berjarak kira-kira 30 km dari tempat saya tinggal, ia ingin menjemput calon istrinya kebetulan tinggal serumah sama saya. Sesampainya di rumah, langsung dia menghabiskan beberapa gelas air untuk menggantikan cairan yang keluar dari tubuhnya. Setelah kurang lebih satu jam ngobrol panjang lebar, sahabatku membonceng calon istrinya menuju mall untuk berbelanja kebutuhan persiapan pernikahan mereka.

Di suatu jalan yang agak menanjak sahabat saya ini yang memboncengkan calon istrinya, terlihat terengah-engah. Seorang ibu dipinggir jalan bilang, "Kamu ini mbok turun, kasihan itu yang nggenjot udah kecapean, apa ga kasihan. Cewek macam apa itu!". Akhirnya mereka turun. Jalan masih agak menanjak, tapi tidak setajam jalan sebelumnya. Ada seorang bapak-bapak lagi yang juga ikut berkomentar. "Sepedanya bocor Mas?", sahabat saya menjawab, "Enggak Pak". Lalu bapak itu melanjutkan, "Buat apa bawa sepeda kok ga dinaikkin?". Akhirnya sahabat saya ini kembali mengendarai sepedanya. Setibanya dijalan yang datar, cewek sahabat saya menawarkan diri untuk gantian di depan. Akhirnya sahabat saya mengiyakan, sekarang calon istri sahabat saya ini yang ngontel sepeda, dan sahabat saya yang membonceng dibelakang. Ada lagi orang yang komentar, "Mas..mas, cowok kok mbonceng, apa ga kasihan sama ceweknya, cowok macam apa itu!" Begitulah, apapun posisi mereka bersepeda selalu mendapat komentar dari orang yang ada dipinggir jalan. Padahal mereka melakukan semuanya itu tanpa beban, enjoy, dan indah-indah saja. Tapi persepsi orang yang melihatnya berbeda-beda.

Cetak Halaman Ini


Read more »»

They Are Singing Bengawan Solo

Jalan-jalan di youtube.com, bukan untuk mencari video mesum Wulan Guritno sama Ananda Nicola, tapi saya mencari karya besar seorang maestro keroncong yang sekarang sudah sangat sepuh tapi semangatnya melebihi anak muda, Gesang Martohartono, Bengawan Solo. Searching dengan keyword Bengawan Solo di youtube.com menemukan banyak orang warga mancanegara yang dengan bangga menyanyikan lagu yang menceritakan indahnya sungai yang Bengawan Solo yang mengalir sampai jauh hingga melewati dua propinsi. Dulu mala pernah ada juga orang Jepang yang menyanyikan Bengawan Solo dan terdengar lucu, Bangawan Soro ... Riwayatmu duru, tapi aku search lagi g ketemu. Ada juga seorang ibu yang tinggal di luar negeri dengan dandanan ala petani dengan lantang menyanyikan lagu keroncong ini sambil memainkan keyboardnya. Mereka menikmati sekali lagu asli Indonesia ini.

Ketika saya menyanyikan lagu ini, temanku tertawa. Entah apa maksudnya, apa dia mentertawakan suaraku yang serak-serak bau, kalau itu sih tidak apa-apa. Tapi kalau dia tertawa karena mentertawakan lagu ini, rasanya kurang bijak :), mereka yang dari luar saja bangga menyanyikan lagu kita, kok kita sendiri malu mendengarkannya apalagi menyanyikannya. Apa aku yang terlalu kolot ya he.h.e... Mending nonton videonya nih, sekalian hafalin liriknya, biar bisa karaokean lagu keroncong klasik ini.

Ini dia lirik lagu Bengawan Solo

Bengawan Solo, Riwayatmu ini
Sedari dulu jadi, Perhatian insani

Musim kemarau, Tak seberapa airmu
Dimusim hujan air, Meluap sampai jauh

Mata airmu dari Solo
Terkurung gunung seribu
Air meluap sampai jauh
Dan akhirnya ke laut

Itu perahu, Riwayatnya dulu
Kaum pedagang selalu, Naik itu perahu


Buat kang bawor, ini ada PR katanya saya disuruh menampilkan foto. Ini fotonya sudah saya tampilkan kang. Ada disini album foto saya. :)






Read more »»

Young Entrepreneurship Foundation

The most interesting job in the world is as an entrepreneur. Why so, you can see in the list of richest people in the world, all of them come from entrepreneur. None of them come from the professional. No, I do not say that work as a professional job is a bad position. But, this is a fact that indicates those who are most successful in their life are from among the entrepreneurs. Of course it is not easy to become a successful entrepreneur. Special education need to work to help you become a successful businessman. Necessary skills, knowledge and understanding about entrepreneur for the direction to reach there. And all of that can be learned. Then, from which we can learn to be a reliable and resistant rock.

An Entrepreneur doesn't aspire to be a mechanic, but they aspire to become a workshop owner. If you follow the news on some media, many businessman roll mats because the global crisis, they eventually kill themselves, there is also even a very despicable news, a businessman kill his wife and children. Why is it happened? An entrepreneur always see opportunity in difficulties, loser always see problems in every opportunity. If you want to run your own business I recommend The greatest Young Entrepreneurship foundation in the world will bring us to be a real entrepreneur who able to solving all of the issues, who able to facing challenges even in the worst situation.

Starting your own business can be financially rewarding as well as giving you the satisfaction and freedom to work on challenging things. Young Entrepreneur has more power, passions and spirit to handling company. In their hand all the challenges can be passed.


Read more »»

Polling Susilo Bambang Yudhoyono Meraih Suara Tertinggi

Hari ini polling untuk memilih calon presiden 2009 sudah ditutup. Melalui polling capres Indonesia 2009 yang saya pasang di blog ini, 70% respondens memilih Susilo Bambang Yudhoyono. Berikut ini data lengkap hasil polling capres 2009.

Siapakah Calon Presiden yang paling Anda sukai?







No.PilihanJml PemilihPersentase
1.Susilo Bambang Yudhoyono18170%
2.Yusuf Kalla124%
3.Prabowo207%
4.Megawati155%
5.Bukan keempatnya2911%


Ini dia gambar hasil polling-nya.
hasil polling capress Indonesia 2009

Dari 257 responden SBY menempati urutan pertama dengan perolehan suara 181, 15 orang tidak memilih keempat pilihan yang diberikan, Prabowo memperoleh suara 20, dan perolehan suara Megawati hanya 15 dan yang paling sedikit memperoleh suara pada polling ini adalah Moh. Yusuf Kalla dengan perolehan 12 orang.

Tentu hasil ini tidaklah merepresentasikan pendapat seluruh rakyat Indonesia, tapi secara naif saya menyimpulkan Susilo Bambang Yudhoyono masih menempati sebagian besar rakyat Indonesia (terutama responden polling ini :)), SBY yang terkesan ragu-ragu dalam menentukan keputusan sebenarnya adalah sosok yang tegas dan pemberani. Beberapa kali dalam rapat, SBY menegur / marah pada peserta rapat yang tertidur. Aksi ini semakin mendapat simpatik rakyat. Walaupun menurut beberapa pengamat, SBY hanya menjadikan Yusuf Kalla (JK) hanya sebagai bumper. Pada saat harga minyak naik, SBY menyuruh Yusuf Kalla yang mengumumkan namun pada saat harga minyak turun, SBY yang mengumumkan sendiri. Menurut saya harga minyak turun, bukan karena kinerja keduanya, tapi karena memang harga minyak dunia turun, sudah selayaknya harga minyak nasional juga turun. Hingga kini, kharisma SBY belum ada yang menandingi dari calon-calon yang lain.

Sementara sisanya tidak memilih keempat pilihan yang saya cantumkan. Mereka punya calon lain, mungkin saja mereka memilih Wiranto, Hidayat Nur Wahid, Abdul Rahman Wahid, Sri Sultan Hamengkubuwono, Amin Rais, Rizal Ramli, Deddy Mizwar atau dari kalangan profesional atau bahkan golput.

Prabowo menempati posisi ketiga dalam polling ini. Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya), partai baru yang diusung Prabowo saya nilai berhasil. Partai yang dikenal mempunyai banyak dana ini memasang iklan besar-besaran melalui media elektronik dan media cetak. Iklan memang salah satu media kampanye efektif, tapi tentu saja banyak budget yang mesti dikeluarkan. Sebagian berpikir bahwa memilih Prabowo ibarat membeli kucing dalam karung, belum tahu kinerjanya.

Megawati ternyata menempati posisi kedua dari bawah. Kasus lepasnya dua pulau dari NKRI selama kepemimpinan Megawati tahun 2002 - 2004 sepertinya menurunkan popularitas Megawati. Kasus Ambalat, Pulau Sipadan dan Ligitan merupakan bukti bahwa Megawati tidak dapat mempertahankan NKRI. Termasuk hilangnya dua pulau karena pasirnya di keruk ke Singapura untuk memperluas wilayah Singapura, terjadi pada masa pemerintahan Megawati. Hubungan dengan Mega - SBY juga tidak membaik semenjak SBY mengundurkan diri dari kabinet gotong royong yang dipimpin Mega. SBY beberapa kali menyatakan terbuka untuk menerima Megawati untuk berkomunikasi politik dan menyelesaikan masalah antara mereka, namun hingga kini Mega masih enggan untuk bertemu dengan SBY. Sebagian juga masih beralasan gender. Mbok iyao berdamai.

Yusuf Kalla yang saat ini berkualisi dengan Wiranto dari partai Hanura (Hati Nurani Rakyat), dan hari ini (Minggu, 10 Mei 2009)Jusuf Kalla dan Wiranto melakukan deklarasi terbuka di tugu proklamasi, menempati posisi juru kunci dalam polling ini. Perpecahan internal partai golkar dan renggangnya hubungan JK dengan SBY semakin menurunkan popularitas capres dari partai berlambang beringin ini. Memimpin partai saja pecah, apalagi memimpin bangsa? Itu pendapat salah satu teman saya. Pernyataan-pernyataannya usai gagal berkualisi dengan partai Demokrat, semakin mengurangi simpati rakyat. Mbok iyao berdamai.

Terlepas dari hasil polling di atas, siapapun yang kelak memenangkan pemilihan presiden 2009 haruslah mampu membawa aspirasi rakyat, dan tidak mementingkan kepentingan individu dan golongan/partai. Saya malah berpikir, seandainya saja semua orang yang sudah menempati posisi di pemerintahan, harus dilepas dari partai, saya yakin kinerja pemerintahan akan lebih bagus.

Coba lihat pada rapat paripurna DPR kemarin, hanya segelintir anggota DPR yang datang, itupun sebagian hanya tanda tangan, ambil ampop lalu keluar, sisanya entah kemana. Rapat pimpinan hari Rabu, 22 April 2009 JK juga tidak tidak hadir. Padahal semua pejabat tinggi setingkat menteri datang. Kemanakah JK? Harusnya kepentingan politik tidak diutamakan, tapi kepentingan rakyatlah yang diutamakan.


Cetak Halaman Ini


Read more »»

Kasus Besar Dibalik Pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen

Setelah mengikuti sekian lama berita di TV, di koran serta di internet nampaknya kasus pembunuhan pengusaha Nasrudin Zulkarnain susah mencari pangkal ujungnya. Persoalan ini semakin rumit karena orang-orang yang didakwa terlibat adalah orang-orang yang memahami hukum, yang pasti pandai berkelit, akan menyebabkan kasus ini seperti benang yang kusut, susah diurai. Ada Antasari Azhar (Ketua KPK non aktif) yang konon menjadi otak pembunuhan Nasrudin, ada Wilyardi Wizard yang seorang mantan Kapolrestro Kombes Polri Jakarta Selatan yang sebentar lagi akan naik jabatan menjadi bintang satu, seandainya ia tidak tersandung kasus ini. Ada lagi seorang pengusaha sekaligus mantan politikus yang pernah bergabung dengan golkar dan juga pernah bergabung dengan PKB (Partai Kebangkitan Bangsa), yang sekarang menjabat Komisaris Utama PT Pers Indonesia Merdeka (PIM), Sigit Haryo Wibisono yang dituding sebagai biang perpecahan PKB. Mereka adalah orang-orang yang paham betul akan seluk beluk hukum, tapi kok bisa tersandung kasus seperti ini?

Berikut nama-nama yang terlibat kasus pembunuhan Nasruddin, menurut berita di TV One
Antasari Azhar, Wiliardi Wizar, Sigid Haryo Wibisono, Jerry, Heri Santosa, Daniel, Hendrikus Kia Walen, Fransiskus Alias Ansidan, Sei, Eduardus Ndopo Mbete (Edo). Tapi dari semua nama-nama itu, tiga orang diantaranya merupakan pejabat tinggi dalam pemerintahan. Antasari Azhar dan Nasruddin Zulkarnaen konon terlibat cinta segitiga dengan Rani Juliani yang sekarang menghilang setelah pembunuhan Nasrudin.

Prestasi Antasari Azhar selama menjabat sebagai ketua KPK boleh dibilang cemerlang, ia mengungkap beberapa kasus korupsi di beberapa BUMN, kasus korupsi anggota DPR dan juga kasus korupsi pengusaha. Namun sayang, kecermelangan karirnya harus tercoreng oleh kasus ini. Untuk membantu menangani kasusnya, Antasari Azhar menyewa beberapa pengacara kenamaan. Sementara Williardi Wizard juga termasuk berhasil dalam mengungkap beberapa kasus besar. Namun sekali lagi sayang, ia harus dicopot dari jabatannya karena dinyatakan terlibat dalam kasus pembunuhan Nasruddin. Menurutnya, ia terlibat kasus ini karena Williardi Wizard dijebak, katanya ia melakukan ini karena Sigit Haryo Wibisono mengatakan demi kepentingan negara.

Mungkinkah kasus ini murni cinta segi tiga yang saat ini santer diisukan?. Tapi menurut saya, ada hal yang lebih besar dibalik terbunuhnya Nasrudin. Tidak mungkin kasus yang melibatkan petinggi-petinggi negara hanya soal segitiga pengaman :(. Ada skandal yang harus diungkap oleh polisi. Berhasilkah Polisi mengungkap kasus pembunuhan Nasruddin? Mengingat beberapa kasus pembunuhan yang populer sebagian besar yang menguap begitu saja. Kasus terbunuhnya Munir, meninggalnya Baharudin Lopa, terbunuhnya David, hingga sekarang belum menemui titik terang. Semoga kebenaran dapat terungkap.

Cetak Halaman Ini


Read more »»

Mengenal Sistem Kerja SMS

Saat ini handphone sudah bukan barang mewah lagi, tapi sudah menjadi kebutuhan pokok. Semua (tepatnya sebagian besar) orang mempunyai handphone, dari pejabat sampai pembantu hampir mengantongi benda kecil pintar ini. Menu dalam handphone juga tergantung dari harga, semakin mahal semakin banyak fitur-fitur yang disediakan. Ada layanan nirkabel / wireless seperti bluetooth dan infrared yang memungkinkan dua handphone pada jarak tertentu bisa saling berkomunikasi dan saling bertukar data. Tapi sayangnya menu layanan wi-fi ini, kebanyakan digunakan untuk menambah marak peredaran video porno dan video mesum pelajar bahkan juga video mesum pejabat dan anggota DPR :(. Selain kedua fitur di atas untuk handphone yang mahal didalamnya juga terdapat software pemutar video 3gp (video 3gp player), pemutar mp3, dengerin radio, bahkan bisa juga nonton TV di handphone sekarang.

Tapi semahal apapun handphone yang kita miliki pasti didalamnya terdapat menu utama yakni menu untuk menelpon dan layanan pesan pendek (SMS). Sebenarnya SMS awalnya hanya sebagai menu tambahan. Short Message Service (SMS) adalah salah satu fitur GSM tambahan yang kemudian dikembangkan dan distandarisasi oleh ETSI. Ternyata justru fitur tambahan ini menjadi layanan yang paling banyak diminati oleh para pengguna. Karena tarifnya yang murah dan mudah dipakai serta kepastian pesan akan langsung sampai ke pemilik, sehingga layanan ini menjadi booming.

Pada proses pengiriman SMS dari handphone, pesan SMS tidak langsung dikirim ke handphone tujuan, tetapi terlebih dahulu dikirim ke SMS center (SMSC), kemudian dengan sistem store and forward SMS tersebut dikirimkan ke hadphone tujuan. Dan tidak sesederhana itu, karena pada dasarnya tipe / mode pengiriman/penerimaan SMS ada 2 jenis, yakni sms format/mode text dan yang satu lagi adalah pengiriman sms format PDU (protocol data unit). Dan di Indonesia semua SMS center masih menggunakan mode PDU, belum ada SMS Center yang menggunakan mode text. Sehingga proses pengiriman SMS menjadi semakin rumit.

SMS System

Berikut ini gambaran proses pengiriman SMS :

  • SMS diketik oleh user

  • Pada proses pengiriman SMS ini, formatnya masih dalam bentuk text, soalnya kalau formatnya PDU akan menyulitkan pengguna.
  • User menekan tombol "Send"

  • Setelah user menekan tombol "Send", maka format teks yang diketik tadi akan di convert dari format text ke format pdu (text to pdu).
  • SMS dikirim ke SMS Center

  • SMS akan dikirim ke SMS Center dan disimpan (store) kemudian melanjutkannya (forward) ke nomor tujuan (receiver). Jika handphone berada diluar jaringan, maka SMS akan disimpan sampai batas waktu (validity period) tertentu, sesuai dengan batas waktu yang ditentukan oleh terminal pengirim (origiator). Jika sampai validity periode terpenuhi, dan handphone tujuan masih di luar area, maka SMS Center akan mengirimkan pesan ke handphone pengirim bahwa "SMS gagal dikirim", sebaliknya jika SMS terkirim, maka SMSC akan mengirim pesan "SMS berhasil dikirim".
  • Penerima handphone menerima SMS

  • Handphone penerima SMS akan menerima pesan SMS dalam format PDU, kemudian handphone tersebut meng-convert pdu to text agar bisa dibaca oleh user.


Tentunya kita sebagai pengguna tidak perlu memahami hal tersebut, kecuali bagi para pembuat program SMS Gateway, informasi ini mutlak diperlukan. Begitulah kira-kira sistem atau proses kerja SMS. Pada postingan berikut akan dilanjutkan dengan mengenal format PDU.


Cetak Halaman Ini

Read more »»

Joe Sandy Menangkan The Master

Limbad vs Joe SandyHampir 4 jam saya nonton acara kesukaanku, The Master menyaksikan atraksi-atraksi Mr. Limbad yang selalu menegangkan tapi menyenangkan, menyaksikan Joe Sandy yang menampilkan tontonan sederhana tapi di desain, di entertainer sedemikian rupa dengan kemampuan verbalnya sehingga menjadi tontonan yang menarik, menyaksikan para peserta The Master Session 1 dan peserta The Master Session 2 yang juga tak kalah luar biasanya. Menyaksikan kolaborasi antara Deddy Corbuzier dengan Joe Sandi, kolaborasi Rommy Rafael dengan Joe Sandy, kolaborasi Deddy Corbuzier dengan Mr. Limbat, kolaborasi Rommy Rafael dengan Joe Sandy semuanya benar-benar acara yang hampir semuanya seru.

Perpaduan antara Duo Mentalist, Deddy dan Joe Sandy menurut saya kurang begitu menarik untuk ditonton. Pertunjukkan keduanya bisa dilakukan terlalu sederhana untuk dilakukan oleh orang bergelar the Master. Sementara perpaduan antara Rommy Rafael dan Mr. Limbad berlangsung jauh lebih menyenangkan dan menegangkan. Rommy dengan kemampuan hipnotis-nya, mampu membuat seseorang yakin akan kemampuannya berlipat-lipat kali. Dengan dibantu oleh kekuatan Limbad dan sugesti dari Rommy Rafael, gadis berusia 21 tahun mampu membengkokan sebuah linggis berukuran besar. Bahkan kemudian Limbad meletakkan dua buah linggis sekaligus, dan gadis itupun mampu membengkokkannya. Benar-benar luar biasa. Masih ada yang lebih menegangkan, sebuah jarum besar, sebesar jarum suntuk yang digunakan untuk menyuntik sapi, ditusukkan ke tangan gadis tadi (kalo tidak salah namanya Anita), dan sangat takjub saya menyaksikan gadis itu juga tak merasakan apa-apa.

Posisi SMS berubah dengan sangat cepat, terkadang Joe Sandy unggul, beberapa menit kemudian Limbad unggul, namun sayang jagoan saya, Mr. Limbad harus puas dengan jumlah SMS 46% lebih sedikit. Sementara Joe Sandy mendapatkan SMS sekitar 53% lebih. Tidak dapat diramalkan siapa yang bakal menang. Padahal menurut saya, permainan Joe Sandy yang menarik hanya ketika ia berhasil meprediksikan angka yang akan keluar di koran Sindo yang ia pasang sebelumnya. Tetapi memang pendukung Joe lebih banyak, sehingga ia harus unggul. Selamat Joe.

Hadiah The Master Terlalu Kecil

Sungguh saya kaget ketika hadiah dibagikan, Joe Sandy dari Bandung yang mendapat juara pertama sebagai The Master hanya mendapatkan uang sebesar 50juta rupiah, padahal untuk acara Reality Show lainnya, hadiahnya biasanya sampai ratusan juta. Mr. Limbad dari Tegal, sebagai juara kedua The Master hanya mendapatkan uang Rp. 30juta. Kejam sekali menurut saya, mereka berkorban dan bertaruh nyawa, terutama Limbad, tapi hanya dibayar Rp. 30juta. Padahal pemasukan dari acara The Master milyaran rupiah. Bayangkan saja, jika dari 200juta penduduk Indonesia 10% diantaranya mengirim SMS untuk mendukung peserta The Master, maka akan ada 20juta orang yang SMS. Jika satu orang rata-rata mengirimkan SMS sebanyak 5 kali selama berapa minggu ini, maka akan ada 100juta SMS. Tarif SMS 2000 rupiah, maka penghasilan dari SMS ada 200 milyard. Belum lagi dari sponsor.

Memang sih, ke depannya mereka pasti akan mendapatkan job yang banyak. Punya nama, menjadi artis dan yang pasti menjadi entertainer, tapi tetap saja, pembagian hadiah masih sangat kecil menurut saya, mungkin tidak cukup untuk mereka promosi dan membeli property sulap. Semoga hadiah untuk acara the master berikutnya, bisa lebih tinggi lagi.

Cetak Halaman Ini

Read more »»

Game PS Pakai Emurayden PSX Emulator


Anak tetangga saya, minta diinstalin game bola. Padahal VGA cuma 8 MB. Akhirnya saya instalin aja Emuralator buat PS. Emurayden PSX adalah salah satu emulator PS terbaik menurut saya. Videonya lancar, tidak putus-putus dan displaynya juga bagus. Seharusnya sesuai dengan namanya Emurayden PSX, bisa dong untuk emulator PS 1 atau emulator PS 2 atau bahkan emulator PS 3, tapi kenyataannya Emurayden PSX Emulator ini hanya bisa berjalan baik untuk PS 1. Saya mencoba menggunakannya untuk PS 2 tapi tidak jalan. Tapi lumayan lah, anak tetangga saya bisa main game bola pake Play Station 1.

Kebetulan lagi sekarang kalo cari CD PS 1 juga sekarang agak susah, untung saya punya beberapa CD bekas main PS 1 dulu, saya hibahkan aja semua, ada game bola winning eleven, ada juga need for speed, destruction derby raw, 007 world is enaugh, dan beberapa CD yang lain. Kalau g punya repot nyarinya, harus ke Glodok atau kalo g ke kampus Binus.

Nah, buat teman-teman yang seneng main game, emurayden PSX emulator bisa buat main PS 1 di komputer / PC. Untuk software emulator PS 2 saya udah cari-cari tidak ada yang cocok. Saya sih sekarang udah jarang main game, malu udah tua :), dulu sih waktu masih muda, sayamaniak game. Yah kalo lagi ada waktu luang paling sekali-kali buat hiburan main Counter Strike sama main Winning Eleven tentu saja selalu main pakai tim andalanku, Barcelona.

Buat yang mau silahkan download emurayden PSX emulator di alamat ini http://www.4shared.com/file/61078467/8941ee40/Emurayden_PS1_Emulator_Compatibility.html.

Setelah download, langkah selanjutnya adalah beli Stick PS untuk komputer, jangan yang buat PS ya tapi Stick buat PC, kalau yang analog harganya sekitar 50rb, yang standard harganya sekitar 30rb, belinya jangan di toko bangunan ya :). Kalau yang stick analog emang lebih mahal, tapi lebih asik, effect getarnya terasa, kalau yang stick standard tidak ada effect getar-nya. Jangan lupa beli juga CD PS 1. Terus :

  • Install emurayden yang udah di download tadi

  • Install Driver Stick

  • Untuk mengecek apakah driver stick sudah terinstall dengan baik :
    • Buka Control Panel

    • Pilih Printers and Other Hardware

    • Pilih Game Controller

    • Kalau sudah terinstall dengan baik, akan muncul window dengan tampilan seperti gambar dibawah ini:

      Game Controller

  • Buka program Emurayden PSX

  • Pilih Edit -> Perferences -> lakukan setting game controller

  • Masukin CD PS 1

  • Selamat bermain



Kita juga bisa mengatus Memory Card untuk menyimpan settingan permainan. Tapi acara The Master Limbad dan Joe akan melawan Deddy Corbuzier dan Rommy Rafael sudah mulai, mau nonton dulu ya. Silahkan otak-atik sendiri untuk setting memory card-nya.

Cetak Halaman Ini

Read more »»

Joe Sandy vs Mr. Limbad / Mentalist vs Fakir Magic

Acara The Master di RCTI semakin tinggi rating-nya. Adu kekuatan antara seorang mentalist dengan seorang fakir magic, dua kekuatan yang berbeda membuat tontonan ini semakin menarik. Kekuatan Joe sebagai mentalist adalah menunjukkan kemampuan otaknya, membaca pikiran, prediksi / meramalkan, mengontrol pikiran orang lain dan menghitung dengan cepat dengan mengolah angka-angka. Pernah juga Joe melakukan fudu dengan menggunakan boneka. Sementara Mr. Limbat sebagai seorang fakir magic menggunakan kekuatan otot / kekuatan fisik untuk menampilkan tontonan yang ekstim dan menegangkan. Magic yang ditunjukkan Mr. Limbad semakin terlihat misterius dengan property yang ia gunakan, ada burung hantu, pakaian yang berbau klenik, serta tampil dengan non-verbal, serta kemampuan limbad dalam teatrical semakin menambah tegang penonton yang menyaksikan acara the master.

Untuk menentukan the next the master Joe Sandy dan Limbad akan melawan Deddy Corbuzier dan Rommy Rafael, nanti malam pukul 08.00 wib. Apakah Mr. Limbad murni seorang fakir magic? Ternyata dia juga pernah tampil dengan memprediksikan tiga buah mata dadu yang tertutup. Lalu ia menggabungkannya dengan kekuatan otot, dengan tangannya ia memukul paku-paku yang sudah tertancap di papan, kurang puas ia menggunakan kepalanya dengan membenturkan kepalanya ke arah paku-paku tadi hingga membentuk mata dadu yang sama dengan prediksinya. Benar-benar ekstrim magic. Tapi istri Mr. Limbad, Susi mengatakan tidak ada kekuatan sihir yang digunakan Limbad, tidak ada unsur mistik. Ia hanya menggunakan keberanian untuk melakukan aksi-aksinya. Deddy Corbuzier dan Rommy Rafael juga mengatakan bahwa yang dilakukan Limbad adalah "pure magic", murni trik, murni tanpa menggunakan kekuatan ilmu hitam. Karena kalau menggunakan ilmu berarti tidak sesuai dengan acara The Master dengan motonya, Mencari Bintang Tanpa Mantra.

Mentalist ataupun Fakir Magic adalah julukan yang diberikan oleh orang lain. Mungkin bisa saja Joe tampil sebagai seorang Fakir Magic dan Limbad sebagai seorang mentalist. Namun dalam acara the master, Joe di tampilkan sebagai seorang mentalist dan Limbad ditampilkan sebagai seorang Fakir Magic. Saya sendiri berpendapat bahwa semua yang dilakukan para magicien adalah murni trick sulap. Ada kecepatan tangan, ada sandiwara sulap, ada permainan kamera, ada kerja sama tim dan ada trick dibalik semua acara. Semuanya bertujuan untuk meng-halusinasi dan menghibur penonton. Kenapa saya berpendapat seperti itu, karena beberapa aksi sulap yang terlihat sangat spektakuler yang dilakukan oleh para pesulap dunia seperti David Copperfield dipatahkan oleh rival dan para pemburu dan pembongkar trik magic. Bagaimana trik meloloskan diri dari lilitan rantai di leher, trik sulap menembus kaca, trick menghilangkan truck, trik badan dipotong-potong kemudian disatukan lagi, semua ada di youtube.com.

Siapakah yang akan mendapat gelar the Master? Limbad atau Joe Sandi? SMS sementara Joe Sandy mendapat 52% dan Limbad mendapatkan 48%. Siapapun yang menang, saya yakin keduanya tetep akan laris manis di dunia hiburan magic di TV.

Cetak Halaman Ini

Read more »»

Ketakutanku Status Gunung Slamet Siaga Tiga

Masyarakat di sekitar Gunung Slamet sekarang sedang khawatir. Saya juga merasa khawatir, karena orang tua saya dan saudara-saudara saya tinggal di kaki Gunung Slamet. Pasalnya sudah beberapa hari ini Gunung Slamet saat ini sedang menunjukkan aktifitasnya. Gunung setinggi 3432 meter ini adalah gunung terbesar, gunung tertinggi dan gunung terpanjang di Jawa Tengah. Lokasi gunung Slamet terletak di perbatasan kabupaten Tegal, Karesidenan Banyumas dan Kabupaten Pemalang. Jika gunung Slamet meletus, maka dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Dari pos pengamatan di Pemalang, kawah di puncak gunung Slamet terlihat mengeluarkan asap berwarna kecokelatan yang arahnya ke kabupaten Tegal dan kabupaten Pemalang. Menurut berita di liputan 6, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung mengatakan status gunung Slamet berubah dari waspada jadi siaga tiga.

Perubahan status waspada menjadi siaga 3 ini dikarenakan peningkatan aktifitas Gunung Slamet, meningkatnya frekuensi gempa vulkanik, letusan asap dan peningkatan suhu di daerah sekitar Gunung Slamet. Tim pengamat mengatakan ada peningkatan suhu air di pemandian air panas di lokasi wisata Baturaden. Biasanya suhu air hanya sekitar 38 derajat celcius, saat ini suhu mencapai 54 derajat celcius. Sampai saat ini belum ada warga yang mengungsi, warga baru akan mengungsi setelah status gunung Slamet menjadi siaga satu.

Aktifitas Gunung Slamet Mengingatkanku Pada Ketakutan di Masa Kecil

Berita ini membuat saya terbayang lagi kisah ketakutan saya di waktu anak-anak. Waktu itu, tahun 1984 saya berusia 4 menuju 5 tahun. Gunung Slamet menunjukkan aktifitasnya waktu itu. Suara gemuruh akibat gempa vulkanik terdengar jelas. Seno kecil ketakutan, bagiamana saya menyelamatkan diri jika gunung Slamet benar-benar meletus. Mau lari kemana saya. Seno kecil membayangkan oleh aliran lahar berwarna merah membara yang mengejar. Kemana saya lari disitu ada lahar, hujan abu panas turun dengan lebat, suasana menjadi gelap.

Ketakutan ini semakin menjadi ketika seorang teman bernama Tiah mengatakan, yang kurang lebih maknanya seperti ini :

Jika gunung Slamet meletus maka itu adalah pertanda kiamat akan segera tiba. Gunung Slamet adalah simbol keselamatan. Ia menjadi acuan keselamatan masyarakat tanah Jawa.

Dari perkataan teman Seno kecil ini, menyebabkan timbulnya implikasi dalam pikiran Seno kecil, jika gunung Slamet meletus maka semua gunung di tanah Jawa akan meletus. Seno kecil yang belum bisa berpikir, memasukkan perkataan teman itu ke dalam pikirannya, sehingga sampai beberapa hari Seno kecil tidak bisa tidur. Setiap pagi Seno kecil menatap puncak Gunung Slamet yang menyemburkan asap tebal, malam hari ia kembali memperhatikan puncak gunung Slamet yang tidak terlalu jauh dari rumahnya. Sampai akhirnya Seno kecil menyadari sendiri bahwa apa yang disampaikan temannya itu tidaklah benar. Seno kecil semakin bisa menghilangkan ketakutannnya setelah aktifitas gunung Slamet waktu itu mereda.

Ketakutan itu tidak bisa sepenuhnya hilang. Trauma, mungkin itu sebutan yang paling tepat ya. Masih ada sisa-sisa ketakutan jika membayangkan kejadian waktu itu. Saya berdoa semoga aktifitas gunung Slamet tidak menjadi bencana yang membahayakan masyarakat.

Cetak Halaman Ini

Read more »»

Barcelona vs Chelsea Mei 2009 Sepak Bola Paling Indah

Luar biasa, menonton semi final club kesayangan antara Barcelona versus Chelsea yang menegangkan. Pertandingan dibuka dan Lionel Messi dan kawan-kawan bermain indah dengan umpan-umpan pendek yang sangat taktis. Namun sayang pada menit ke 10, Frank Lampar menendang bola dengan sangat keras ke gawang Valdes, dan membentur pemain belakang Barca. Bola memantul dan langsung di sambar saja oleh Essien dengan sangat terarah dari luar titik pinalti. Tendangan Essien mengenai gawang Valdes tapi memantul ke arah dalam gawang. Valdes tak mampu menepis bola. Kedudukan 1-0 untuk kemenangan Chelsea.

Ketinggalan 1 - 0 membuat Barcelona meningkatkan serangan. Tapi seluruh pemain Chelsea berkumpul di daerah pertahanan, Balack, Drogba serta Lampar sampai harus turun membantu Chech untuk mengamankan gawang sehingga serangan Samuel Etoo, Messi dan Iniesta selalu kandas. Ball Possession mutlak dikuasai oleh Xavi dan kawan-kawan dengan perbandingan 70:30. Namun counter attack Chelsie selalu membuat merinding para pendukung Barca (termasuk saya :)), gerakan cepat Drogba dan Lampar selalu saja membuat bergetar para penonton. Namun Valdes dengan gigih mati-matian mengamankan dan mempertahankan gawangnya dari kebobolan. Kedudukan 1-0 bertahan sampai babak pertama usai.

Babak kedua pola permainan kedua tim tidak berubah. Barca dengan bola-bola pendek yang indah dan Chelsea tetap dengan bola-bola panjang yang akurat dan membahayakan. Bahkan sampai menit ke 80 kedua tim tidak mengganti satupun para pemainnya. Setelah Drogba berjalan pincang pada menit ke 80 ia digantikan oleh Beleti. Pertandingan semakin memanas ketika Essien terjatuh dan wasit langsung mengeluarkan kartu merah untuk Paijo (pemain barca tapi saya lupa namanya, sebut saja Paijo). Bermain dengan 10 pemain membuat Chelsea makin di atas angin. Tapi Dewi Fortuna belum memihak pada Chelsea, unggul dalam jumlah pemain tak mampu menambah goalnya hingga injury time. Dani Hernandes, Xavi, Messi, Etto nampak emosi, umpan-umpan mereka semakin tidak terkontrol. Pelatih Barca, Josep Guardiola sudah putus asa dan mengucapkan selamat kepada Gus Hiddink ketika babak kedua usai. Sikap sportifitas yang patut di acungi jempol.

Wasit memberikan perpanjangan waktu 4 menit. Semua pemain Barca memenuhi daerah musuh. Namun sampai menit ke 3, usaha mereka masih sia-sia. Menginjak detik-detik pada menit terakhir masa injured time, Messi melewati beberapa pemain. Seluruh konsentrasi pemain Chelsea tertuju pada Messi yang dengan sangat ulet membawa bola. Sampai akhirnya Iniesta tak terkawal, Messi memberikan umpan matang ke Iniesta dan goallllllllll .... gaol...go..go...!!!! Stadion Stamford Bridge bergemuruh. Pelatih Barca, Josep Guardiola merayakan kegembiraannya dengan berlari-lari. Iniesta membuka bajunya sambil berteriak ke arah penonton. Luarr biasa, detik-detik terakhir Chelsae kebobolan sehingga kedudukan menjadi 1 sama. Gus Hidding mulai gusar.

Waktu masih menyisakan 38 detik. Seluruh pemain Chelsea turun ke daerah pertahanan Barcelona, bahkan penjaga gawang Chelsea, Chech juga turut menyerang. Tendangan keras Lampar menyebabkan sepak sudut. Sepak pojok dilakukan menuju kaki Balack, dan Ballack menendang bola dengan keras ke arah gawang Valdes, namun membentur pangkal tangan pemain belakang Barcelona. Ballack berteriak mengangkat tangan, berharap tendangan pinalti dari handball tersebut. Namun, wasit menyatakan Play On, Ballack marah besar, ia mengejar wasit dan wasit mengeluarkan senjatanya, kartu kuning. Protes dari para pemain Chelsea tak dihiraukan wasit. Dan pertandingan Barcelona Chelsea berakhir dengan skor 1-1. Raut muka para pemain Chelsea terlihat sangat kecewa. Drogba masih saja melakukan protes walau pertandingan sudah usai, terpaksa wasit mengeluarkan kartu kuning untuk Drogba. Dengan hasil imbang ini, Barcelona akan maju ke babak final di Roma melawan Manchester United. Barcelona vs Manchester pasti akan berlangsung lebih seru lagi.

Cetak Halaman Ini


Read more »»

Image Hosting Animasi Slide Show Photo Album

Iseng-iseng buka album kenangan lama waktu masih muda. Nyengir sendiri, lihat gayaku waktu masih ramaja. Dasar mukaku bukan muka yang photogenic mau gaya apa aja tetep njelehi. Saya sendiri ngliat album photoku jeleh apalagi yang lain ya he.he.. Tapi lumayan lah bisa mengabadikan photo-photoku di image hosting gratisan. Ngirit space hard disk. Nih, saya pajang sampel slide show photo album-ku dibawah. Jangan diketawain ya.



Kelebihan picturetrail.com menurut saya :

  • Merupakan image hosting gratis

  • Image yang di upload tidak dibatasi baik ukuran file maupun jumlahnya.

  • Album photo bisa di modifikasi dengan tambahan berbagai animasi yang seru.

  • Ada kode (bisa juga di embed) untuk menampilkan album kita di berbagai sosial network dan blog seperti profile friendster, MySpace, facebook, orkut, bebo, twitter, tagged, wordpress, blogger, Hi5, Live Spaces, Piczo, freewebs, Live Journal, black planet, my year Book, fox, type pad, multyplay, xanga, iGoogle, netvibes, yahoo, pageflakes, migente, ameba, livedoor dan eon

  • Mudah digunakan oleh siapa saja


Bagi yang mau bikin photo album slide show / animasi foto, register aja di http://www.picturetrail.com kalau sudah langkah selanjutnya :


  • Login

  • Klik tulisan "Create a Flick Now"

  • Pilih "Flick Design" sesuai yang diinginkan

  • Klik tombol "Add Photo"

  • Pilih sumber foto yang akan dipilih ada beberapa pilihan yakni :
    • My Computer

    • PictureTrail

    • MySpace

    • PhotoBucket

    • Friendster

    • Hi5



  • Pilih foto-foto yang akan diupload

  • Pilih tombol "Next" tunggu beberapa saat sampai semua foto terupload

  • Pada bagian bawah foto yang sudah di upload, ada kotak untuk menuliskan "Caption" untuk menuliskan kata-kata untuk mengomentari foto

  • Click tombol "Customize Flick"

  • Tambahkan effect yang anda inginkan dengan mencentang pilihan-pilihan pada "Skins", "Decorations", "Gitter", dan "Size"

  • Click tombol "Save(get code)"

  • Copy Code, lalu paste di sosial network yang diinginkan.

  • Selesai



Bagi yang tak berminat untuk membuat animasi album foto, picturetrail.com bisa digunakan untuk image file hosting yang handal untuk menyimpan foto-foto teman-teman dari pada tercecer. Selain buat ngirit space hardisk itung-itung buat backup juga, kalo hardisk rusak masih ada backupannya.

Oh iya lupa, ada award dari sobat Rana Rasuna. Banyak bacaan seru di blognya lho, silahkan teman-teman kunjungi blognya dan nikmati postingan-postingannya. Makasih ya Sob.



Cetak Halaman Ini

Read more »»

Daftar Passing Grade PTN Seluruh Indonesia

Salah satu kiat sukses untuk menembus SNMPTN 2009 adalah mengetahui passing grade dari perguruan tinggi negeri yang akan kita pilih, lalu membandingkannya dengan kemampuan kita (passing grade yang kita capai dalam try out). Hal ini perlu untuk menyesuaikan kemampuan dengan jurusan yang akan dipilih pada SNMPTN / SPMB, kita harus terlebih dahulu mengetahui berapa perkiraan / prediksi passing grade yang dapat kita capai. Dibawah saya cantumkan data passing grade PTN seluruh Indonesia yang diambil dari berbagai sumber.

Cara menghitung passing grade

Anda dapat menghitung passing grade untuk memprediksi kemampuan anda setelah anda menyelesaikan soal try out SNMPTN dan mencocokannya dengan kunci jawaban, dengan rumus berikut:

Passing Grade = (B x 4) - (S x 1) x 100
                                          JS x 4

Keterangan :

B = Jumlah jawaban benar
S = Jumlah jawaban salah
JS = Jumlah soal

Misalnya :

Hari pertama, Sigit menjawab 25 soal SNMPTN dengan benar, 25 soal salah dan 25 soal tidak dijawab. Maka passing grade Sigit pada hari pertama adalah :

(25x4)-(25x1) x 100 = 25
       75x4

Jadi passing grade Sigit pada hari pertama adalah 25%

Hari kedua, Sigit menjawab 20 soal SNMPTN dengan benar, 10 soal salah, dan 45 soal tidak dijawab. Maka passing grade Sigit pada hari kedua adalah :

(20x4)-(10x1) x 100 = 23.3
       75x4

Jadi passing grade Sigit pada hari kedua adalah 23.3%

Passing Grade Sigit adalah rata-rata dari passing grade hari pertama dan passing grade hari kedua. Tepatnya sebagai berikut:

Passing Grade Total =PGH1 + PGH2
                                                      2

Keterangan :

PGH1 = Passing Grade Hari Pertama
PGH2 = Passing Grade Hari Kedua

Jadi passing grade total dari Sigit adalah = (25%+23.3%)/2 = 24.15%

Perhitungan passing grade juga bisa dilakukan sekaligus, maksud saya hari pertama dan hari kedua dihitung langsung.

PG = ((B1+B2)*4) - ((S1+S2)*1) x 100
                             (JS1+JS2)*4

Keterangan :

B1 = Jumlah jawaban benar di SNMPTN hari I
B2 = Jumlah jawaban benar di SNMPTN hari II
S1 = Jumlah jawaban salah di SNMPTN hari I
S2 = Jumlah jawaban salah di SNMPTN hari II
JS1 = Jumlah soal di SNMPTN hari I
JS2 = Jumlah soal di SNMPTN hari II

Jika anda malas menghitung, Anda dapat menggunakan gadget untuk menghitung passing grade di bagian kanan blog ini. Karena tool ini tidak menggunakan validasi maka keakutanan data yang diinput mutlak dibutuhkan, tidak ada alert atau warning untuk kesalahan input data. Jika data yang dimasukkan salah maka, informasi hasil penghitungan yang diberikan juga salah.

Dibawah ini saya cantumkan data passing grade dari beberapa PTN di seluruh Indonesia. Anda juga dapat men - download data passing grade PTN seluruh Indonesia berekstensi .doc di link berikut.

http://www.ziddu.com/download/4627819/PASSINGGRADE.doc.html

Copy dan paste link diatas di address bar browser untuk download.

Data Passing Grade beberapa Perguruan Tinggi Negeri Seluruh Indonesia, jika ada ketidakakuratan penulisan passing grade mohon dikoreksi, tapi sebagai catatan saja, dari tahun ke tahun nilai passing grade dari setiap jurusan di PTN tidak mengalami perubahan yang signifikan. Data ini ditulis dari berbagai sumber.

PASSING GRADE TERTINGGI (50% KEATAS) BEBERAPA PERGURUAN TINGGI SELURUH INDONESIA TAHUN 2007


I. INSTITUTE TEKNOLOGI BANDUNG (ITB)

JURUSAN IPA

1. Teknik Informatika - ITB (65,9%)
2. Teknik Elektro - ITB (62,5%)
3. Teknik Kimia - ITB (61,8%)
4. Teknik Industri - ITB (58,8%)
5. Farmasi - ITB (57,4%)
6. Teknik Lingkungan - ITB (54,8%)
7. Teknik Perminyakan - ITB (55,2%)
8. Teknik Fisika - ITB (55,1%)
9. Matematika - ITB (54,6%)
10. Teknik Pertambangan - ITB (54,2%)
11. Teknik Mesin - ITB (53,4%)
12. Teknik Penerbangan - ITB (52,9%)
13. Arsitektur - ITB (50,3%)
14. Teknik Planologi - ITB (50,1%)
15. Teknik Material - ITB (49,2%)
16. Kimia - ITB (49,1%)
17. Teknik Sipil - ITB (48,7)
18. Biologi - ITB (47,8%)
19. Teknik Geologi - ITB (47,8%)

II. UNIVERSITAS INDONESIA (UI)

JURUSAN IPA

1. Pendidikan Dokter - - UI (59,8%)
2. Teknik Elektro - - UI (58,6%)
3. Farmasi - - UI (58,4%)
4. Teknik Kimia/TGP - - UI (57,4%)
5. Teknik Industri - - UI (54%)
6. Ilmu Komputer - - UI (52,8%)
7. Teknik Mesin - UI (52%)
8. Pendidikan Dokter Gigi - UI (51,2%)
9. Teknik Metalurgi dan Material - UI (47,4%)
10. Arsitektur - UI (47,2%)

JURUSAN IPS

1. Akuntansi - UI (63,9%)
2. Ilmu Hubungan Internasional - UI (63,1%)
3. Manajemen - UI (61%)
4. Psikologi - UI (60,6%)
5. Ilmu Komunikasi - UI (58,3%)
6. Ekonomi Pembangunan - UI (56,4%)
7. Ilmu Hukum - UI (56,2%)
8. Sastra Inggris - UI (53,8%)
9. Ilmu Administrasi Niaga - UI (52,9%)
10. Sastra Perancis - UI (50,1%)
11. Kriminologi - UI (49,6%)
12. Ilmu Administrasi Negara - UI (49%)
13. Ilmu Politik - UI (47,8%)
14. Sastra Cina - UI (47,8%)
15. Sastra Rusia - UI (46,7%
16. Ilmu Administrasi Fiskal - UI (46,6%)
17. Ilmu Filsafat - UI (46,6%)
18. Sastra Jerman - UI (46,4%)
19. Ilmu Kesejahteraan Sosial - UI (44,9%)
20. Arkeologi - UI (44,7%)
21. Sosiologi - UI (44,5%)
22. Sastra Arab - UI (43,8%)
23. Ilmu Sejarah - UI (43,2%)
24. Antropologi Sosial - UI (42%)

III. UNIVERSITAS GAJAH MADA (UGM)

JURUSAN IPA

1. Pendidikan Dokter - UGM (59,3%)
2. Teknik Elektro - UGM (57,4%)
3. Ilmu Komputer - UGM (56,5%)
4. Teknik Kimia - UGM (54,8%)
5. Arsitektur - UGM (51,4%)
6. Teknik Mesin - UGM (51,4%)
7. Pendidikan Dokter Gigi - UGM (50%)
8. Biologi - UGM (47,2%)

JURUSAN IPS

1. Akuntansi - UGM (62,1%)
2. Psikologi - UGM (58,7%)
3. Ilmu Hubungan Internasional - UGM (58,5%)
4. Manajemen - UGM (57,9%)
5. Ilmu Komunikasi - UGM (57,4%)
6. Sastra Inggris - UGM (56,6%)
7. Eko. dan Studi Pembangunan - UGM (55,6%)
8. Ilmu Hukum - UGM (54,1%)
9. Ilmu Administrasi Negara - UGM (50,5%)
10. Ilmu Pemerintahan - UGM (50,4%)
11. Sastra Jepang - UGM (50%)
12. Sastra Perancis - UGM (47,1%)

IV. INSTITUT TEKNOLOGI SURABAYA (ITS)

JURUSAN IPA

1. Teknik Informatika - ITS (59,5%)
2. Teknik Elektro - ITS (57,7%)
3. Teknik kimia - ITS (56,6%)
4. Teknik Industri - ITS (53,8%)
5. Teknik Lingkungan - ITS (52,4%)
6. Teknik Mesin - ITS (51,5%)
7. Sistem Informasi - ITS (47,4%)

V. UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR)

JURUSAN IPA

1. Pendidikan Dokter - UNAIR (58,6%)
2. Farmasi - UNAIR (53,8%)
3. Pendidikan Dokter Gigi - UNAIR (49%)

JURUSAN IPS

1. Akuntansi - UNAIR (57,5%)
2. Ilmu Komunikasi - UNAIR (57,4%)
3. Psikologi - UNAIR (56,4%)
4. Manajemen - UNAIR (56%)
5. Ekonomi Pembangunan - UNAIR (51,1%)
6. Ilmu Hukum - UNAIR (50,7%)
7. Ilmu Administrasi Negara - UNAIR (48,5%)
8. Sastra Inggris - UNAIR (45,8%)
9. Ilmu Hubungan Internasional - UNAIR (47,9%)


VI. UNIVERSITAS PADJAJARAN (UNPAD)

JURUSAN IPA

1. Pendidikan Dokter - UNPAD (58%)
2. Farmasi - UNPAD (51,5%)
3. Pendidikan Dokter Gigi - UNPAD (47,8%)
4. Psikologi - UNPAD (47,7%)
5. Statistika - UNPAD (47,2%)

JURUSAN IPS

1. Akuntansi - UNPAD (61,2%)
2. Ilmu Komunikasi - UNPAD (59,4%)
3. Ilmu Hubungan Internasional - UNPAD (58,1%)
4. Manajemen - UNPAD (55,1%)
5. Ekonomi Pembangunan - UNPAD (54,2%)
6. Ilmu Administrasi Niaga - UNPAD (52,2%)
7. Ilmu Hukum - UNPAD (51,4%)
8. Ilmu Administrasi Negara - UNPAD (47,4%)
9. Sastra Inggris - UNPAD (46%)
10. Ilmu Pemerintahan - UNPAD (43%)

VII. UNIVERSITAS DIPONEGORO (UNDIP)

JURUSAN IPA

1. Pendidikan Dokter - UNDIP (57,5%)
2. Teknik Elektro - UNDIP (54,1%)
3. Teknik Industri - UNDIP (52,9%)
4. Arsitektur - UNDIP (49,2%)
5. Teknik Mesin - UNDIP (47,8%)

JURUSAN IPS

1. Akuntansi - UNDIP (55,2%)
2. Ilmu Komunikasi - UNDIP (51,6%)
3. Manajemen - UNDIP (51,5%)
4. Ilmu Hukum - UNDIP (48,8%)
5. Ilmu Pemerintahan - UNDIP (48,3%)
6. Ekonomi Pembangunan - UNDIP (44%)
7. Ilmu Administrasi Niaga - UNDIP (43%)

VIII. UNIVERSITAS SRIWIJATA (UNSRI)

JURUSAN IPA

1. Pendidikan Dokter - UNSRI (56,5%)

JURUSAN IPS

1. Akuntansi - UNSRI (48,1%)
2. Ilmu Hukum - UNSRI (47,7%)
3. Ilmu Hukum - UNSRI (44,7%)
4. Pend. B. Inggris - UNSRI(42,9%)

IX. UNIVERSITAS BRAWIJAYA (UNBRAW)

JURUSAN IPA

1. Pendidikan Dokter - UNBRAW (55,1%)
2. Teknik Elektro - UNBRAW (52,9%)
3. Arsitektur - UNBRAW (47,1%)

JURUSAN IPS

1. Akuntansi - UNBRAW (57,3%)
2. Manajemen - UNBRAW (54,5%)
3. Ilmu Administrasi Publik - UNBRAW (49,3%)
4. Ilmu Hukum - UNBRAW (48,3%)
5. Ilmu Administrasi Bisinis - UNBRAW (44,7%)
6. Ekonomi Pembangunan - UNBRAW (43,1%)
7. Sastra Inggris - UNBRAW (42,3%)

X. UNIVERSITAS SUMATRA UTARA (USU)

JURUSAN IPA

1. Pendidikan Dokter - USU (52,1%)

JURUSAN IPS

1. Manajemen - USU (52,1%)
2. Ekonomi Pembangunan - USU (49,5%)
3. Ilmu Hukum - USU (48,2%)
4. Sastra Inggris - USU (46,6%)
5. Akuntansi - USU (46,5%)
6. Ilmu Administrasi Negara - USU (42,7%)

XI. UNIVERSITAS ANDALAS

JURUSAN IPA

1. Pendidikan Dokter - UNAND (50,6%)

JURUSAN IPS

1. Manajemen - UNAND (47,9%)
2. Ilmu Hukum - UNAND (46,2%)

XII. UNIVERSITAS HASANUDIN (UNHAS)

JURUSAN IPA

1. Pendidikan Dokter - UNHAS (50%)

JURUSAN IPS

1. Akuntansi - UNHAS (48,6%)
2. Manajemen - UNHAS (46,4%)
3. Ilmu Hubungan Internasional - UNHAS (46%)
4. Sastra Inggris - UNHAS (45,6%)
5. Ilmu Pemerintahan - UNHAS (44,2%)
6. Ilmu Hukum - UNHAS (44%)
7. Ekonomi Pembangunan - UNHAS (42,6%)

XIII. UNIVERSITAS UDAYANA

JURUSAN IPA

1. Teknik Elektro - UNUD (48,5%)

JURUSAN IPS

1. Manajemen - UNUD (43,2%)
2. Akuntansi - UNUD (41,9%)

XIV. UNIVERSITAS 11 MARET SOLO

JURUSAN IPS

1. Manajemen - UNS (49,9%)
2. Manajemen - Univ. 11 Maret Solo (53,9%)
3. Akuntansi - Univ. 11 Maret Solo (46,9%)
4. Desain Komunikasi Visual - Univ. 11 Maret Solo (45,7%)
5. Ilmu Administrasi Negara - Univ. 11 Maret Solo (43,5%)
6. Desain Interior - Univ. 11 Maret Solo (43,2%)
7. Manajemen - Univ. Negeri Semarang (46,6%)

XV. UNIVERSITAS LAMPUNG (UNILA)

JURUSAN IPS

1. Ilmu Komunikasi - UNILA (47,7%)
2. Ekonomi Pembangunan - UNILA (46,1%)
3. Ilmu Administrasi Niaga - UNILA (42,6%)

PASSING GRADE (DIBAWAH 50%) BEBERAPA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI INDONESIA


I. INSTITUTE TEKNOLOGI SURABAYA (ITS)

JURUSAN IPA

1. Arsitektur - ITS (42.77%)
2. Biologi - ITS – (31.5%)
3. Desain Produk Industri - ITS (33.22%)
4. Fisika - ITS (35.69%)
5. Kimia - ITS (34.16%)
6. Matematika - ITS (36.11%)
7. Statistika - ITS (38.91%)
8. Teknik Elektro - ITS (49.13%)
9. Teknik Fisika - ITS (40.19%)
10. Teknik Geodesi - ITS (38.16%)
11. Teknik Industri - ITS (48.22%)
12. Teknik Informatika - ITS (49.94%)
13. Teknik Kelautan - ITS (42.47%)
14. Teknik Kimia - ITS (48.80%)
15. Teknik Lingkungan - ITS (39%)
16. Teknik Material - ITS (35.16%)
17. Teknik Mesin - ITS (44.27%)
18. Teknik Perkapalan - ITS (47.36%)
19. Teknik Sipil - ITS (45.33%)
20. Teknik Sistem Perkapalan - ITS (43.47%)

II. UNIVERSITAS AIRLANGGA

JURUSAN IPA

1. Biologi - UNAIR (31.80%)
2. Farmasi - UNAIR (37.02%)
3. Fisika - UNAIR (32.22%)
4. Kedokteran Hewan - UNAIR (36.25%)
5. Kesehatan Masyarakat - UNAIR (35.69%)
6. Kimia - UNAIR (32.30%)
7. Matematika - UNAIR (33.66%)
8. Pendidikan DokteR (- UNAIR (43.81%)
9. Pendidikan DokteR (Gigi - UNAIR (37.97%)

JURUSAN IPS

1. Antropologi Sosial – UNAIR (32.28%)
2. Ekonomi Akuntansi - UNAIR (46.81%)
3. Ekonomi Manajemen - UNAIR (44.40%)
4. Ekonomi Pembangunan - UNAIR (42.87%)
5. Ilmu Administrasi Negara - UNAIR (40.31%)
6. Ilmu Hubungan Internasional - UNAIR (43.21%)
7. Ilmu Hukum - UNAIR (39.5%)
8. Ilmu Komunikasi - UNAIR (41.75%)
9. Ilmu Politik - UNAIR (34.75%)
10. Ilmu Sejarah - UNAIR (31.71%)
11. Psikologi - UNAIR (39.62%)
12. Sastra Indonesia - UNAIR (31.03%)
13. Sastra Inggris - UNAIR (31.18%)
14. Sosiologi - UNAIR (32.12%)

III. UNIVERSITAS HASSANUDIN

JURUSAN IPA

1. Agronomi - UNHAS (29.02%)
2. Arsitektur - UNHAS (39.16%)
3. Biologi - UNHAS (28.77%)
4. Budi Daya Perairan - UNHAS (28.30%)
5. Farmasi - UNHAS (34.16%)
6. Fisika - UNHAS (29.16%)
7. Geofisika (Meteorologi) - UNHAS (36.66%)
8. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan - UNHAS (26.66%)
9. Ilmu Kelautan - UNHAS (33.83%)
10. Ilmu Tanah - UNHAS (29.16%)
11. Kesehatan Masyarakat - UNHAS (28.47%)
12. Kimia - UNHAS (27.77%)
13. Manajemen Hutan - UNHAS (28.05%)
14. Manajemen Sumber Daya Perairan - UNHAS (27.36%)
15. Matematika - UNHAS (29.16%)
16. Nutrisi dan Makanan Ternak - UNHAS (28.88%)
17. Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan - UNHAS (23.88%)
18. Pendidikan Dokter - UNHAS (39.58%)
19. Pendidikan Dokter Gigi - UNHAS (34.16%)
20. Produksi Ternak - UNHAS (27.36%)
21. Sastra Arab - UNHAS (24.53%)
22. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) - UNHAS (28.05%)
23. Sosial Ekonomi Peternakan - UNHAS (24.16%)
24. Statistika - UNHAS (33.38%)
25. Teknik Elektro - UNHAS (39.16%)
26. Teknik Geologi - UNHAS (34.52%)
27. Teknik Mesin - UNHAS (35.55%)
28. Teknik Perkapalan - UNHAS (39.86%)
29. Teknik Pertanian - UNHAS (31.33%)
30. Teknik Sipil - UNHAS (35.55%)
31. Teknologi Hasil Hutan - UNHAS (27.96%)
32. Teknologi Hasil Pertanian - UNHAS (34.44%)

JURUSAN IPS

1. Antropologi Sosial - UNHAS (30.31%)
2. Arkeologi - UNHAS (28.28%)
3. Ekonomi Akuntansi - UNHAS (43.75%)
4. Ekonomi Manajemen - UNHAS (41.18%)
5. Ekonomi Pembangunan - UNHAS (35.78%)
6. Ilmu Administrasi Negara - UNHAS (38.75%)
7. Ilmu Hubungan Internasional - UNHAS (38.90%)
8. Ilmu Hukum - UNHAS (33.75%)
9. Ilmu Komunikasi - UNHAS (33.15%)
10. Ilmu Pemerintahan - UNHAS (33.90%)
11. Ilmu Politik - UNHAS (29.75%)
12. Ilmu Sejarah - UNHAS (28.59%)
13. Sastra Daerah - Untuk Sast.Bugis (Makasar) - UNHAS (23.90%)
14. Sastra Indonesia - UNHAS (27.18%)
15. Sastra Inggris - UNHAS (29.34%)
16. Sastra Perancis - UNHAS (28.62%)
17. Sosiologi - UNHAS (30.09%)

IV. UNIVERSITAS UDAYANA

JURUSAN IPA

1. Arsitektur - UNUD (36.52%)
2. Biologi - UNUD (28.05%)
3. Fisika - UNUD (28.5%)
4. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan - UNUD (26.38%)
5. Kedokteran Hewan - UNUD (32.02%)
6. Kimia - UNUD (27.66%)
7. Nutrisi dan Makanan Ternak - UNUD (26.52%)
8. Pendidikan Dokter - UNUD (41.33%)
9. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian - UNUD (26.38%)
10. Produksi Ternak - UNUD (27.5%)
11. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) - UNUD (27.36%)
12. Teknik Elektro - UNUD (39.16%)
13. Teknik Mesin - UNUD (35.36%)
14. Teknik Sipil - UNUD (33.66%)
15. Teknologi Hasil Pertanian - UNUD (29.30%)

JURUSAN IPS

1. Agronomi - UNUD (27.36%)
2. Arkeologi - UNUD (28.28%)
3. Ekonomi Akuntansi - UNUD (37.18%)
4. Ekonomi Manajemen - UNUD (39.37%)
5. Ekonomi Pembangunan - UNUD (37.03%)
6. Ilmu Hukum - UNUD (31.09%)
7. Ilmu Sejarah - UNUD (20.31%)
8. Ilmu Tanah - UNUD (27.63%)
9. Pariwisata Budaya D4 - UNUD (26.87%)
10. Sastra Daerah - Untuk Sastra Bali - UNUD (23.59%)
11. Sastra Daerah - Untuk Sastra Jawa - UNUD (22.81%)
12. Sastra Indonesia - UNUD (26.87%)
13. Sastra Inggris - UNUD (28.75%)
14. Seni Rupa Murni - UNUD (26.34%)

V. UNIVERSITAS MUL AWARMAN

JURUSAN IPA

1. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan - UNMUL (23.47%)
2. Ilmu Tanah - UNMUL (28.61%)
3. Manajemen Hutan - UNMUL (23.22%)
4. Manajemen Sumber Daya Perairan - UNMUL (22.08%)
5. Pend. Biologi - UNMUL (25.41%)
6. Pend. Fisika - UNMUL (25.27%)
7. Pend. Kimia - UNMUL (24.72%)
8. Pend. Matematika - UNMUL (23.88%)
9. SosiaL Ekonomi Perikanan - UNMUL (21.66%)
10. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) - UNMUL (28.88%)
11. Teknologi Hasil Hutan - UNMUL (26.38%)

JURUSAN IPS

1. Agronomi - UNMUL (22.08%)
2. Budi Daya Perairan - UNMUL (26.36%)
3. Ekonomi Akuntansi - UNMUL (35.15%)
4. Ekonomi Manajemen - UNMUL (36.87%)
5. Ekonomi Pembangunan - UNMUL (35.46%)
6. Ilmu Administrasi Negara - UNMUL (31.56%)
7. Ilmu Pemerintahan - UNMUL (34.06%)
8. Ilmu Sosiatri - UNMUL (25.59%)
9. Pend. Bahasa & Sast.Indonesia dan Daerah - UNMUL (25.62%)
10. Pend. Bhs. Inggris - UNMUL (29.53%)
11. Pend. Ekonomi - UNMUL (24.53%)
12. Pend. Pancasila & Kewarganegaraan (PPKN) - UNMUL (24.84%)

VI. UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

JURUSAN IPA

1. Biologi - UNNESA (30.25%)
2. fisika - UNNESA (30.58%)
3. Ilmi Keolahragaan - UNNESA (29.64%)
4. Kimia - UNNESA (30.58%)
5. Matematika - UNNESA (30.68%)
6. Pend. Biologi - UNNESA (28.05%)
7. Pend. Fisika - UNNESA (27.01%)
8. Pend. Teknik Bangunan - UNNESA (28%)
9. Pend. Teknik Elektro - UNNESA (30.63%)
10. Pend. Teknik Mesin - UNNESA (30.15%)
11. Teknik Elektro D3 - UNNESA (28%)
12. Teknik Mesin D3 - UNNESA (29.62%)
13. Teknik Sipil D3 - UNNESA (27.62%)
14. Pend. Kimia - UNNESA (27.69%)
15. Pend. Matematika - UNNESA (27.72%)

JURUSAN IPS

1. Bahasa dan Sastra Indonesia - UNNESA (29.41%)
2. Bahasa dan Sastra Inggris - UNNESA (29.41%)
3. Bimbingan dan Konseling - UNNESA (25.75%)
4. Pend. Bahasa & Sast.Indonesia dan Daerah - UNNESA (28.66%)
5. Pend. Bhs. Inggris - UNNESA (31.97%)
6. Pend. Bhs. Jepang - UNNESA (29.03%)
7. Pend. Bhs. Jerman - UNNESA (29.44%)
8. Pend. Ekonomi - UNNESA (29.06%)
9. Pend. Geografi - UNNESA (30.43%)
10. Pend. Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - UNNESA (28.19%)
11. Pend. Kepelatihan Olahraga - UNNESA (28.63%)
12. Pend. Kesejahteraan Keluarga - UNNESA (27.63%)
13. Pend. Luar Biasa - UNNESA (27.41%)
14. Pend. Luar Sekolah - UNNESA (27.63%)
15. Pend. Pancasila & Kewarganegaraan (PPKN) - UNNESA (29.44%)
16. Pend. Sejarah - UNNESA (29.34%)
17. Pend. Seni Drama, Tari dan Musik - UNNESA (28.97%)
18. Pend. Seni Rupa - UNNESA (28.41%)
19. Teknologi Pendidikan - UNNESA (28.69%)

VII. UNIVERSITAS NUSA CENDANA

JURUSAN IPA

1. Agronomi - UNDANA (21.64%)
2. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan - UNDANA (22.47%)
3. Ilmu Tanah - UNDANA (25.36%)
4. Nutrisi dan Makanan Ternak - UNDANA (22.05%)
5. Pend. Biologi - UNDANA (22.77%)
6. Pend. Fisika D3 - UNDANA (20.80%)
7. Pend. Kimia - UNDANA (22.5%)
8. Pend. Matematika - UNDANA (25.27%)
9. Pend. Teknik Bangunan - UNDANA (24%)
10. Pend. Teknik Elektro - UNDANA (26.25%)
11. Pend. Teknik Mesin - UNDANA (29.15%)
12. Produksi Ternak - UNDANA (20.55%)
13. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) - UNDANA (23.33%)

VII. UNIVERSITAS CENDRAWASIH

JURUSAN IPA

1. Agronomi - UNCEN (22.08%)
2. Budi Daya Hutan - UNCEN (26.38%)
3. Pend. Biologi - UNCEN (22.77%)
4. Pend. Fisika - UNCEN (21.80%)
5. Pend. Kimia - UNCEN (22.5%)
6. Pend. Matematika - UNCEN (25.27%)
7. Produksi Ternak - UNCEN (27.77%)
8. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) - UNCEN (22.08%)
9. Teknik Sipil - UNCEN (31.66%)
10. Teknik Sipil D3 - UNCEN (29.41%)

JURUSAN IPS

1. Antropologi Sosial - UNCEN (27.03%)
2. Bimbingan dan Konseling - UNCEN (23.91%)
3. Ekonomi Manajemen - UNCEN (35.62%)
4. Ekonomi Pembangunan - UNCEN (33.75%)
5. Ilmu Administrasi Negara - UNCEN (30.46%)
6. Ilmu Administrasi Negara - UNCEN (26.34%)
7. Ilmu Administrasi Niaga - UNCEN (27.75%)
8. Ilmu Hukum - UNCEN (32.03%)
9. Ilmu Hukum - UNCEN (27.43%)
10. Ilmu Kesejahteraan Sosial - UNCEN (30.51%)
11. Pend. Bahasa & Sast.Indonesia dan Daerah - UNCEN (23.28%)
12. Pend. Bhs. Inggris - UNCEN (27.96%)
13. Pend. Bhs. Inggris - UNCEN (29.15%)
14. Pend. Ekonomi - UNCEN (24.84%)
15. Pend. Geografi - UNCEN (24.53%)
16. Pend. Geografi - UNCEN (24.53%)
17. Pend. Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - UNCEN (23.28%)
18. Pend. Pancasila & Kewarganegaraa (PPKN) - UNCEN (24.84%)
19. Pend. Sejarah - UNCEN (25.46%)
20. Pend. Sejarah - UNCEN (26.71%)
21. Sosiologi - UNCEN (28.59%)

VIII. UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

JURUSAN IPA

1. Agronomi - UNLAN (27.36%)
2. Arsitektur - UNLAN (32.36%)
3. Budi Daya Hutan - UNLAN (27.36%)
4. Budi Daya Perairan - UNLAN (25.36%)
5. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan - UNLAN (26.52%)
6. Ilmu Tanah - UNLAN (28.75%)
7. Manajemen Hutan - UNLAN (23.5%)
8. Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan - UNLAN (23.88%)
9. Pend. Biologi - UNLAN (26.66%)
10. Pend. Kimia - UNLAN (23.47%)
11. Pend. Matematika - UNLAN (25.55%)
12. Pendidikan Dokter - UNLAN (36.80%)
13. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian - UNLAN (23.88%)
14. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) - UNLAN (27.5%)
15. Teknik Sipil - UNLAN (31.76%)
16. Teknologi Hasil Hutan - UNLAN (27.16%)
17. Teknologi Hasil Perikanan - UNLAN (25.25%)

JURUSAN IPS

1. Ekonomi Akuntansi - UNLAN (38.43%)
2. Ekonomi Manajemen - UNLAN (37.65%)
3. Ekonomi Pembangunan - UNLAN (33.75%)
4. Ilmu Administrasi Negara - UNLAN (28.75%)
5. Ilmu Administrasi Niaga - UNLAN (28.75%)
6. Ilmu Hukum - UNLAN (29.21%)
7. Ilmu Pemerintahan - UNLAN (33.59%)
8. Pend. Bahasa & Sast.Indonesia dan Daerah - UNLAM (25.93%)
9. Pend. Bhs. Inggris - UNLAN (29.15%)
10. Pend. Ekonomi - UNLAN (25.78%)
11. Pend. Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - UNLAN (23.28%)
12. Pend. Pancasila & Kewarganegaraan (PPKN) - UNLAN (24.84%)
13. Pend. Sejarah - UNLAN (26.71%)

IX. UNIVERSITAS HALUOLEO

JURUSAN IPA

1. Agronomi - UNHALU (20.54%)
2. Budi Daya Perairan - UNHALU (23.19%)
3. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan - UNHALU (21.47%)
4. Manajemen Sumber Daya Perairan - UNHALU (21.05%)
5. Pend. Biologi - UNHALU (21.77%)
6. Pend. Fisika - UNHALU (21.80%)
7. Pend. Kimia - UNHALU (22.5%)
8. Pend. Matematika - UNHALU (23.88%)
9. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian - UNHALU (22.38%)
10. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) - UNHALU (22.08%)
11. Teknik Elektro D3 - UNHALU (26%)
12. Teknik Mesin D3 - UNHALU (28.62%)
13. Teknik Sipil D3 - UNHALU (26.62%)

JURUSAN IPS

1. Antropologi Sosial - UNHALU (25.71%)
2. Ekonomi Akuntansi - UNHALU (33.15%)
3. Ekonomi Manajemen - UNHALU (32.53%)
4. Ekonomi Pembangunan - UNHALU (31.03%)
5. Ilmu Administrasi Negara - UNHALU (25.34%)
6. Ilmu Komunikasi - UNHALU (32.21%)
7. Pend. Bahasa & Sast.Indonesia dan Daerah - UNHALU (23.28%)
8. Pend. Bhs. Inggris - UNHALU (27.96%)
9. Pend. Ekonomi - UNHALU (23.84%)
10. Pend. Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - UNHALU (23.28%)
11. Pend. Pancasila & Kewarganegaraan (PPKN) - UNHALU (23.84%)
12. Pend. Sejarah - UNHALU (24.46%)
13. Psikologi Pendidikan - UNHALU (?)
14. Sosiologi - UNHALU (27.59%)

X. UNIVERSITAS SAM RATULANGI

JURUSAN IPA

1. Agronomi - UNSRAT (27.5%)
2. Arsitektur - UNSRAT (32.36%)
3. Budi Daya Perairan - UNSRAT (24.36%)
4. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan - UNSRAT (26.52%)
5. Ilmu Kelautan - UNSRAT (31.30%)
6. Ilmu Tanah - UNSRAT (27.5%)
7. Manajemen Sumber Daya Perairan - UNSRAT (23.05%)
8. Nutrisi dan Makanan Ternak - UNSRAT (27.5%)
9. Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan - UNSRAT (23.75%)
10. Pendidikan Dokter - UNSRAT (37.80%)
11. Produksi Ternak - UNSRAT (23.88%)
12. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) - UNSRAT (27.5%)
13. Sosial Ekonomi Peternakan - UNSRAT (24.72%)
14. Teknik Elektro - UNSRAT (39.02%)
15. Teknik Mesin - UNSRAT (33.33%)
16. Teknik Pertanian - UNSRAT (28.61%)
17. Teknik Sipil - UNSRAT (32.66%)
18. Teknologi Hasil Perikanan - UNSRAT (24.25%)

JURUSAN IPS

1. Antropologi Sosial - UNSRAT (26.71%)
2. Ekonomi Akuntansi - UNSRAT (37.5%)
3. Ekonomi Manajemen - UNSRAT (37.65%)
4. Ekonomi Pembangunan - UNSRAT (34.53%)
5. Ilmu Administrasi Negara - UNSRAT (30.31%)
6. Ilmu Administrasi Niaga - UNSRAT (29.53%)
7. Ilmu Hukum - UNSRAT (33.59%)
8. Ilmu Komunikasi - UNSRAT (33.15%)
9. Ilmu Pemerintahan - UNSRAT (34.06%)
10. Ilmu Politik - UNSRAT (27.40%)
11. Ilmu Sejarah - UNSRAT (27.03%)
12. Sastra Indonesia - UNSRAT (25.62%)
13. Sastra Jepang - UNSRAT (27.66%)
14. Sastra Jerman - UNSRAT (27.53%)
15. Sosiologi - UNSRAT (29.21%)


Cetak Halaman Ini

Read more »»
SMS Gateway is a program to manipulate SMS from your customer. It can be auto reply, scheduled broadcast and unscheduled broadcast. SMS gateway accelerating process incoming and outgoing information in your business and increase customer satisfaction. Your business need SMS Gateway program? Phone : 0815 100 932 90 Email : anaprivatku@gmail.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
---- Java Coffee. Green World Blogger Template---- © Template Design by Herro